Umur kita pasti bertambah, tapi tidak dengan kedewasaan, tidak dengan bagaimana kita melihat dan memilih sesuatu.

Masih sering kita menemukan banyak cowok yang masih setia dengan kaos bergambar kartun, koleksi komik yang berjejer di dalam kamarnya, atau malah menghabiskan banyak waktu dan uang demi game kesukaan mereka.

Sebagai cewek, kita melihat mereka masih kekanak-kanakan, atau “Masa kecil kurang bahagia”. Tapi secara tidak sadar, kita pun melakukan hal-hal yang belum menunjukkan bahwa kita sebagai cewek sudah patut dikatakan sebagai wanita dewasa. Contoh kecilnya saja, saat berhadapan dengan memilih pasangan hidup.

Sebagian dari kita atau mungkin teman dekat kita, mungkin memiliki banyak kriteria dalam memilih pasangan hidupnya. Dengan semakin bertambahnya umur, kriteria-kriteria yang banyak itupun akan menyusut, dan akhirnya menerima siapapun meskipun ia tidak memenuhi kriteria-kriteria yang dulu dibanggakannya, dengan satu alasan: “Ya, aku nyaman kok sama dia”

Kenapa tidak memantaskan diri saja dulu? Fokuslah kepada diri sendiri, sebelum banyak menuntut adalah salah satu bentuk dari kedewasaan kita dalam mengenali diri sendiri sebelum mengenal dan mencintai orang lain.

Untuk apa menuntut sesuatu terlalu tinggi, padahal kita saja belum sampai kemana-kemana. Lantas, saat mendapatkan apa yang kita inginkan apakah kita sudah pantas mendapatkannya? Di bawah ini adalah beberapa hal yang menandakan bahwa kamu adalah wanita dewasa, yang bisa dan sudah pantas untuk siapapun yang siap meminangmu

1. Kamu selalu bisa melihat segala sesuatu dengan positif

Positif Thinking Selalu via https://www.wanderlustworker.com

Saat sedang menghadapi masalah, di kantor, di kampus, di sekolah, dimanapun kamu selalu bisa menarik nafas dalam, menenangkan diri, kemudian melihat semua masalah dari sudut pandang lain dan mencari sisi positifnya. Berusaha mencari hikmahnya, belajar darinya.Kamu tidak segan didatangi oleh temanmu hanya sekedar untuk curhat.

2. Tidak ada dendam dalam kamusmu

Meminta maaf adalah pekerjaan dan hal yang susah untuk dilakukan. Tapi lebih susah lagi untuk memaafkan seseorang. Apakah kamu memiliki hati yang cukup besar untuk memaafkan orang lain dan menyadari bahwa semua orang tidak sempurna? Meskipun kamu benar-benar kesal, rasa kesal ini tidak akan tinggal lama dalam dirimu.

3. Kamu teliti dalam merawat tubuhmu

Advertisement

Kamu lebih teliti dalam merawat tubuhmu. Kamu tidak memakai sembarang produk dan kamu tahu betul apa yang tubuhmu inginkan. Contoh kecilnya saja dalam meilih pembalut. Pada hari pertama dan kedua saat sedang banyak-banyaknya, kekhawatiran akan bau yang timbul saat menstruasi mengganggumu.

4. Saat stres datang, kamu selalu punya penangkalnya

Stres memang tidak bisa dihindari oleh siapapun. Sumbernyapun berbeda-beda untuk setiap orang. Saat stres juga menghampirimu, kamu pasti memiliki tips dan cara tersendiri yang selalu bisa meredakanmu dan kembali ke jalurmu.

5. Kamu paham kapan saat mengatakan iya dan tidak

Mencintai diri sendiri adalah salah satu langkah besar sebelum kamu mencintai orang lain. Dengan meningkatkan value/nilai diri sendiri, artinya kita memberikan banyak ruang untuk lebih mengenal orang lain dari berbagai sisi dan sudut pandang, sehingga kita juga lebih bisa menghargai kelemahan dan kelebihan orang lain.

Kamu tidak gampang untuk meng-iyakan permintaan orang lain, dan kamu juga tidak segan untuk mengatakan tidak, karena kamu mempunyai kontrol penuh dalam hidupmu.

Ya, sebelum kamu menentukan kriteria seperti apa yang bisa menjadi pendamping hidupmu, lebih baik kamu fokus pada memantaskan diri terlebih dahulu. Sebelum kamu mencintai orang lain, mencintai diri sendiri adalah harga mati.

Jangan lupa share dan beri komen ya