Labuan Bajo adalah ibu kota Kabupaten Manggarai Barat yang berlokasi di Flores Barat. Mendengar nama kota kecil ini, kamu pasti langsung mengingat hewan purbakala yang kini sudah menjadi salah satu 7 keajaiban dunia yakni kadal raksasa bernama Varanus Komodo. Selain Komodo, yuk catat 5 aset wisata lain yang sayang jika dilewatkan saat ke kota kecil ini.

1. Gua Batu Cermin

Gua Batu Cermin nan menawan via https://www.instagram.com

Gua Batu Cermin berlokasi di Desa Batu Cermin kawasan Kampung Waesambi, Kota Labuan Bajo. Gua ini seperti bekas terumbu karang raksasa karena konon, dulunya area sekitar gua tersebut terendam air laut.
Selain menikmati pemandangan stalaktit dan stalakmitnya yang eksotis, kamu juga bisa berpetualang di dalam gua dan memasuki lorong gua yang gelap untuk melihat pantulan cahaya matahari di jantung gua. Nah, pantulan cahaya ini lah yang membuatnya disebut "Gua Batu Cermin".

2. Gua Rangko

Ayo ke Gua Rangko via http://www.bintang.com

Jangan sampai melewatkan tempat wisata yang satu ini. Kamu akan dibahagiakan oleh uniknya aset wisata yang tidak jauh dari pusat kota itu. Ada air jernih yang bermuara di dalam gua. Selain bisa berenang, manjakan mata dengan memperhatikan lekukan stalaktit dan stalakmit yang menawan dari permukaan gua.

3. Pantai Pede

Advertisement

Jangan lupa ke Pantai Pede via http://floresbangkit.com

Nah, Pantai Pede juga menjadi salah satu pusat keramaian di Kota Labuan Bajo. Lokasinya tak jauh dari pelabuhan umum kota. Kamu bisa menikmati pemandangan, berjemur di pasirnya yang putih dan bersih, dan menceburkan badan ke lautnya yang biru.

4. Bukit Cinta

Bukit ini bisa bikin kamu jatuh cinta via http://insangku.blogspot.co.id

Bukit Cinta juga punya keistimewaan sendiri. Bukit ini berlokasi tidak jauh dari kawasan Gua Batu Cermin. Untuk naik ke bukit ini, kamu perlu ber-hiking sekitar 30 menit agar bisa sampai ke puncaknya. Nah, saat tiba di puncaknya, nikmatilah pemandangan laut dengan hamparan bukit-bukti kecil. Jangan lupa bawa pasangan atau utarakan cintamu pada gebetan dengan pemandangan matahari terbenam yang luar biasa.

5. Bukit Silvia

Dari Bukit Cinta ke Bukit Silvia via https://www.facebook.com

Kalau yang satu ini, hampir tak jauh berbeda dari Bukit Cinta. Untuk sampai ke lokasi Bukit Silvia, butuh waktu sekitar 10 menit menggunakan kendaraan bermotor dari Bukit Cinta. Naik ke puncak bukit ini tidak seterjal saat mendaki di Bukit Cinta. Saat berada di puncaknya kamu bisa menikmati pemandangan indah dari hamparan laut dan pulau-pulau kecil yang ada di kiri dan kanan tempatmu berpijak.