Kota di Jawa Timur yang identik dengan hawa dinginnya, tidak lain dan tidak bukan adalah Malang. Malang ini bukan cuma punya gunung yang bikin segar mata lho, tapi juga punya pantai yang eksotis. Salah satu pantai di Malang yang mulai ramai dikunjungi sejak tahun 2015 lalu, yaitu Pantai Batu Bengkung. Pantai yang letaknya di Kecamatan Gedangan, tepatnya di Desa Gajahrejo ini, serute dengan Pantai Sendang Biru, Pantai Bajul Mati, dan Pantai Goa Cina. Tidak kalah indah dengan pantai-pantai Malang Selatan yang lain, aktivitas seru-seruan juga bisa kamu lakukan di pantai yang terkenal dengan sunsetnya yang keren ini lho!

1. Berkemah bareng, gak cuma gratis tapi juga fantastis

Membangun tenda itu seru via https://paraferasa.wordpress.com

Tidak ada pungutan biaya kalau kamu dan teman-temanmu mau berkemah di pantai ini. Kamu punya kesempatan untuk seru-seruan mendirikan tenda bareng temen-temenmu. Dari pagi sampai pagi lagi pun kamu tidak perlu khawatir soal biaya kemah. Pagi hari kamu bisa merasakan hembusan angin yang dingin-dingin sejuk sambil bersantai-santai. Malam hari kamu akan melihat bintang-bintang di langit bertebaran indahnya luar biasa. Menyalakan api unggun sambil bakar-bakar jagung menjadi rutinitas berkemah yang istimewa karena gelap gulitanya keadaan di pantai ini saat malam memperlihatkan bahwa teman-temanmu lah satu-satunya penerangan dalam hidupmu. Sweet…. Sambil menggelar karpet, bermain-main gitar dan bernyanyi bareng, nikmati suasana romantis itu. Entah suara merdu, entah suara rancu, semua membaur menjadi satu padu irama lagu. Ini menjadi perwujudan adanya saling menerima perbedaan di antara kalian.

2. Menantang keberanian naik ke bukit

Di atas bukit semua terlihat luas via https://google.com

Kamu bisa merasakan sensasi seperti mendaki gunung lewati lembah kok di pantai. Batu Bengkung punya bukit menggigit yang bisa kamu coba naiki. Bareng teman-temanmu, kesetiaan kalian bisa dibuktikan di sini. Karena yang sudah sampai di bagian atas tidak boleh meninggalkan temannya yang masih berada di bawah. Berbesar hatilah dan jangan ragu menggandeng temanmu yang kesulitan naik ke bukit itu. Dengan spot berbatu dan kadang licin, beranikan dirimu menjadi pahlawan bagi teman-temanmu dan berjuanglah bersama-sama sampai ke atas bukit.

3. Lebih dekat dengan sunset

Advertisement

Sunset di Pantai Batu Bengkung via https://paraferasa.wordpress.com

Kejutan indah yang didapat di atas bukit, selain memandang beningnya laut adalah menonton sunset. Senja yang kamu lihat bersama teman-temanmu di sini sangatlah worth it. Rugi jika kalian tidak menengok lebih dekat warna jingga langit yang tercipta di atas sana.

4. Mencari kado di malam hari

Games di malam hari via https://paraferasa.wordpress.com

Walau dalam suasana gelap, kalian juga bisa bermain. Taruhlah kado-kado yang ingin kamu dan masing-masing temanmu berikan untuk setiap orang di tempat terdekat. Kalian tentunya memilih kado secara random sebab tidak ada penerangan sama sekali di sana jika kalian matikan senternya.

Setiap kali teman-temanmu selesai memilih kado, nyalakan kembali senternya. Buka isi kadonya dan sensasi surprise yang sudah disiapkan oleh masing-masing temanmu akan terasa jauh lebih spesial. Dari aktivitas semacam ini, kalian akan sadar bahwa masing-masing kalian adalah istimewa dan sama-sama tidak perlu dibanding-bandingkan.

5. Main tarik tambang dengan tali ekstra panjang

Tarik tambang di pantai via http://twicsy.com

Keunikan laut yang ada di Pantai Batu Bengkung adalah terbelah menjadi dua sisi, yaitu sisi barat dan timur. Di antara mereka, dipisahkan oleh daratan dan di tengah-tengahnya ada kolam. Dengan daratan yang sangat panjang itu, manfaatkanlah untuk bermain games tarik tambang. Gunakan tali ekstra panjang sehingga setiap tim terdiri dari banyak anggota. Kapan lagi kalian bisa menenggelamkan kaki di antara pasir-pasir saat bermain tarik tambang?

6. Melamar teman menjadi teman hidup selamanya

Kamu rasa cukup sudah bermain-mainnya. Ini waktunya untuk serius. Kamu dapat merencanakan aktivitas yang serius bersama temanmu di sini. Usut punya usut, ternyata Pantai Batu Bengkung menjadi salah satu lokasi yang romantis untuk kamu yang ingin melamar temanmu menjadi teman hidupmu selamanya. Kamu bisa memilih salah satu sisi yang menurutmu paling romantis dari pantai ini:

Melamar saat di tenda, kamu bisa mengutarakan perasaan lewat puisi-puisi romantis. Dan katakan juga padanya, “Jika kamu mual dengan puisi cinta, aku tidak ingin memberi yang terlalu muluk seperti puisi cinta. Aku hanya ingin kamu tahu bahwa hidup bersama kamu di dalam rumah sekecil tenda ini hanyalah sementara. Menikahlah denganku, lalu secepat mungkin kita bisa melihat besarnya hasil kita membangun rumah tangga”.

Melamar di pinggir laut, kamu punya kesempatan untuk mendesak si dia dengan cara halus. Jika dia tidak mau menerimamu, katakan padanya, “Aku lebih memilih untuk tenggelam dan hanyut daripada harus menerima penolakanmu”. Jika kamu sah diterima olehnya, abadikan momen kalian di sekitar deburan ombak yang menjadi saksi berbisik di antara kalian. Tidak ada salahnya memanfaatkan angle-angle keren di sana sebagai foto pre-wedding.

Melamar ketika menyaksikan sunset di atas bukit, tantangannya melebihi besarnya keberanianmu saat naik ke bukit itu sendiri. Katakan padanya, “Cukup sudah kamu menjadi teman yang sangat baik buatku. Kamu menemaniku hingga menuju bukit ini. Maka maukah kamu menjadi teman hidupku selamanya?”.

Melamar saat duduk-duduk di gazebo, panggil teman-temanmu untuk menjadi saksi, atau lebih hebat jika sebelum lamaran terjadi, ajak orang tua si dia untuk ikut ke pantai secara diam-diam agar bisa menjadi wali. Katakan padanya, “Ini kubawakan orang tuamu, mana kalimat kuterima nikahmu?”.