Ada kalanya seseorang mengalami perasaan kesepian dan sendirian. Entah karena memang berada di tempat yang sepi ataupun karena belum menemukan tempat yang tepat untuk berbagi cerita. Manusia memang nggak akan pernah menang melawan kesepian, seperti yang dikatakan Gaara di film Naruto. Bahkan rasa kesepian dan sendirian bisa membuat seseorang terpuruk dan mengambil jalan yang salah.

Tapi jangan negatif thinking dulu yaa, kesepian dan sendirian itu bisa di nikmati. Mirip-mirip kaya filosofi kopi. Meskipun pahit tapi tetap bisa dinikmati. Gimana sih cara menikmati kesepian dan sendirian? Yuk intip caranya di bawah ini:

1. Mengasah kemampuan seni kamu

@ladyzart via http://s8.favim.com

Seni adalah sebuah karya yang dihasilkan oleh seniman. Bukan perihal mudah membuat sebuah karya seni. Butuh inspirasi yang luar biasa untuk mewujudkan imajinasi yang luar biasa pula. Makanya seniman-seniman sudah akrab dengan yang namanya kesepian dan menjadikannya suatu keuntungan untuk menghasilkan karya seni yang bernilai jutaan, hingga milyaran.

Nah… kamu juga bisa memanfaatkan waktu sendirian dan kesepian kamu untuk mengasah bakat seni kamu. Karena pepatah mengatakan "what's bad for your heart, is good for your art". So nggak ada salahnya kan kamu coba ambil pensil dan kertas untuk membuat artwork-artwork menarik yang mungkin aja bisa bernilai buat kamu.

2. Merencanakan hal yang menyenangkan

Advertisement

Punya banyak waktu luang, tapi nggak tahu mau ngapain? dari pada kamu kepikiran yang macem-macem dan bikin kamu terpuruk karena sendirian, coba deh kamu buat planning hidup kamu ke depannya. Pastinya dengan hal-hal yang membuat kamu bahagia. Misalnya travelling, atau bisa juga kamu buat wish list apa aja barang-barang yang ingin kamu beli setelah gajian nanti. Dengan cara itu kamu bisa membunuh waktu sekaligus nggak merasa kesepian bukan? Tapi jangan lupa untuk merealisasikannya yaa..

3. Menginspirasi untuk menulis

Sebenarnya sih yang ini saya banget. Soalnya saya termasuk orang yang ambivert, yaitu yang bisa bersosialisasi, tetapi terkadang saya lebih nyaman dengan diri saya sendirian saja. Lebih suka diam, nggak banyak bicara dan memendam semuanya sendiri. Nah makanya saya melampiaskannya di tulisan-tulisan saya (Aduh jadi curhat).

Kalau kalian bete nggak ngapa-ngapain, merasa kesepian dan sendirian, coba deh mulai menuliskan apa yang kalian rasakan saat itu. Nggak perlu menggunakan bahasa-bahasa yang tingkat tinggi. Karena disaat kalian menulis tentang perasaan, emosi kalian yang berperan, sehingga hasilnya pasti bagus. Jangan lupa masukin artikelnya di hipwee juga yaa…

4. Menikmati segala sesuatu yang ada di sekitar

cold rain, hot coffee via https://s-media-cache-ak0.pinimg.com

Liburan, belum gajian, nggak ada kegiatan, hujan turun, temen sibuk sama kehidupan masing-masing dan nggak punya pacar. Pastinya bikin badmood dan juga merasa kesepian (bohong banget kalau nggak :D). Satu-satunya cara adalah menikmati keadaan. Coba deh seduh segelas kopi dan duduk di dekat jendela. Lihat satu persatu air yang jatuh dan menempel di jendela. Bayangin hal-hal positif tentang hidup kamu. Introspeksi diri, apa saja yang sudah kamu lakukan selama ini, dan terakhir mencoba berdamai dengan diri sendiri. Maka setelahnya kamu akan lihat pelangi yang lebih indah dari pelangi yang ada di langit.

5. Mendengarkan lagu-lagu yang bikin semangat

Yang paling terakhir dan yang paling gampang adalah dengan mendengarkan musik. Musik dipercaya dapat menaikan mood kamu disaat kamu lagi down loh. Di saat kamu lagi ngerasa sendirian dimanapun kamu berada, coba ambil headset dan putar lagu favorit kamu. Pasti mood kamu langsung up. Kalau perlu sambil joget-joget dan bayangin kamu adalah model video clipnya saat itu juga. Para musisi yang pandai nyiptain lagu baper juga dapetin inspirasi lagu saat mereka ngerasa kesepian loh.

Jadi? masih anggep kesepian dan sendirian itu musibah banget? yuk coba nikmatin hidup. Karena bahagia kamu yang nentuin loh 🙂