Kamu sering dengar kan, pepatah “Jodoh nggak akan lari kemana?” Jika dia memang jodoh yang ditakdirkan buatmu, nggak peduli seberapa lama kalian udah putus atau seberapa jauh jarak antara kalian sekarang–dia pasti akan kembali. Kenyataannya, hubungan cinta nggak selalu seindah itu. Ada kalanya kamu harus menghadapi perpisahan yang sangat pahit.

Kamu akan mengalami masa-masa sulit saat kalian baru putus. Masa-masa galau saat dia nggak juga ngajak kamu balikan. Dan yang paling parah, kamu akan merasakan masa-masa patah hati saat tahu bahwa sekarang dia sudah bersama orang lain dan ngggak lagi mencintai kamu.

Advertisement

Buat kamu yang sekarang lagi mengalami kondisi ini, yuk baca cara-cara move on yang bisa kamu coba buat ngelupain mantan pacar yang udah nggak lagi cinta sama kamu.

1. Berhenti mengasihani diri sendiri

Saatnya membesarkan hatimu via unsplash.com

Rasa kecewa, marah, dan sakit hati karena putus cinta sering kali bikin kita merasa punya alasan untuk menangis dan mengasihani diri sendiri. Padahal, sejak awal kamu sudah tahu bahwa ketika kamu memberanikan diri jatuh cinta maka kamu juga harus siap dengan risiko patah hati.

Kamu punya hak buat mencintai dia, tapi dia juga punya hak yang sama buat mencintai orang lain. Kamu harus berhenti mengasihani diri sendiri dan berbesar hati membiarkan dia bersama orang yang dia cintai.

2. Kembali belajar untuk mencintai diri sendiri

women_freedom_rain_forest_1920_2560x1600_artwallpaperhi.com

Advertisement

Saat kehilangan sesuatu, ada baiknya kamu coba ingat bagaimana hidupmu dulu saat masih sendiri. Mungkin kamu tidak sebahagia saat bersama dia, tapi jangan lupa fakta bahwa saat itu kamu baik-baik saja. Kamu bisa tetap tertawa dan bahagia. Mungkin kehilangan dia menyisakan tempat kosong di hatimu, tapi bukan berarti duniamu akan berhenti.

Cobalah untuk belajar mencintai dirimu sendiri lagi. Percaya deh, kalo dulu kamu baik-baik saja tanpa dia, kamu juga akan baik-baik saja sekarang.

3. Singkirkan semua hal yang mengingatkan kamu tentang dia

Jauhkan barang-barang darinya via unsplash.com

Nggak ada gunanya kamu menyimpan barang-barang yang bisa mengingatkan kamu soal dia. Sebaiknya kamu mulai menyingkirkan semua barang yang dulu pernah dia kasih. Turunkan semua foto kalian yang masih nempel di dinding kamar. Hapus semua SMS, email atau pesan darinya di media sosial. Percaya deh, terus hidup bersama kenangan tentangnya nggak akan bikin kamu merasa lebih baik.

4. Lakukan hal-hal yang kamu suka

Potong rambut untuk membuang sial via unsplash.com

Cobalah untuk tampil lebih cantik! Bukan untuk menarik perhatian orang lain, tapi lakukanlah hal itu untuk dirimu sendiri. Kamu bisa mulai melakukan hal-hal yang tidak bisa kamu lakukan saat berhubungan dengan dia.

Misalnya sejak dulu kamu ingin memotong pendek rambutmu tapi karena dia tidak suka, kamu tidak pernah benar-benar melakukannya. Bebaskan diri kamu dari segala tekanan dan lakukan hal-hal yang benar-benar membuat kamu bahagia.

5. Habiskan lebih banyak waktu bersama teman-temanmu

Habiskan waktu dengan teman

Habiskan waktu dengan teman via www.showandtellonline.com.au

Nggak ada hal yang bisa membuatmu merasa lebih baik selain membagi kesedihanmu dengan teman-teman terdekat. Mereka adalah orang-orang yang selalu ada buatmu saat kamu butuh tempat berbagi. Coba deh kamu telepon mereka dan ajak mereka untuk keluar dan bersenang-senang. Bergembiralah supaya kamu bisa melupakan kesedihanmu karena patah hati.

6. Atur ulang rutinitas hidupmu

Atur ulang hidupmu

Atur ulang hidupmu via www.zastavki.com

Dulu saat kalian masih berhubungan,  kamu mungkin menjalani hari-harimu dengan berkegiatan bersama. Mulai dari jogging bareng, mengantar makan siang ke kantornya sampai liburan bareng setiap minggu. Tapi sekarang, saat kalian sudah nggak lagi bersama, ada banyak waktu kosong yang bikin kamu galau.

Eits! jangan biarkan kamu berlarut-larut dalam kehampaan. Mulailah mengatur ulang rutinitas hidupmu. Kamu bisa mengisi kekosongan dengan melakukan hal-hal kecil seperti yoga atau jogging di taman.

7. Menghindar buat sementara waktu itu nggak masalah

Menghindar sementara

Menghindar sementara via wollipaper.com

Kamu mungkin pernah denger istilah kalau putus cinta bukan berarti harus putus hubungan pertemanan. Tapi kalau kamu merasa butuh waktu untuk menata perasaan, menghindar sementara dari dia itu nggak masalah kok. Sebisa mungkin hapus dia dari kehidupanmu karena toh pada akhirnya kamu harus membiasakan diri untuk hidup tanpanya.

Sebesar apa pun keinginanmu untuk tahu kabar dia, jangan biarkan dirimu kalah. Kalau kamu nggak siap menghapusnya sekarang, maka mungkin kamu nggak akan pernah siap.

8. Jangan terus berharap dengan alasan, “Cuma teman kok.”

Awas baper! via unsplash.com

Berhenti membohongi dirimu sendiri. Hilangkan pemakluman untuk menjalin komunikasi dengan mantan pasangan atas dalih perasaanmu sudah berubah–dari sayang ke lawan jenis jadi rasa sayang kepada teman atau saudara.

Percaya deh, itu justru akan membuat kamu terpuruk lebih jauh. Mungkin suatu hari nanti kamu memang bisa menetralisir perasaanmu dan benar-benar menganggap dia sebagai teman. Tapi mungkin itu nanti, bukan sekarang.

9. Berliburlah!

Carilah suasana baru via unsplash.com

Kalau kamu pernah nonton film Eat, Pray Love kamu mungkin bisa lihat bagaimana tempat dan suasana baru bisa memberimu energi baru. Datanglah ke tempat yang indah, makan makanan yang enak, dan biarkan dirimu santai sejenak. Kamu akan lihat bahwa hidup ini terlalu indah hanya untuk sekedar diratapi.

10. Curahkan perasaan ke orang yang kamu percaya

Curhat aja

Curhat aja via www.fastcocreate.com

Jika ternyata hal-hal tadi belum bisa membuatmu merasa lebih baik, hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah membiarkan perasaanmu tercurah dengan apa adanya. Curhatlah pada orang yang kamu percaya, menangislah. Biarkan semua rasa perihmu keluar bersama air mata. Biarkan semua beban hilang dari hati dan pundakmu.

11. Ingat, jodohmu yang sebenarnya masih menunggu di luar sana

Jodoh yang tepat akan datang di saat yang tepat via unsplash.com

Saat kamu merasa sudah mulai bisa melupakan mantan, jangan takut untuk memulai hubungan baru. Jangan biarkan pengalaman patah hati yang pernah kamu rasakan membuatmu jauh dari kebahagiaan. Ingatlah jika mantan kekasihmu bukan pria yang ditakdirkan untuk mendampingi kamu, maka jodohmu yang sebenarnya masih menunggu di luar sana.

Nah, semoga cara-cara di atas bisa membantumu buat move on dari sang mantan yang udah nggak cinta lagi sama kamu ya! Sama seperti dia, kamu juga berhak bahagia.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya