Kalau kamu adalah penggemar berat segala bentuk hiburan dari negeri Korea Selatan, baik itu film, drama, atau lagu, tentu kamu yang paling paham siapa saja aktor dan aktris Korea yang paling sering kamu lihat di layar kaca televisi kamu, atau dari DVD yang sengaja kamu koleksi. Tak jarang, aktor dan aktris drama Korea tersebut juga mengeluarkan album atau singel, sekaligus video klip yang tentu tidak ingin kamu lewatkan.

Tetapi, apakah tebakanmu tentang aktor dan aktris Korea Selatan yang paling banyak membintangi serial drama atau film Korea selama sepuluh tahun terakhir, benar-benar akurat? Yuk, simak siapa saja mereka yang memiliki daya jual sangat tinggi selama satu dekade hingga 2016 ini. 

1. Song Joong-ki

Song Joong-ki Makin Bersinar via https://www.youtube.com

Nama ini menjadi nama pertama yang terbersit di benak kamu, bahkan saya. Selama sepuluh tahun terakhir, pemuda ‘cute’ yang lahir pada 19 September 1985 ini seolah tak putus kontrak dengan rumah produksi mana saja, baik itu untuk layar lebar maupun layar kaca. Memang, ia baru aktif di dunia seni peran sejak 2008. Tetapi, ia tak melewatkan satu tahun pun untuk tak muncul di hadapan penggemarnya, melalui film, drama seri, variety show, video klip dari penyanyi ternama macam Tei dan Kim Jong-kook, bahkan ia juga mengarang sebuah buku berjudul “Beautiful Skin Project” di tahun 2010.

Puncak ketenarannya tahun ini adalah melalui drama Korea terbaru dengan rating yang belum tersaingi tahun ini, “Descendants of The Sun”, yang sudah diimpor ke berbagai negara. Kendati K-drama ini sudah habis masa tayangnya, para penggemar Song Joong-ki tak perlu khawatir karena ia bakal membintangi drama seri lainnya berjudul “The Sound of Heart” meski hanya sebagai cameo, dan juga “Battleship Island” yang masih dalam proses syuting, dimana ia berperan sebagai Park Moo-young.

2. Yoona

Yoona “Pembayar Pajak Paling Taat” via https://id.pinterest.com

Advertisement

Sepertinya memang belum ada satupun aktris Korea di generasi yang sama, yang dapat menandingi popularitas Yoona selama sepuluh tahun terakhir. Kendati sempat menjadi gadis yang sangat rendah diri karena suara yang ia anggap terlalu rendah, Yoona membuktikan bahwa talentanya di bidang tarik suara dan seni peran ternyata adalah anugerah yang tak terhingga.

Bahkan sebelum grup band “Girls’ Generation” terbentuk tahun 2007, wajahnya sudah malang melintang di dunia hiburan, meski sekedar menjadi model video klip. Justru, setelah ngetop barang girl band nya, ia pun banjir tawaran bermain dalam berbagai macam drama, mulai dari peran figuran, hingga peran utama. Hebatnya, wajahnya tak pernah absen dari drama seri ternama sejak 2008 hingga 2016. Drama Korea terbarunya di tahun ini adalah “God of War, Zhao Yun”.

Soal penghargaan? Yoona patut bangga. Selain mendapat penghargaan sebagai Aktris Terbaik untuk film “Prime Minister and I”, “Love Rain”, “You Are My Destiny” dan “Cinderella Man”, ia juga dinobatkan sebagai “Pembayar Pajak Paling Taat" dari Dirjen Pajak Korsel.

3. Go Hyun-jung

Go Hyun-jung dalam “Dear My Friends” (2016) via http://cyberspaceandtime.com

Kalau aktris yang satu ini bukan hanya paling ‘happening’ dalam satu dekade, tetapi hampir dua dekade. Kecantikannya bukanlah sekedar pajangan, karena ia punya talenta di bidang seni peran yang belum tersaingi oleh aktris Korsel dari generasi terkini.

Lahir pada 2 Maret 1971, Go Hyun-jung sudah memulai karirnya sebagai juara kedua Miss Korea tahun 1989, dimana setelah itu ia berperan dalam drama fenomenal, nan penuh kontroversi meski selalu memiliki rating tertinggi dalam sejarah pertelevisian Korea, “Sandglass.” Terlepas dari pernikahannya yang tak langgeng dengan salah satu konglomerat papan atas Korea, Chung Yong-jin, ia menjadi aktris dengan bayaran tertinggi setelah sukses membintangi “Queen Seondeok” (2009) dan “Daemul” (2010)

Tak terhitung banyaknya drama dan film, serta penghargaan yang ia terima sejak memulai karirnya di dunia hiburan Korea Selatan. Bahkan, si cantik nan anggun ini juga sempat tampil menawan di drama seri “Dear My Friends” (2016) yang juga merupakan salah satu drama Korea terbaik tahun ini.

4. Park Hae-jin

Park Hae-jin Aktor Terbaik dari Korean Cable TV Awards 2016 via http://onlyparkhaejin.blogspot.com

Tahun 2016 merupakan tahun kesepuluh dari karir Park Hae-jin. “Famous Chil Princesses” adalah drama seri pertama yang ia bintangi di tahun 2006, dimana melalui drama ini ia mendapatkan gelar sebagai Aktor Pendatang Baru Terbaik di KBS Drama Awards.

Setelah itu? Ia tak pernah luput dari incaran para sutradara yang jatuh cinta dengan kemampuannya berakting. Ia pun menunjukkannya dengan memilih peran dengan karakter yang menantang, demi menunjukkan profesionalismenya. Tahun ini, peran apiknya di film Korea romantis “Cheese in the Trap” tak sia-sia saat ia mendapat gelar sebagai Aktor Terbaik dari Korean Cable TV Awards 2016, dan Aktor Paling Terpopuler dari 52nd Paeksang Arts Awards.

Hidupnya sepi gosip, karena ia memang selalu menjaga citranya sebagai sosok aktor profesional yang tak ingin berulah macam-macam. Masa kecilnya cukup menyedihkan, dimana ia harus terpisah dari ibunya selama 17 tahun karena perceraian orang tuanya.

5. Rain

Rain Dalam “Please Come Back Mister” (2016) via http://en.koreaportal.com

Memuncaki artikel ini, tak salah jika nama Jung Ji-hoon dinobatkan sebagai artis terpopuler sepanjang sepuluh tahun terakhir, meski ia sudah memulai debutnya sebagai anggota boyband tak terlalu ternama, Fanclub, di tahun 1998.

Bisa dibilang, Ji-hoon sudah kenyang pengalaman pahit sekaligus menyenangkan sejak ia memutuskan untuk terjun ke dunia yang kini sudah membuatnya sebagai salah satu artis terkaya di Korea, bahkan dunia. Prestasinya tak hanya diakui di Korea Selatan, tetapi juga berbagai negara di dunia termasuk di Amerika Serikat.

Ia pun sempat mencicipi kerennya bermain di film Hollywood “The Prince” tahun 2014. Tentu, hal ini merupakan pencapaian yang luar biasa dari kerja kerasnya karena ia memulai debut pada tahun 2004, dimana ia menjadi pemeran utama dalam drakor dengan rating tertinggi saat itu, “Full House”, dimana ia mendapatkan gelar Aktor Terbaik dari KBS Drama Awards.

Album, single, penghargaan, jumlah drama dan film, serta prestasi lainnya tak terhitung banyaknya, dan lebih tak terhitung lagi kekayaannya. Ia mematahkan opini publik yang menyatakan bahwa semua aktor Korea harus punya ‘kelopak mata’ jika ingin sukses. Ia tak tertarik sedikitpun dengan operasi plastik yang banyak dilakoni ratusan aktor dan aktris Korea demi penampilannya.