Apapun bisa kita lakukan di era serba modern. Nah, mulai dari hal-hal yang kecil sampai yang unik sekalipun. Hal ini bisa kita lakukan pada rumah kita, agar selain menjadi wadah bernaung bisa juga menjadi sebuah hunian yang multifungsi. Misalnya mendesain rumah menjadi sebuah kantor, vila, indekosan atau yang lainnya sesuai keinginan kita. Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan adalah:

 

1. Membangun rumah toko

Rumah toko saat ini telah banyak dialih fungsikan oleh setiap kalangan masyarakat. Baik masyarakat kelas menengah sampai kelas atas sekalipun, mengingat harga sewa tempat tinggal sekalian rumah saat ini sudah sangat mahal tentunya. Nah, maka dari itu tipsnya, rumah dapat kita jadikan sebagai rumah toko yang minimalis. Mendesainnya pun dapat kita tentukan sesuai keinginan. Selain itu pun dapat kita jadikan sebagai lahan bisnis. Nah, dengan begini kita tidak perlu mencari lahan baru, cukup dengan rumah kita, sehingga fungsi rumah kita menjadi optimal.

 

2. Membangun rumah sebagai hunian indekos-an

Rumah yang dijadikan indekosan

Rumah yang dijadikan indekosan via http://atmosferarental.property

Kebutuhan rumah sewa, seperti kos, sangat dapat kita manfaatkan, mengingat saat ini banyak masyarakat yang banyak berpindah tempat dari kota satu ke kota lain. Dengan begitu, kita dapat menyediakan tempat tinggal (indekos) sementara bagi mereka. Kos yang kita desain pun harus selalu bersih, rapi, dan nyaman, dan pastinya murah agar orang-orang yang tinggal tetap merasa nyaman.

3. Menjadikan rumah sebagai kantor

Desain rumah sekaligus kantor

Desain rumah sekaligus kantor via http://atmosferarental.property

Rumah yang kita tempati dapat kita jadikan sebagai kantor. Kita pun dapat mendesain rumah idaman menjadi kantor dengan interior yang nyaman, sehingga bekerja bersama karyawan pun terasa nyaman. Dengan nyaman pula, banyak orang akan tertarik dan bekerja bersama kita, karena bekerja di rumah bagi seorang start-up business adalah pekerjaan yang nyaman sesuai passion mereka, sehingga kita pun dapat mengoptimalkan waktu sendiri dengan jadwal yang sudah ditentukan. Dengan begini, kita adalah bos bagi perusahaan sendiri. Selain itu pun kita telah menyelamatkan bumi, atau dengan kata lain kita telah membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Asyik bukan?

4. AirBnB

Kita pun dapat menjadikan hunian kita menjadi AirBnB​ untuk disewakan, keseluruhan rumah atau hanya part-part rumah tertentu. Nah, apa itu AirBnB? Ini adalah sebuah persewaan tempat tinggal permanen atau sementara, dengan fasilitas yang tidak kalah menarik, dengan fasilitas yang ada pada hotel berbintang lima sekalipun. Enaknya lagi, kita dapat bertransaksi bersama pemilik AirBnB secara online, sehingga memaksimalkan waktu kita untuk berkunjung ke luar negeri atau dalam negeri. Kita dapat menyewakannya untuk berlibur bersama keluarga tercinta.

5. Membangun vila

Rumah (tempat tinggal kita) dapat juga kita manfaatkan sebagai vila. Kebutuhan vila saat ini paling menguntungkan, karena orang-orang saat ini sudah banyak yang suka bepergian ke tempat-tempat wisata. Sehingga kita dapat menyediakan hunian yang nyaman dan strategis untuk dijadikan vila bagi mereka.