Pada kalangan mahasisws, kata tugas tidak asing lagi ditelinga, dan juga tidak bisa dihindari. Tugas, tugas, dan tugas bahkan dapat ditemui setiap hari bagi kalangan mahasiswa. Mahasiswa erat kaitannya engan berbagai macam tugas pemberian dari dosen pengampu mata kuliah. dengan banyaknya tugas-tugas yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah, dan juga embel-embel bila tidak mengerjakan tugas yang ditugaskan tersebut maka nilai tersebut tidak akan bagus atau bisa saja mengulang pada semester berikutnya. Hal ini menjadi momok bagi mahasiswa yang belum mengerti sepenuhnya tentang dunia perkuliahan yang mereka tahu hanyalah copy-paste tugas teman atau dari internret.

Sebenarnya hal tersebut dapat dilalui para mahasiswa jika mereka lebih memperhatikan tugas-tugas tersebut. Berikut ada beberapa tips dalam menghadapi tugas dari dosen pengampu mata kuliah:

 

1. Jangan menganggap tugas itu sebagai beban.

Tugas bukan beban

Tugas bukan beban via http://www.seputarmahasiswa.com

Jangan pernah jadikan beban terhadap tugas yang diberikan dosen kepada mahasiswa. Jadikan tugas tersebut sebagai tantangan yang harus kita hadapi, dan tentunya tantangan itu dapat kita lewati dengen kerja keras dan usaha kita sendiri. Jika awalnya mahasiswa sudah menganggap tugas itu sebagai beban mahasiswa, maka nantinya mahasiswa akan malas untuk mengerjakannya karena yang sudah tertuang dalam pikiran mengenai tugas itu sebagai beban.

2. Catat tugas-tugas apa saja yang diberikan dosen mata kuliah beserta waktu deadline tugas tersebut.

Catat tugas dari dosen

Catat tugas dari dosen via http://kemandirianfinansial.com

Dengan berbagai kesibukan yang dimiliki seorang mahasiswa, mahasiswa terkadang lupa dengan tugas apa saja yang diberikan dosen pengampu mata kuliah, maka dari itu seharusnya mahasiswa mempunyai buku catatan yang berguna mencatat apa saja tugas yang diberikan dosen pengampu mata kuliah kepada mahasiswa beserta waktu deadline tugas tersebut. Mengingat tidak hanya satu dosen pengampu mata kuliah yang memberi tugas, melainkan dosen lainnya juga.

3. Segera kerjakan tugas tersebut.

Kerjakan tugas tersebut

Kerjakan tugas tersebut via https://ariefnd.wordpress.com

Tugas yang ditunda-tunda itu sebenarnya kurang baik, apabila kita sudah mampu untuk mengerjakannya kenapa tidak segera dikerjakan?. Jika tugas itu tidak segera dikerjakan maka lama kelamaan akan menjadi tumpukan tugas. Disinilah kata tugas sebagai beban mahasiswa akan muncul dalam pikiran mahasiswa. Asalkan kita niat, apapun itu akan dapat terselesaikan, akan tetapi jika hanya menunggu nanti tidak akan terselesaikan. Tugas mahasiswa itu tiak hanya satu, tergantung berapa banyak dosen memberikan tugas itu kepada mahasiswa, untuk itu jika dosen pengampu mata kuliah memberi tugas segeralah untuk mengerjakannya. Apabila dalam situasi  tugas pertama belum kelar dan sudah disusul dengan tugas berikutnya, sebisa mungkin dapat mengatur waktu untuk mengerjakan tugas pertama, kedua, atau yang lainnya. Jadi kita harus bisa mengerjakan semua tugas itu dan jangan hanya tugas pertama yang dikerjakan atau tugas yang mudah dikerjakan dan yang lainnya terlupakan.

4. Jangan copy-paste tugas teman ataupun dari internet secara keseluruhan.

Jangan copy paste keseluruhan

Jangan copy paste keseluruhan via http://zataninside312.blogspot.co.id

Jadikan tugas teman dan fasilitas internet sebagai gambaran dalam mengerjakan tugas. Jika mengambil dari internet jangan copy-paste seluruhnya, dan juga jangan lupa cantumkan alamat sumber perolehan bahan tugas dari internet. Lebih baik mengerjakan degan kemampuan kita sendiri dan percaya bahwa kita bisa mengerjakan. Orang lain saja bisa kenapa kita tidak?...

5. Usahakan tugas tersebut sudah siap sebelum waktu deadline tiba.

Jangan tunggu waktu deadline tiba

Jangan tunggu waktu deadline tiba via http://www.caradesain.com

Jangan menunda waktu untuk mengerjakan tugas, ataupun menunggu sampai deadline tugas tersebut tiba. Biasanya jika waktu untuk mengerjakan sudah tidak banyak, mahasiswa akan mengerjakan tugas tersebut seadanya dan sebisanya. Hal tersebut dikarenakan mahasiswa sudah dikerjar deadline, bahkan ada juga mahasiswa yang ujung-ujungnya malas untuk mengerjakannya. Maka dari itu, jika dosen pengampu mata kuliah memberi tugas, segeralah mengerjakannya. Waktu itu terus berjalan, maka kita harus bisa memanfaatkan waktu tersebut sebaik mungkin. Kita mampu bila kita percaya pada diri kita sendiri. Mahasiswa yes... Tugas yes... Selamat dan semangat belajar...