Bulan Desember kali ini terasa istimewa karena ada beberapa deretan tanggal merah yang menciptakan long weekend di dua minggu terakhir. Saat yang tepat untuk mengambil cuti karena berasa maksimal liburannya dari natal hingga tahun baru. Dan satu lagi keistimewaan bulan Desember, sebagai bulan yang paling buncit setiap tahunnya, pastinya dimana mana bertebaran “sale” yang menggoda di setiap sudut pusat perbelanjaan.

Gimana nih biar kita gak laper mata dan menjauhkan diri dari godaan “sale sale” yang terkutuk? Yuk ikuti tipsnya..cekidot…

 

1. Hindarilah liburan ke mall / pusat perbelanjaan

Hindari jalan ke mall

Hindari jalan ke mall via http://storage.winnipegsun.com

Libur panjang tak lengkap rasanya kalo gak jalan jalan ke mall..Tapi, demi menjaga stabilitas keuangan lebih baik hindari dulu yang namanya mall/pusat perbelanjaan. Kalo nekat, yang ada bakal tergoda sale sale yang bertebaran di setiap sudutnya..

2. Cari tempat berlibur yang hanya menyuguhkan pemandangan alam

Menikmati pemandangan alam

Menikmati pemandangan alam via https://www.google.co.id

Nah..ini kayaknya lebih cocok buat kita yang pengen liburan tapi gak mau kantongnya cepet kering. Mendaki gunung, menikmati sejuknya air terjun, atau deburan ombak dipantai sepertinya pas untuk menghilangkan kepenatan, sejenak lepas dari hiruk pikuknya rutinitas harian. Suasana yang tenang, nyaman dan pastinya gak bakal tergoda diskon

3. Bikin acara reuni / kumpul bareng teman teman

Kumpul bareng teman teman juga seru

Kumpul bareng teman teman juga seru via http://www.corbisimages.com

Akhir tahun dalam suasana long weekend pasti banyak teman yang mudik. So, saat yang tepat bagi kita yang sudah lama gak ketemu teman teman yang kebetulan kuliah/bekerja di luar kota ataupun yang biasanya sibuk sehingga jarang bertemu. Eits..pilih tempat makannya jangan di mall yah? 

4. Ingat resolusi kamu di tahun baru

Resolusi tahun baru

Resolusi tahun baru via http://previews.123rf.com

Yup…. Tahun baru pasti kita punya resolusi yang pengen kita capai di tahun berikutnya. Pengen menikah, beli rumah, mobil, umroh..membahagiakan ortu…atau liburan ke tempat yang belum pernah dikunjungi.. Pasti semua itu butuh biaya besar. Gimana mau bisa nabung kalau kita masih saja hobi shoping dan mengejar diskon diskon yang menggila itu?

5. Kalaupun terpaksanya kita tidak bisa menghndar dari pusat perbelanjaan, sebisa mungkin hindari outlet baju, sepatu, tas, gadget yang biasanya paling banyak menawarkan diskon.

Belanja seperlunya aja

Belanja seperlunya aja via http://mamiverse.com

Kalau memang harus ke pusat perbelanjaan untuk belanja bulanan, langsung saja ke supermarketnya.

Karena naluri cewek memang mudah tergoda dengan diskon diskon apalagi akhir tahun, padahal mungkin kita sudah punya barang yang sama di rumah, jadi sebisa mungkin kita kendalikan deh dengan lebih bijak dalam mengambil keputusan dalam berbelanja.

 

Happy long weekend….