Buku adalah jendela dunia, namun membaca adalah kuncinya. Oleh karena itu kita harus mempunyai kebiasaan membaca untuk membuka jendela dunia. Jadikan membaca sebagai salah satu kegiatan wajib kita setiap hari. Berikut ini adalah tips tumbuhkan kebiasaan membaca:

 

1. Baca Buku Minimal 10 Menit dalam 1 Hari

book favim

book favim via http://favim.com

Membaca buku 10 menit dalam satu hari ini dilakukan bukan sekedar membaca saja. Namun kita harus tahu dan paham dengan apa yang kita baca.

2. Bacalah Bacaan yang Ringan-ringan

book favim

book favim via http://favim.com

Membaca bacaan yang ringan ini misalnya membaca majalah atau bacaan-bacaan pengetahuan. Bacaan ini dapat berguna untuk memperluas wawasan.

3. Baca Buku yang Disukai

book favim

book favim via http://favim.com

Dengan membaca buku yang kita sukai maka kita akan terus menerus ingin membaca. Sebagai contoh apabila kita membaca novel. Ketika membaca novel kita pasti ingin terus menerus membacanya sampai selesai.

4. Membawa Buku Saat Berpergian

book favim

book favim via http://favim.com

Kita tidak pernah tahu kapan akan ada waktu luang. Meskipun sedang berpergian, Jika ada waktu luang maka sempatkanlah untuk membaca. Kita dapat mencontoh masyarakat Jepang. Mereka terbiasa membaca kapan saja dan dimana saja. Misalnya membaca ketika mereka antri membeli tiket bis, menunggu kedatangan bis dan bahkan saat di dalam bis pun mereka membaca.

5. Membuat Catatan Tentang Apa yang Telah Dibaca

book favim

book favim via http://favim.com

Setelah kita membaca, maka kita akan mengetahui isi bacaan. Baiknya kita catat kata-kata baik yang sudah kita baca. Agar nantinya mudah diingat dan menjadi sebuah catatan butiran semangat untuk hidup atau untuk pengingat bahwa kita pernah membaca buku tersebut.

6. Membaca Secara Berkelanjutan

book favim

book favim via http://favim.com

Kita tidak cukup hanya membaca satu atau dua hari saja. Namun membaca harus dilakukan setiap hari dan berkelanjutan. Ada sebuah pedoman bahwa suatu hal akan menjadi kebiasaan apabila dilakukan selama 21 hari berturut-turut. Ada juga melakukan selama 30 hari atau bahkan 40 hari berturut-turut agar timbul suatu kebiasan. Demikian pula dengan membaca, kita harus membaca selama minimal 21 hari agar timbul suatu kebiasaan membaca.

Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi pembaca diseluruh Indonesia. Karena bangsa yang maju bisa dilihat dari kuantitas dan kualitas membaca masyarakatnya. Selamat mencoba.