Inilah hal-hal sederhana yang aku pelajari dan diskusikan dengan pacarku.

Aku, sebagai seorang cowok, tentunya merasa kurang nyaman jika melihat pasanganku bermuka "tambang minyak". Nggak hanya aku, kok. Hampir seluruh cowok di muka bumi ini merasa kurang nyaman jika berinteraksi secara intens dengan wanita yang berwajah kusam, kucel dan berminyak-minyak; sekalipun itu adalah pasangannya sendiri. Kalian para wanita pun tidak nyaman dengan kondisi wajah seperti itu, 'kan?

Selama ini, aku rasa tips make-up hanya datang dari kaum hawa. Padahal, untuk apa sih make-up yang digunakan kaum hawa? Untuk menarik perhatian kaum pria, bukan? Jadi, justru inilah alasan mengapa kamu seharusnya mengetahui review tips dari para pria!

1. Pastikan kamu selalu menjaga pola makan sehat; selain supaya kalian nggak sakit, wajah kalian pun akan segar tiap saat

Pastikan kamu selalu menjaga pola makan sehat via https://www.pexels.com

"Jangan lupa makan ya, Sayang. Jangan sampai sakit."

Waduh, pola makan sehat itu nggak cuma supaya kamu nggak sakit, lho. Menurut pengakuan pacarku, ketika dia rutin memakan sayur hijau dan buah segar, kulitnya akan semakin cerah. Hmm, kalau ini mah sudah terbukti. Di tambah lagi, cowok mana yang nggak suka sama cewek berpola makan baik?

Menjauhi makanan yang sarat lemak dan minyak pun merupakan bagian dari pola makan sehat. Dengan mengurangi asupan lemak dan minyak, kelenjar minyak di wajahmu pun jadi tidak mudah untuk terangsang. Artinya, wajahmu akan bebas kilap meski sedang menggunakan make-up!

2. Dalam rangka membuang racun dalam tubuh, rajin olahraga pun sangat dbutuhkan para cewek

Olahraga. Biar nggak gendut juga, tuh via https://www.pexels.com

Advertisement

Olahraga itu memang punya banyak manfaat bagi tubuh. Di antaranya adalah melancarkan peredaran darah dan pengaturan hormon. Dengan rutin olahraga, kamu bisa terbebas dari stres dan hormon minyak di wajah pun akan menurun.

Selain itu, ada beragam keuntungan dari tips yang satu ini.

Selain kamu bisa jaga berat badan idealmu, kamu bisa bikin hubungan pacaranmu nggak monoton, lho. Kamu bisa ajak pacarmu buat temenin nge-gym atau sekadar jogging bareng. Ya, meski mungkin cowokmu "bisa terima kamu apa adanya", nggak ada salahnya bukan kalau badanmu berada pada berat ideal? Kalau aku pribadi sih, terima apa adanya. Tapi kalau bisa langsing, kenapa tidak? Hehehe.

3. Membersihkan muka setidaknya dua kali sehari. Kalau kalian saja jorok, apalagi kita sebagai cowok?

Jangan jorok ih jadi cewek via http://netdoctor.cdnds.net

Nggak kebayangin jadi cewek. Cowok mah tinggal pakai sabun khusus muka, selesai. Apa jadinya kalau cowok adalah cewek? Hmmm…

Kalau aku lagi nemenin pacarku belanja bulanan. Duh, ribet. Buat bersihin muka saja ada beragam produk yang dipakai.

Tapi, setelah aku pikir-pikir bener juga, kok. Kalau muka sudah ditutupi make-up tebal sepanjang hari, apa nggak numpuk tuh di pori-pori? Tentunya cewek butuh perhatian khusus ke arah sana supaya nggak tambah rewel kalau ada jerawat yang muncul.

4. Kalau kita sebagai cowok kelewat gemas, ingatkan untuk tidak megang-megang wajah kalian terlalu sering, ya…

“Jangan pegang-pegang, ya. Tanganmu kotor.” via https://www.pexels.com

Sedih kadang. Lagi gemas-gemasnya, tapi pacarku menolak dicubit pipinya karena alasan tanganku kotor. Katanya sih, kotoran itu bisa merangsang pertumbuhan jerawat di wajahnya. Bahkan suatu kali dia pernah kirimi aku artikel yang menyatakan bahwa memegang wajah terlalu sering bisa merangsang pengeluaran minyak oleh kelenjar di wajah.

5. Alat make-up juga jangan luput dari pembersihan berkala. Ingat, salah satu daya tarik kalian sebagai cewek adalah di kulit muka!

“Make-up dan alatnya khusus, Yang. Nggak asal-asalan, makanya mahal.” via https://www.pexels.com

Nggak begitu paham deh kalau soal ini; apa ya bedanya? Hahaha.

Hanya 2 hal yang pasti aku bisa amati, yaitu di bedak dan tisu minyaknya (bahkan aku sendiri pernah testimoni). Bedak tabur yang warnanya putih gitu. Katanya sih itu anti sebum (dibaca: anti minyak). Terus tisu minyak a.k.a oil control film yang konon bisa serap minyak sewajah kita. Itu pernah aku pakai ketika mukaku lagi berminyak dan ada acara ketemu orang penting bersama dia.

Oh ya, yang penting adalah memilih seluruh make-up yang khusus diformulasi untuk jenis kulit berminyak. Kalau itu mah, cowok juga paham.

6. Jangan lupa yang satu ini, ya; minum banyak air putih supaya bebas kusam dan jerawat yang membandel

Jangan lupa yang satu ini, ya; minum banyak air putih via https://www.pexels.com

Sudah pada tahu, bukan? Air putih adalah satu-satunya alternatif minuman terbaik untuk kurangi minyak berlebih. Konon katanya, 80% tubuh terdiri dari air. Nah, air ini bisa dipakai buat bilas kandungan minyak di dalam hormonal tubuh.

Perbanyak minum air putih agar badanmu lebih sehat ya, para cewek! Jangan banyak minum manis-manis, ntar malah diabetes lagi. Hahaha.

Ya, demikian beberapa tips yang merupakan hasil diskusi dan observasiku terhadap pacarku selama 5 tahun ini. Bukannya aku cowok metroseksual yang hobi atau tertarik dengan dandanan wanita lho, ya. Good luck, ladies!