Rasanya nggak ada satu pun siswa yang belum pernah mencontek ya? Kamu saja pasti minimal pernah mencoba salah satu trik mencontek di bawah ini. Penasaran? 😀

1. Trik Ter-Mainstream, Turun Temurun Sepanjang Masa

Nanya temen, iya kalau bener. kalau keblinger? via https://freakyteenager.wordpress.com

Ya, ini mah sudah mainstream banget, ya. Caranya cuma nyontek ke temen, "Eh, jawaban 1-10 apa?"; "Eh, nih gue ada kertas kecil, tulisin dong nomor 1-5!"

Kalo pilihan ganda sih enak. Kalau esai? Duh, kasihan temanmu dong. Dan lagi, karena sudah mainstream, guru pun sudah khatam banget sama khas gerak-geriknya. Hati-hati, bukannya dapat nilai bagus. Harga diri pun jadi taruhan!

2. Terpujilah Comut Sang Penyelamat!

bisa di kertas kecil, papan jalan, atas meja, bahkan di bagian tubuh. via http://noblogandi.blogspot.com

Advertisement

Tipe ini nih yang bisa dibilang pencontek niat. Iya, dari awal sudah niat nyontek maksudnya. Hahaha.

Ada yang belum tahu apa itu Comut? Comut biasanya kita temukan atau kita buat di pojok-pojok meja, kursi, kertas, dll kok. Yaps! Comut adalah contekan-contekan imut. Oknumnya sih rela nulis sekecil semut dengan mengandalkan ingatan seadanya. Jadi kemungkinan besar bisa bawa malapetaka untuk diri sendiri karena nggak bisa kebaca tuh tulisannya.

Tiap trik nyontek pasti ada kampret moment-nya, kan? Kalau trik ini, bahayanya kalo contekan jatuh atau kebaca sama gurunya. Waduh, bubar. Ngaku, deh, siapa yang pernah mengalami?

3. Mencontek pun Kudu Kekinian

hanya berlaku bagi siswa yang punya kuota internet banyak. via http://www.kantong-artikel.net

"Zaman sekarang ya, ada aja akaln-akalan murid."

Ini biasanya dilakukan oleh murid yang suka tantangan. Biasanya ketika alat-alat elektronik dikumpulkan, si doi akan menyembunyikan handphone untuk berkomunikasi atau mencari jawaban soal. Doi pun akan kebal dengan segala macam ancaman ketahuan. Paling-paling doi nanya siapa pengawasnya dan kalo pengawasnya killer, dia baru nggak berani.

Kampret moment-nya itu saat hasil ulangan diperiksa. Ada beberapa guru yang sampai mendetil tahu jawaban si murid adalah hasil browsing karena gurunya pun browsing untuk memastikan. Wah~

4. Pro Banget Sih, Bro

Prinsip: percaya buku, bukan temen. via https://fansmania.wordpress.com

Ini tipe biasanya dipakai sama orang yang kurang bisa percaya sama kata temennya atau butuh greget lebih. Eits, bukan bermaksud buruk, ya. Sama-sama mempertaruhkan nilai, tipe ini lebih cari aman dengan menyalin jawaban, bisa dari buku atau lembar jawab temennya langsung.

Biasanya sih, kalau soal uraian dengan kata-kata persis di buku, guru bakalan cepet ngeh. Kalau kalian sering begini, tapi guru nggak tahu, bisa dibilang kalian udah pro banget!

5. Mitos atau Bukan, Toilet Bisa Beri Pencerahan untuk Jawab Soal?

“bu, izin ke toilet ya!” via https://auliade.files.wordpress.com

Terakhir, ini bisa disebut tipe ghaib. Sebelum ke toilet kertas jawaban masih putih bersih, kecuali kolom identitas diri. Tapi setelah dari toilet, entah dapat pencerahan dari mana, eh langsung bisa mengisi semua soal. Tebak deh, di toilet doi ngapain? :O

Ini bukan tips, lho. Sebaiknya jangan dipraktekkan dan mungkin bisa juga jadi referensi pengetahuan buat para guru, nih. Buat yang sering melakukan kegiatan mencontek ini, semoga cepat diberi hidayah, ya. Hahaha.