Apakah kamu salah satu orang yang masih saja makan mie instan + air putih saat sahur?  Bagaimana mau kuat berpuasa seharian penuh?!

Banyak yang salah kaprah saat menyiapkan menu untuk sahur sebelum memulai berpuasa seharian penuh. Makan makanan yang belum tentu kandungan energinya tahan hingga saat berbuka tiba. Alhasil, ketika sedang asyik kuliah atau bekerja, perut sudah keroncongan meski baru jam 10 pagi.

Hal ini tentu saja dapat mengurangi konsentrasimu saat berpuasa. Tak sedikit juga yang tidak kuat berpuasa dan batal meski jam baru menunjukkan pukul 12 siang.

Nah, buat yang ingin tahu tips biar kuat berpuasa seharian, simak 4 menu makanan sahur yang wajib kamu makan:

1. Oats, Biar Kenyangnya Tahan Lama

Kenyang seharian dengan oats via http://www.foody.id

Banyak yang beranggapan bahwa nasi putih merupakan sumber energi yang baik untuk berpuasa selama 13-14 jam.

Tahukah kalian bahwa nasi putih mengandung kadar gula yang cukup tinggi? Makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi akan membuat tubuh kita berekasi melepaskan insulin dengan cepat.

Jadi, tubuh akan meminta asupan energi baru lagi. Dan itulah alasan kenapa kita cepat merasa lapar. Solusinya adalah kalian belajar mengkonsumsi oats setiap harinya saat sahur. Kandungan karbohidrat yang kompleks membuat asupan energi ke tubuh menjadi berkala dan tahan lama.

2. Rajin Mengkonsumsi Sayuran

Advertisement

Salad Sayur via http://www.foody.id

Banyak yang malas atau kurang suka mengkonsumsi sayuran saat sahur, tetapi berharap akan fit selama seharian penuh terutama saat berpuasa.

Tentu saja prinsip ini salah. Bagaimana bisa kita mendapatkan asupan vitamin, serat, dan mineral kalau kita tidak mau makan sayur.

Usahakan jangan makan sayur yang dihangatkan dari makanan berbuka puasa malam sebelumnya. Karena sayur yang sudah lebih dari 8 jam sudah berkurang gizinya. Contohnya saja bayam yang baik dikonsumsi kurang dari 5 jam karena kandungan zat besinya.

Serat dalam sayuran mampu membantu metabolisme tubuh agar bekerja dengan baik. Hal ini tentu saja membuat penyerapan gizi dari makanan akan menjadi optimal.

3. Jangan Lupa Konsumsi Buah-Buahan

Jus Mangga segeeerrr…. via http://www.foody.id

Seberapa sering kalian mengkonsumsi buah-buhan dalam sehari?

Seberapa sering kah kalian mengkonsumsi buah-buahan dalam sehari?

A. Sekali dalam sehari

B. Setiap kali saat makan

C. Seminggu sekali

D. Lupa karena jarangnya makan buah dalam keseharian

Jika jawabnya A dan B tentu saja ini sudah baik. Karena kita sudah belajar hidup sehat dengan mengkonsumsi buah sebagai sumber vitamin dan mineral.

Jika jawabannya yang C mungkin kamu harus coba lebih meningkatkan lagi agar menjadi gaya hidupmu yang sehat.

Tetapi Jika jawabnnya D, mungkin kamu keliru bahwa menjalani gaya hidup sehat itu sebenarnya tidak sulit dan mahal. Tinggal bagaimana niat kamu besar atau tidaknya.

Sumber vitamin dan mineral dari buah membantu tubuh agar tidak lemas saat berpuasa. Vitamin C dan B Kompleks membantu menjaga kebugaran tubuh untuk selalu fit saat berpuasa. Kalian bisa minum Jus tanpa es atau memakan buah nya langsung.

4. Makanan Sumber Protein

Ikan Bakar, nyoiii~ via http://www.foody.id

Makan makanan yang mengandung sumber protein seperti Daging, Ayam, telur, tempe, tahu, susu kedelai, dan lain-lain.

Makanan-makanan tersebut mengandung protein yang baik bagi tubuh. Protein berfungsi meregenerasi sel-sel tubuh yang mati. Hal ini tentu saja membantu meningkatkan kebugaran tubuh kita untuk tetap kuat berpuasa selama seharian.

5. Minumlah Air Hangat! Jangan Minum Air Es Saat Sahur.

Kebanyakan yang dingin-dingin, nanti hatimu beku, loh. via http://www.foody.id

Apakah kalian senang sekali meminum air es baik itu air es tawar ataupun air es teh saat makan?

Jika iya, maka mulai sekarang usahakan untuk mengurangi minum air es setelah makan. Air es itu tidak baik bagi pencernaan karena sifatnya yang dingin yang mampu menimbulkan kram pada syaraf perut. Bagi penderita maag, minum es setelah makan berat memiliki resiko kram perut.

Hal ini dikarenakan syaraf di perut kita kaget atau tegang setelah kita mengkonsumsi makanan berat ditambah air es yang dingin.

Dianjurkan bagi kalian untuk mengkonsumsi air hangat baik saat sahur maupun berbuka puasa. Air hangat mampu membantu merilekskan syaraf perut, sehingga perut menjadi mudah mengolah asupan makanan yang masuk.

Nah, itulah tips buat kalian yang ingin terus kuat selama berpuasa di bulan Ramadhan. Semoga dengan kuatnya kalian menahan lapar, haus dan hawa nafsu mampu membuat ibadah kalian berjalan dengan baik.