Untuk kamu orang Batak pasti familiar denngan marga Parna. Ya parna, merupakan akronim dari  “Pinomparni nai Amabaton yakni kumpulan keturunan marga yang terdiri dari 83 sub marga. Parna menjadi kesatuan marga yang paling besar pada marga Batak.

Yang paling unik adalah sampai sekarang  keturunan Parna percaya bahwa tidak boleh ada perkawinan antar sesama marga Parna. Nah, untukmu kawula muda yang bermarga Parna pasti merasakan bagaimana suka duka dan mendengar berbagai steoretype yang melekat pada raksasa suku Batak ini. 

Hal apa saja sih yang sering dirasakan? Simak yuk !!

1. Kamu bertemu dengan banyak keluarga? Mainkan jurus Partuturan

keluarga besar dimana-mana via http://worldventure.com

Kalau kamu bertemu orang yang semarga denganmu mungkin rasanya sangat senang sekali apalagi ketika itu berada di perantauan. Walaupun tidak ada garis keturunan yang cukup signifikan, tetapi karena kamu bermarga PARNA mungkin ikatan darah menjadi lebih kuat.

Contohnya : Kamu yang bermarga Simbolon akan lebih merasa memiliki ketika medapatkan kenalan bermarga/berboru Saragih meskipun saragih yang notabene adalah suku Batak Simalungun 

2. Kamu bahkan tak tahu kalau orang sekelilingmu masih satu rumpun marga

Advertisement

Hebatnya nenek moyang kita adalah dapat menyusun tarombo/silslah keluarga yang sangat luar biasa kompleks yang terdiri dari banyak keturunan/sub marga. Jujur saja ketika ditanyai mengenai marga se Parna kamu mungkin lupa atau bahkan tidak tahu. Maklum saja sangat kompleks.

3. Tarito

Patah hati karena semarga? via http://cahayahipnoterapi.com

Ini momen di mana kamu menyukai lawan jenismu tetapi kemudian terpatahkan oleh kekuatan Tarito. Yakni orang kamu taksir masih semarga denganmu. Misalnya ini, kamu bermarga Simbolon menyukai perempuan berboru Maharaja, sebelumnya kamu tidak familiar dengan marga tersebut kemudian menyatakan cinta eh ternyata masih semarga. Jadi, hati-hati guys!

4. Katanya jodohnya jadi sedikit

Ini mitos yang harus dipatahkan meski memang keluarga Parna cakupannya luas. Percayalah kamu tidak akan menjadi jomblo. Masih banyak marga/boru Batak yang siap menjalin asmara denganmu. Intinya jangan pernah tarito ya guys!

5. Terkenal parbada tapi cantik-cantik

Cewek Cerewet via http://cewekbanget.club

Satu lagi perempuan parna terkenal dengan parbada (cerewet) tetapi cantik-cantik. Makanya kalau punya pacar atau isteri boru Parna jangan pernah bikin emosi nanti lantai  keramik pun retak dibikinnya.