Failure is simply the opportunity to begin again, this time more intelligently - Henry Ford

Kesuksesan tidak diraih dengan cara yang instan, tokoh-tokoh besar yang kita kenal saat ini juga memiliki masa jatuh bangun dalam menggapai mimpinya. Tapi mereka membuktikan bahwa kegagalan bukan menjadi suatu halangan, melainkan sebagai pemicu untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Berikut kisah-kisah inspiratif yang bisa memotivasi kita dalam menggapai cita-cita.

1. Oprah Winfrey; sang ratu talkshow juga pernah memiliki masa lalu yang kelam, tapi hal itu tidak lantas membuatnya patah semangat

Oprah Winfrey via http://www.ibtimes.com

Ratu talkshow ini berasal dari keluarga miskin dan ibunya adalah seorang pembantu rumah tangga. Oprah bahkan pernah mengalami pelecehan seksual oleh sepupunya sendiri yang mengakibatkan ia hamil pada usia 14 tahun. Ia melahirkan bayi prematur dan bayi tersebut meninggal beberapa saat setelah dilahirkan, namun kelamnya masa lalu tidak membuat Oprah putus asa.

Oprah mengawali kariernya sebagai pembaca berita di radio lokal saat usianya 17 tahun. Hingga akhirnya ia menjadi seorang wartawan dan penyiar berita di stasiun TV di Nashville. Oprah bahkan pernah menjadi seorang co-host sebuah talkshow berjudul People are Talking. Sejak 1984, Oprah akhirnya memiliki talkshownya sendiri berjudul AM Chicago dan meraih rating tertinggi pada saat itu.

Debut pertama Oprah Winfrey show dimulai pada 1986 dan meraih kesuksesan dengan cepat. Bahkan, Oprah pernah bagi-bagi mobil untuk para penonton acara talkshownya. Talkshow ini berjalan hingga 25 musim dan berakhir pada 2011 silam. Saat ini Oprah dikenal sebagai salah satu wanita miliarder di dunia serta beberapa kali dinobatkan sebagai 100 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Time.

2. Karya J.K. Rowling berulang kali ditolak penerbit sebelum akhirnya Harry Potter menjadi salah satu novel terlaris di dunia bahkan diangkat menjadi film layar lebar

J.K.Rowling via http://www.etonline.com

Advertisement

Sebelum seri Harry Potter yang pertama terbit, J.K.Rowling pernah menjadi guru bahasa Inggris di Portugal, hingga akhirnya bercerai dengan suaminya dan hidup dengan anak perempuan satu-satunya di Edinburgh. Saat itu ia kesulitan untuk menghidupi dirinya dan anaknya.

Suatu hari ia naik kereta dari Manchester ke London yang menjadi inspirasinya menulis Harry Potter. J.K. Rowling saat itu tidak mampu membeli komputer, bahkan tidak memiliki uang yang cukup untuk memfotokopi hasil tulisannya sendiri. Akhirnya Rowling menulis naskah-naskahnya secara manual. Karya yang susah payah ia susun berulang kali ditolak oleh penerbit. Hingga akhirnya Bloomsburry, sebuah penerbit di London, bersedia menerbitkan Harry Potter and The Philosopher's Stone pada 1997 setelah anak dari CEO penerbit tersebut jatuh cinta pada novel Harry Potter. Penjualan buku ini mencapai kesuksesan bahkan sampai jilid ke tujuh, Harry Potter and The Deathly Halllows.

3. Penyanyi Shania Twain juga memulai kariernya dari bawah, bahkan di usia yang masih sangat muda

Shania Twain via http://abcnews.go.com

Kalau kamu adalah generasi 90-an, kamu pasti tahu lagu You're Still The One dan From This Moment On milik Shania Twain. Sebelum menjadi penyanyi terkenal dengan penjualan album terlaris seperti sekarang ini, Shania memulai awal kariernya di usia 8 tahun sebagai penyanyi di sebuah bar untuk membantu kondisi keuangan keluarga. Shania pernah mengambil les vokal dengan Ian Garret dan membersihkan rumah Ian sebagai bayaran untuk lesnya. Ia juga sempat menjadi backing vocal untuk Tim Denis pada lagu Heavy on The Sunshine.

Pada tahun 1993, Shania meluncurkan album debut Self-Titled pertamanya, namun album ini hanya mencapai urutan ke-67 pada music chart di Amerika. Bertahun-tahun kemudian Shania terus menghasilkan karya, hingga pada tahun 1997 album Come on Over meraih kesuksesan dan menjadi album wanita paling laris sepanjang masa dengan penjualan 40 juta kopi di seluruh dunia.

4. Kegigihan Soichiro Honda membawa dirinya menjadi seorang pendiri perusahaan otomotif raksasa

Soichiro Honda via http://www.loohpa.com

Dari nama tokoh asal Jepang ini, kamu pasti bisa menebak bahwa Soichiro adalah pendiri Honda, salah satu produsen otomotif terbesar di dunia. Sebelum mendirikan Honda hingga sebesar sekarang ini, Soichiro pernah bekerja di sebuah bengkel bernama Art Shokai, namun hanya sebagai cleaning service dan pengasuh bayi pemilik bengkel. Soichiro bahkan pernah mengikuti interview kerja dengan Toyota namun akhirnya ditolak. Soichiro dikenal memiliki cita-cita yang tinggi, hingga akhirnya ia menjalankan bengkel miliknya sendiri dan memiliki ide untuk memasang mesin pada sepeda. Berkat idenya inilah yang menjadi cikal bakal berkembangnya sepeda motor seperti saat ini.

5. Resep KFC yang kita nikmati saat ini pernah ditolak lebih dari 1000 restoran, tapi Harland Sanders tidak pernah berputus asa

Harland Sanders atau yang dikenal dengan Kolonel Sanders adalah pendiri restoran cepat saji ternama di dunia, Kentucky Fried Chicken. Sejak usia 7 tahun, Kolonel Sanders terbiasa memasak untuk adik-adiknya, karena ayahnya telah meninggal dan ibunya pergi bekerja. Selama masa mudanya, Sanders memiliki banyak pekerjaan namun tidak bertahan lama. Ia juga pernah dipecat dari pekerjaan karena melawan atasannya. Sanders bahkan nyaris bangkrut di usia 60an. Sanders berkeliling selama dua tahun untuk menawarkan resep ayam gorengnya ke berbagai restoran dan telah mengalami lebih dari 1000 penolakan. Namun usaha kerasnya tidaklah sia-sia, saat ini ada lebih dari 17000 gerai KFC yang tersebar di seluruh dunia.

Kisah-kisah di atas membuktikan bahwa kegagalan bukanlah penentu masa depan kamu. Kesuksesan bisa diraih oleh siapapun, dengan latar belakang apapun. Yang terpenting adalah kemauan dan tidak pantang menyerah. Jangan lupa iringi ikhtiarmu dengan doa supaya senantiasa dimudahkan dalam meraih mimpi.

Don't let failures define you!

Fighting!