Bagi kamu yang domisili di Jogja dan kota-kota sekitarnya, pernah nggak sih mengalami kejenuhan entah karena pekerjaan atau perkuliahan?

Tapi banyak "tapi" nya? Nggak ada waktu, nggak ada biaya, nggak ada gandengan?

Eits... liburan itu harusnya #antiwacana, kamu nggak melulu harus merencanakan liburan atau harus janjian jauh-jauh hari. Liburan mendadak pun bisa kamu realisasikan di tempat-tempat ini. Sadar betul waktu luang untuk liburan itu datang sewaktu-waktu, nggak ada salahnya kalau kamu coba jajal ke destinasi di Bantul yang lagi nge-hits ini! Udah deket, murah, keren, seru, dan yang jomblo bisa banget pulang bawa gandengan.

1. Bukit Gumelem – Berangkat sendiri, pulang bawa peri

Siapa pengin jadi kumbangnya? via https://www.instagram.com

Aawww… So Sweet
Yang jomblo, eh singlelillah mana suaranya?

Lokasinya keren dan kalau kamu beruntung bisa berjumpa dengan kakak cantik yang jadi peri cantik di area spot bunga matahari di Bukit Gumelem. Kamu yang datang sendiri nggak bakal nyesel kalo berlabuh di sini. Lokasinya sendiri berada di Dukuh Kanigoro, Mangunan, Bantul, Yogyakarta. Jaraknya dari pusat Kota Yogyakarta sekitar 22 kilometer dan dapat ditempuh dengan perjalanan darat sektiar 1 jam dari pusat Kota Yogyakarta. Nggak ada retribusi untuk masuk kawasan wisata di sini, kamu cukup bayar biaya parkir kendaraan. Nah kalo foto sama kakak peri cantik, kamu pedekate sendiri yaa.. XD

Photo by : @dwi_riyanto17
Loc : #Bukit  #Gumelem#Mangunan#Bantul#Jogja

2. Hutan Pinus Asri – Berangkat berdua, bikin asmara makin adem

Always waiting for moments with you. Eaaa eaa via https://www.instagram.com

Advertisement

Meskipun tergolong wisata baru, Pinus Asri potensi wisata yang menjanjikan. Buktinya hampir setiap akhir pekan, tempat wisata baru di Dlingo, Bantul ini selalu ramai dipadati pasangan muda mudi yang datang ingin selfie.Tempat wisata Pinus Asri sudah memiliki warung kopi, jadi kamu bisa menikmati secangkir kopi hangat sambil menunggu sunrise. Lagi-lagi, dapat tempat keren di sini cuma bayar parkir kendaraan, kalian yang mau narsis cuma harus bersabar untuk antri. Maklum saja, tempatnya emang keren sih buat berduaan. Eaaa XD

Photo by @wwaldianto

Loc : pinus asri, #Dlingo#Bantul#Jogja

3. Bukit Mojo (Gumelem) – Bebasin diri, jangan mau jadi burung dalam sangkar

https://www.google.co.id/ via https://www.instagram.com

Daerah Bantul memang sangat dikenal dengan beberapa tempat wisata seperti Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus, atau Makam Imogiri yang selalu ramai jelang bulan puasa. Tapi kamu jangan sampai melewatkan spot keren satu ini yaa. Lokasinya yang berada di dataran tinggi cocok untuk mengabadikan foto landscape. Apalagi yang temanya dibuat seperti sarang burung unik dan mungkin baru ada di Jogja. Pas banget buat kamu yang hobi foto dan update instagram, path, vsco. XD

Photo by @sunupratiwi
Loc : Bukit Mojo #Bukit  #Gumelem#Dlingo#Mangunan#Bantul#Jogja

4. Hutan Pinus Asri – berlibur di tengah alam, jauh dari keramaian kota itu, sesuatu banget!

Terus bersama, kemarin, saat ini, esok, selamanya! via https://www.instagram.com

Meskipun hingga saat ini belum dikenai harga tiket masuk, namun kamu tetap harus membayar ongkos parkir untuk kendaraan kamu. Wisata Hutan Pinus Asri ini kini mulai banyak lalu lalang di lini masa Instagram. Waktu paling tepat untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah pada siang hari untuk kamu yang mau foto. Udah adem, sejuk, hening dan kamu mungkin bakal keasikan di sini. Tapi jangan sampai lupa pulang yaa.

Photo by @faruliansyaha
Loc : pinus asri, #Dlingo#Bantul#Jogja

5. Bukit Panguk Kediwung – nikmat Tuhan mana lagi yang kamu dustakan

Beauty and me, blue always love you via https://www.instagram.com

Weekend besok rencana mau piknik kemana?

Bukit Panguk Kediwung ngajakin ketemu tuh. Tapi kalo ke sini mending pagi yaa, sebelum jam 6 pagi kalau bisa sudah dilokasi. Jangan sampai terlewatkan lautan awan dan indahnya hamparan alam dan landscape keindahan yang disajikan. 

Photo from @maspeot

Loc : Bukit Panguk Kediwung #Panguk#Kediwung#Mangunan#Bantul#Jogja

6. Jurang Tembelan – sendiri atau bersama, kamu pasti setuju kalau tempat ini romantis

Nyatakanlah rasa yg selama ini terpendam. Yang jomblo sabar ya via https://www.instagram.com

Jurang Tembelan baru saja dibuka sebagai tempat wisata baru di sekitar Yogyakarta pada bulan Agustus 2016. 

Fasilitas Wisata Jurang Tembelan : Dua Gardu Pandang, Gazebo, Warung, Tempat Parkir.

Alasan yang bikin Jurang Tembelan lebih menarik wisatawan dibandingkan Bukit Punguk dan Bukit Mojo karena keberadaan Gardu Pandang yang instagramable. Jadi jangan heran kalo kini tren spot selfie dan spot instagram memang menjadi daya tarik muda-mudi yang melek digital. Mereka biasanya akan dengan bangga memamerkan destinasi wisata terbaik lewat akun instagramnya. Tentu hal ini sangat baik karena ikut membantu mempromosikan tempat wisata baru di Yogyakarta. Namun, sisi lainnya adalah jumlah wisatawan yang berlebihan berpotensi merusak dan mengotori.

Jadi, please! Perlu ada kesadaran dari kita yang berkunjung untuk ikut serta menjaga lingkungan.

Jika ingin ke Jurang Tembelan, kamu hanya tinggal berpatokan pada area gerbang masuk Gardu Pandang Mangunan. Dari situ sudah bisa melihat papan petunjuk menuju Jurang Tembelan. Sangat informatif dan mudah untuk ditemukan.

Ssssttt…. Kamu dan kesayangan bisa foto ala-ala Titanic lhoo… XD

Photo by @king_dum

Loc : Jurang Tembelan #JurangTembelan#Kanigoro#Mangunan#Bantul#Jogja

7. Bukit Panguk Kediwung – mencari kesendirian dalam penat, ehh.. emang udah sendiri juga sih

Morning sunshine.. via https://www.instagram.com

Kadang hal yang terlihat sederhana tak perlu diperhitungkan dan sering terlupakan, padahal kerap kali di baliknya tersimpan kompleksitas yang bisa membuat kita terpesona.

   

Photo by @roh_kyt

Loc : Bukit Panguk Kediwung #Panguk#Kediwung#Mangunan#Bantul#Jogja

8. Sendiri bebas lepas

Moment langka setelah hujan, ajib banget! via https://www.instagram.com

Terbanglah, dan jika kau lelah hinggaplah sejenak, kebaskanlah sayap cantikmu supaya dunia menikmati keindahanmu jua, tak hanya aku.

Momen langka setelah hujan ini mungkin bisa jadi peruntungan kamu, dapet kabut sore hari dan sunset terasa istimewa. Coba lihat kakak cantik yang bak kupu-kupu senja, bikin naksir, eh… bikin pengen ikutan foto!

Loc : Jurang Tembelan #JurangTembelan#Kanigoro#Mangunan#Bantul#Jogja

9. Bukit Mojo – kamu jangan pergi, menikmati indahnya dunia sebaiknya dijalani berdua

Romantis itu kalo cuma “berdua” yang lain motoin kita via https://www.instagram.com

Kita memang selalu membuat rencana yang indah , tapi tak selalu segalanya berjalan sesuai rencana. Dan rencana yang paling indah adalah rencana-Nya.

Bantul memang keren dan seru buat liburan kamu, entah berdua bareng pasangan, rame-rame bareng teman, atau yang jomblo datang sendirian. Tentunya tempat-tempat wisata ini menawarkan keindahan yang begitu "WAH" dengan biaya super murah-meriah, nggak ribet, dekat dengan pusat kota, dan jarak antara spot satu dengan lainnya begitu dekat.

Sehari menjelajah Bantul dari pagi hari hingga sore hari sudah lebih dari cukup. Ketika senja habis dan berganti malam, kamu nggak perlu buru-buru pulang. Mampir ke bukit bintang untuk bersantap malam. Dengan Rp. 25.000,- / porsi dijamin sudah bikin kenyang.

Jadi…? Yakin masih ngerasa liburan itu boros uang dan boros waktu?

Photo by @gunawanjir

Loc : Bukit Mojo #Bukit  #Gumelem#Dlingo#Mangunan#Bantul#Jogja

Kapan lagi bisa berwisata romantis nan murah meriah seperti ini?