Masa kuliah memang masa yang paling menyenangkan. Banyak hal baru yang didapatkan selama mengenyam pendidikan di kampus. Mulai dari teman yang datang dari berbagai kultur dan daerah yang berbeda-beda, pengetahuan yang semakin luas sampai hal-hal yang tidak kamu prediksi sebelumnya saat masa SMA. Namun kadang kehidupan kuliah yang menyenangkan itu menjadikan kita larut dalam kesenangan semata akhirnya kita lupa bahwa tujuan kita kuliah yaitu untuk meraih kehidupan masa depan yang lebih baik.

Masa kuliah merupakan masa yang tepat untuk mempersiapkan segala hal untuk meraih kesuksesanmu di masa depan. Kamu tidak bisa meraih kesuksesan di masa depan  tanpa sebuah persiapan yang matang. Sebab perlu kamu tahu bahwa masa depan itu sesuatu yang bisa diprediksi tapi tidak bisa dipastikan. Salah satu cara agar kamu siap menghadapi masa depan itu adalah dengan cara mempersiapkan segala kemungkinannya dari sekarang.

Agar kamu tidak menyesal di kemudian hari, kamu harus melakukan sesuatu yang tidak biasa-biasa saja supaya cita-citamu terwujud. Berikut yang perlu kamu lakukan selama masa kuliah supaya masa depanmu lebih baik.

 

1. Mulailah membuat rencana dan tujuan kehidupan

Lihat Wajah Dian Sastrowardoyo di Sampul Majalah saat Usia 13

Lihat Wajah Dian Sastrowardoyo di Sampul Majalah saat Usia 13 via http://showbiz.liputan6.com

Jangan ragu untuk memulai segala sesuatu, mulailah semuanya dengan menuliskan setiap rencana dan tujuan hidupmu dalam sebuah tulisan. Kalau memungkinkan, buatlah semacam mind mapping. Simpan cita-citamu seluhur-luhurnya lalu tuliskan strategi pencapaiannya dengan sistematis dan terukur. Petakan jalan dan rencana kehidupanmu kedepannya supaya cita-citamu itu bisa dilalui dengan kerja-kerja cicilan yang suatu saat akan menjadi besar dan bukan tidak mungkin mimpi-mimpimu akan cepat terwujud.

Banyak dari orang-orang sukses yang memulai segala sesuatunya dengan menuliskan mimpi mereka. Misal, artis terkenal Dian Sastrowardoyo, selalu diajarkan oleh Ibunya sejak kecil untuk membuat goal setting. Kesuksesannya sekarang tidak didapat secara cuma-cuma tetapi melalui proses yang panjang yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Percayalah akan kekuatan tulisan, kamu harus menuliskan mimpi-mimpi itu. 

2. Perbanyak baca buku dan menulis

Mahasiswa sedang mengerjakan tugas

Mahasiswa sedang mengerjakan tugas via http://news.okezone.com

Seorang mahasiswa itu harus cerdas, pendapat yang disampaikannya harus logis dan berdasar. Kamu harus menambah kekayaan pengetahuanmu dengan membaca buku.

Pengetahuanmu yang luas akan menuntunmu ke arah yang lebih baik. Selain membaca buku, seorang mahasiswa pun harus pandai menulis. Kemampuan menuliskan ide dan gagasan merupakan hal yang perlu kamu kuasai selama masa kuliah sebab di dunia pekerjaan atau saat kamu melanjutkan studi ke tingkat yang lebih tinggi, kamu akan dituntut untuk menulis ide dan gagasanmu dengan baik.

3. Perbanyak diskusi dan sharing

Governance Day: Menuju Forum KonkriT

Governance Day: Menuju Forum KonkriT via http://ipunpad.blogspot.co.id

Perbanyaklah diskusi dengan semua orang. Hal ini untuk menambah kemampuanmu dalam menganalisis suatu masalah. Gunakan waktumu untuk hal-hal yang bermanfaat dengan berbagi pengetahuan bersama setiap orang. Dengan diskusi akan menambah daya nalarmu dalam memecahkan suatu masalah. Kamu pun akan belajar tentang bagaimana caranya berpendapat dan menyampaikan gagasan serta bagaimana memahami dan menghargai pendapat yang disampaikan oleh orang lain.

4. Berorganisasilah dan kembangkan jaringan

Dahsyatnya Dampak Normalisasi Kehidupan Kampus

Dahsyatnya Dampak Normalisasi Kehidupan Kampus via http://print.kompas.com

Kalau kamu mempunyai ide dan gagasan tapi tidak dilaksanakan sama saja nilainya "nol besar". Kamu perlu berorganisasi untuk belajar tentang kebersamaan dan bagaimana sebuah ide serta gagasan itu dikerjakan secara bersama-sama. Sesuatu yang dilakukan secara sendiri-sendiri itu tidak akan bermakna apa-apa maka kamu perlu berhimpun atau beorganisasi supaya idemu itu bisa dikerjakan secara bersama dan mempunyai efek yang sangat luas.

Jangan jadi mahasiswa penyendiri. Perbanyaklah teman dari manapun, gunakan masa kuliahmu untuk menambah kerabat dari berbagai daerah. Soalnya, masa kuliah merupakan waktu yang pas untuk untuk menguatkan jejaring bagi kesuksesan kamu di masa depan. Selain itu, pengalamanmu selama beorganisasi selama kuliah akan menjadi bekal bagi persiapan dunia kerja nanti. Jadi, jangan sia-siakan masa kuliahmu, berorganisasilah dan kembangkan jaringan sebanyak mungkin.

5. Perkuat kemampuan bahasa asing

Kursus bahasa Inggris

Kursus bahasa Inggris via http://www.republika.co.id

Saat ini, mau tidak mau kemampuan berbahasa asing sangat penting sekali untuk menunjang kesuksesanmu. Era globalisasi menuntut kamu untuk bersaing bukan hanya dengan sesama anak bangsa Indonesia tetapi dengan warga negara di belahan dunia.

Salah satu cara untuk dapat bersaing dengan warga negara asing adalah dengan memperkuat kemampuan berbahasa supaya dapat berkomunikasi dan menyampaikan gagasanmu sehingga bisa diterima secara luas. So, mulailah dari sekarang untuk mengasah kemampuan berbahasa asing kamu. Tapi jangan lupa, bahasa Indonesia pun tetap penting juga, mari kita budayakan bahasa lokal yang ada di Indonesia!

6. Carilah seseorang yang selalu setia menemanimu sekalipun saat kamu menemui kegagalan

Pacaran Sekampus vs Beda Kampus

Pacaran Sekampus vs Beda Kampus via http://news.okezone.com

Kuliah pun merupakan waktu yang tepat untuk mencari seseorang yang dapat menemanimu melalui pasang surutnya kehidupan. Kehidupan memang tak selalu indah, kadang senang, kadang pula berurai air mata.

Kamu perlu seseorang yang tidak bosan mendukungmu walau masa kuliahmu sedang mengalami kesulitan. Jangan sia-siakan masa kuliahmu, kuliah bukan hanya tentang nilai saja tapi kuliah pun tentang belajar merawat hubungan kasih sayang dengan seseorang yang pantas bersamamu.

7. Jangan lupa, liburan pun tetap penting

Wisata Raja Ampat

Wisata Raja Ampat via http://www.initempatwisata.com

Namanya juga hidup, kadang bosan juga. Manfaatkan waktu senggangmu dengan baik untuk liburan bersama teman-temanmu. Gunakan momen berharga itu untuk mengakrabkan diri bersama teman-teman.

Kamu pun tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk berlibur. Jelajahi wisata yang ada di Indonesia, keindahan alam yang ada di bumi pertiwi ini memang tidak ada duanya. Belajarlah untuk mencintai negeri ini dengan merawat segala kekayaan alam yang terkandung di dalamnya.

8. Berdoa dan restu orang tua

bacaan-doa-untuk-kedua-orang-tua

bacaan-doa-untuk-kedua-orang-tua via http://webislami.com

Usahamu kadang tidak menemui hasil. Berdoalah kepada Tuhan, percayalah bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini termasuk kesuksesan kamu, merupakan anugerah yang Tuhan berikan.

Terakhir, kamu pun jangan jadi mahasiswa yang selalu bertengkar dengan orang tua. Restu orang tua sangat berpengaruh terhadap kesukesanmu, mintalah "keridhoannya" untuk selalu mendoakanmu supaya segera meraih kesuksesan.