Ya, masa muda merupakan waktu di mana kita sedang penuh semangat untuk melakukan sesuatu. Termasuk dalam hal mengejar mimpi. Keinginan atau impian-impian yang hadir di dalam diri bisa diwujudkan dengan berbagai cara. Memupuk impian dan mewujudkannya adalah sebuah keistimewaan yang dimiliki oleh kita, generasi muda. Usia muda haruslah digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan positif. Kegiatan yang dapat mendatangkan kebaikan bagi diri kita sendiri, lingkungan dan tentu saja bagi orang banyak.

Salah satu hal yang dapat kita lakukan untuk menggapai impian ataupun menyalurkan minat dan bakat yang kita miliki adalah dengan bergabung di komunitas. Komunitas secara bebas dapat diartikan sebagai wadah tempat berkumpulnya sejumlah orang dengan berbagai latar belakang yang berbeda, namun memiliki tujuan yang sama dalam meraih sesuatu.Banyak keuntungan yang dapat kita peroleh dengan bergabung di sebuah komunitas, diantaranya: 

 

1. Dapat Berkumpul dengan Teman-teman yang Memiliki Mimpi yang Sama

Kamu akan menjadi orang yang hebat

Kamu akan menjadi orang yang hebat via http://facebook.com

Ketika kita memiliki satu keinginan/harapan yang terus membuat kita terjaga di saat malam dan bersemangat ketika bangun di pagi hari, barangkali itu merupakan saat di mana kita menemukan apa yang menjadi mimpi kita. Tidak peduli mimpi itu sederhana ataupun besar, ia tetap akan menjadi mimpi selama kita tidak berusaha untuk mewujudkannya. Carilah seseorang atau berkumpul-lah dengan orang lain yang memiliki mimpi serupa, maka cepat atau lambat mimpi itu dapat menjadi nyata. Karena semangat dan tujuan yang dimiliki sama. 

2. Memperluas Jaringan Pertemanan dan Profesional

Bangun relasi dengan ketulusan

Bangun relasi dengan ketulusan via http://dictionary.com

Jangan pernah meremehkan seseorang yang baru kamu temui. Karena kita tidak pernah tahu hal hebat apa yang tersimpan di dalam dirinya. Banyak orang yang kehilangan kesempatan untuk membangun relasi karena meremehkan ataupun menganggap seseorang bukanlah orang penting. Setiap orang yang kita kenal di dalam kehidupan ini pada dasarnya memiliki mata rantai sosial dengan orang lain, yang tanpa kita sadari merupakan sosok yang dapat membantu kita untuk mewujudkan mimpi. Untuk itu hargailah setiap orang yang kita temui. Tapi dengan syarat kita juga harus menjadi orang yang tulus. 

Seperti pepatah lama, "Don't judge the book by it's cover!" coz you'll never know what a great story behind the things :) 

3. Belajar sambil Bermain

Keluarkan yang terbaik dari dirimu

Keluarkan yang terbaik dari dirimu via http://dictionary.com

Istilah belajar sambil bermain bukan hanya ditujukan bagi anak-anak yang dalam usia sekolah dasar. Namun juga bisa ditujukan kepada kita yang sedang berupaya untuk meraih mimpi. Komunitas pada dasarnya merupakan tempat untuk menimba ilmu dan sekaligus sebagai tempat bersenang-senang. Berkumpul bersama teman-teman dengan latar belakang, usia dan keinginan yang sama merupakan sebuah kesenangan tersendiri. Jadi, ini saatnya bagi kita untuk memanfaatkan waktu kita dengan seimbang. 

4. Semakin Menghargai Waktu

Waktu selalu milik kita

Waktu selalu milik kita via http://pinterest.com

Meskipun komunitas adalah sebuah organisasi semi-formal, namun ia juga memiliki aturan ataupun kesepakatan bersama yang harus dipatuhi oleh para anggotanya. Di antaranya yaitu persoalan jadwal maupun agenda rutin. Dengan menghargai waktu kita belajar untuk disiplin dan menjadi seseorang yang fleksibel. Pintar dalam mengatur waktu, maka kita dapat menargetkan kapan mimpi kita akan terwujud. Jangan tunda apa yang bisa kita lakukan hari ini! 

5. Menjadi Pribadi yang Kreatif dan Inovatif

What you can imagine is real

What you can imagine is real via http://facebook.com

Komunitas tanpa kita sadari merupakan wadah bagi kita untuk mengeluarkan ide-ide cemerlang yang kita miliki. Dengan dunia anak muda yang selalu berani menerima tantangan, maka tidak ada istilah "mati gaya", "mati ide". Karena di dalam pikiran dan hati kita masing-masing tersimpan kotak pandora yang siap dengan ide-ide dahsyat. Pablo Picasso pernah mengatakan "What you can imagine is real." Jangan ragu untuk mengeluarkannya untuk hal positif! 

6. Menemukan yang Terbaik dari Diri Sendiri

Temukan yang terbaik dari dirimu

Temukan yang terbaik dari dirimu via http://facebook.com

Dari semua manfaat atau keuntungan yang kita dapatkan dari bergabung dengan sebuah komunitas, dapat menemukan yang terbaik dari dalam diri kita merupakan keuntungan paling besar yang akan kita peroleh. Kita tidak pernah tahu seberapa besar kemauan, seberapa yakin akan ide yang kita punya, ataupun kemampuan kita untuk bisa memahami orang lain hingga kita berinteraksi, merancang mimpi dan mewujudkan impian itu bersama mereka. Tidak ada lagi kata ragu, tidak mampu ataupun rendah diri. Karena ketika kita bersama segala sesuatunya menjadi mungkin dan setiap hal yang kita jalani adalah sebuah kesenangan. Percayalah akan hal itu!

Penulis yakin teman-teman yang membaca tulisan ini dapat menambahkan manfaat lainnya dari bergabug di sebuah komunitas. Komunitas-komunitas yang ada bisa ditelusuri di daerah tempat kita tinggal ataupun dengan browsing melalui internet. Selanjutnya tinggal kemauan kita untuk mencari dan berkecimpung dengan sungguh-sungguh di dalam komunitas tersebut. (ADF)