Kadang pasti ada beberapa kebiasaan yang sudah kita lakukan dari kecil yang sulit untuk dihentikan. Bahkan dalam beberapa kasus, sangat aneh apabila kita tidak melakukan kebiasaan tersebut. Tapi ternyata, ada lho kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak kesehatan tubuhmu! Hah, kok bisa sih?!

Ada beberapa hal yang tidak selalu se gampang yang terlihat. Beberapa ada yang berbahaya, atau malah memperburuk. Nah, kebiasaan-kebiasaan ini adalah yang dapat memperburuk kesehatanmu lho, apabila tidak segera dirubah. Yuk, kita lihat:

1. Menyilangkan Kaki

menyilangkan kaki via https://www.google.com

Percaya atau tidak, kebiasaan ini ternyata dapat memperburuk tekanan darah, lho! Penelitian yang dilakukan oleh perusahaan makanan pada tahun 1999 di Amerika Serikat, menunjukkan bahwa menyilangkan kaki di lantai atau di kursi, dapat menyebabkan varises, hipertensi, bahkan kerusakan saraf!

2. Memakai Kaca Mata Hitam Kualitas Rendah

Kadang ada beberapa dari kita yang memilih kacamata hitam “abal-abal” hanya untuk sekedar gaya dipantai. Percaya atau nggak, sebenarnya ini salah banget lho! Kalau kacamata hitammu nggak mengandung sun protector, maka pupil matamu bisa membesar, dan berujung pada kebakaran retina. Sudah gitu, memakai kacamata hitam abal-abal ini akibatnya lebih parah daripada nggak pakai sama sekali. Haduh haduh!

3. Meminum Banyak Air Putih

Advertisement

Meminum terlalu banyak air memang tidak bagus, tapi tidak meminum sama sekali juga bukan hal yang baik. Kebutuhan air untuk tubuh tergantung dari individu tersebut.

Menurut beberapa peneliti, kalau kamu olahraga, bergerak atau bekerja banyak, maka meminum air putih adalah hal yang harus kamu lakukan. Tapi kalau kamu punya penyakit ginjal, atau penyakit kardiovaskular, maka disarankan minum air sedikit. Intinya adalah minum ketika hanya pada saat haus saja, kalau tidak jangan. Secukupnya saja, ya!

4. Menyiapkan popcorn di Microwave.

Sebenarnya masalah bukan di cara memasaknya, tapi bahan kandungan yang ada di jagung untuk popcornnya. Ada senyawa kimia yang bernama diacetyl, yang merupakan minyak sintesis dan perasa untuk popcorn. Ketika terkena panas, dia akan menguap, masuk ke paru-paru dan bisa merusaknya! Biar nggak kenapa-kenapa, coba deh dinginin dulu popcornnya, baru dimakan. Jadi sehat, kan?

5. Meminum Susu Rendah Lemak

minum susu via https://www.google.com

Kalau dilihat sekilas, sebenarnya sama seperti susu biasa hanya tanpa lemak. Padahal nggak, lho! Susu rendah lemak atau zero fat milk bahkan nggak sama kaya susu biasa. Ketika lemak diekstraksi dari susu, kandungan vitamin yang ada juga ikut terbuang, dan digantikan dengan bubuk susu, yang malah meningkatkan kolesterol di susunya. Belum ada penelitian pasti dari dampak zero fat milk di manusia, tapi ketika dicoba ke hewan ternyata dapat menyebabkan serangan jantung!

6. Makan Di Meja Kantor

Tahu nggak kalau sebenarnya, makan di meja itu ternyata nggak baik, lho, untuk kesehatan! Bakteri yang ada di mejamu dapat mengganggu pencernaan, bau makananmu bisa mengganggu kolega yang sedang bekerja disebelahmu. Bisa juga karena otakmu butuh istirahat, dan kalau kamu paksakan makan sambil bekerja, maka yang ada kamu tambah capek, dan bekerja nggak maksimal. Jadi usahakan untuk menggunakan waktu di kantor seefektif dan semaksimal mungkin, ya!

Nah, sudah tahu kan kebiasaan apa saja yang dapat merusak kesehatanmu? Mulai sekarang coba dikurangi yuk, biar kesehatan kita nggak memburuk di masa depan. Ingat kita masih muda, dan masih banyak yang harus kita raih. Jadi jangan sampai hanya karena kebiasaan ini menghalangimu untuk sukses, ya!