“Ma, kancing baju Papa lepas, padahal harus dipake buat rapat besok, gimana ?”

Mama, cicak makannya apa sih?”

Menjadi seorang Ibu memang ibarat bertransformasi jadi jenderal yang harus punya banyak keahlian. Mulai dari mengatur strategi keuangan keluarga, mengurus kebutuhan anak, sampai tak jarang harus jadi motivator atau psikolog handal demi menguatkan mental suami.

Tidak akan ada yang menyangkal bahwa tugas menjadi ibu memang tidak ringan, namun ini bukan alasan para cewek untuk menghindari kodratnya sebagai perempuan. Sebelumnya Hipwee pernah mengupas tentang kebiasan yang bisa kamu ubah dari sekarang untuk menjadi ibu yang hebat dimasa depan. Nah, sekarang Hipwee akan mengupas tentang bagaimana meningkatkan skill menjadi ibu yang terampil melalui hobi.

Selain bisa bermanfaat untuk keluargamu nanti, hobi juga bisa menjadi kenikmatanmu sendiri. Berikut ini Hipwee berikan 15 hobi yang bisa kamu geluti agar bisa menjadi ibu asyik  dimasa depan.

1. Jika kamu tidak ingin keluargamu bosan di rumah, mulai sekarang coba giati hobi menata ruangan

Mulai dekor kamarmu via www.popsugar.com

Advertisement

Sejauh apapun kamu pergi melancong, rumah adalah tempat yang selalu menarik diri kita untuk pulang. Maka dari itu membuat rumah menjadi nyaman untuk dihuni adalah wajib hukumnya. Maka, gak ada salahnya kamu mulai menggeluti hobi mendesain ruangan agar keluargamu nanti tidak akan bosan untuk tetap tinggal.

Mulai sekarang, cobalah mulai rajin menata ulang kamarmu sendiri. Belajar  bagaimana meletakkan barang agar lebih praktis dan enak dipandang. Manfaatkan pula barang-barang bekasmu sebagai perabot tambahan yang bisa mempercantik ruangan, seperti yang pernah Hipwee tuliskan di artikel ini. Menjalani hobi ini tidaklah sulit, kamu bisa coba aktif mencari inspirasi di media sosial atau website.

Memang untuk menjadi seorang ibu, kamu tidak harus se-profesional para interior desainer kondang. Tapi setidaknya hobi mendekor bisa membuatmu lebih lihai dalam membuat suasana baru tanpa perlu menyewa tenaga ahli.

2. Pakaian yang apik memang penting untuk disandang, dengan pandai menjahit kamu bisa menghemat banyak uang.

Pandai menjahit bisa menghemat banyak uang via kids.britannica.com

Pakaian terkadang bisa digunakan untuk menilai seseorang. Maka memastikan keluarga bisa menggunakan pakaian yang apik adalah tugas penting bagi para ibu. Gak mungkin ‘kan kamu membiarkan suamimu menggunakan pakaian yang itu-itu saja saat pergi kerja? Gak mungkin juga ‘kan kamu membiarkan seragam sekolah anakmu gak ganti selama bertahun-tahun? Maka kamu juga perlu memperbaharui pakaianmu setiap waktu, tapi gak harus beli baju mahal kok. Kamu bisa mensiasati dengan tekun menjahit sendiri.

Nah, jika kamu punya hobi menjahit dari sekarang, maka nantinya kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk menyandang baju yang apik. Belajar menjahit juga tidak susah, kamu cukup punya alat dan belajar dari blog atau media sosial yang menawarkan banyak sekali desain yang gampang diterapkan. Atau kamu juga bisa ikut serta dalam les singkat yang hanya butuh waktu 6 bulan. Bukan tidak mungkin kamu bisa lihai membuat kemeja. Setidaknya kamu paham bagaimana memasang kancing yang lepas atau memasang pita yang copot tanpa perlu menyuruh penjahit handal. Dengan begini, gak jarang kamu juga bisa menghemat pengeluaran. Mungkin saja, suatu saat nanti juga bisa jadi bisnis rumahan.

3. Seringkali banyak momen bahagia yang terlewatkan dalam rumah tanpa jepretan. Dengan pandai fotografi, kamu tidak perlu lagi bayar mahal untuk merekam semua kenangan.

Gak ada salahnya belajar fotografi via www.huffingtonpost.com

Terlalu banyak momen didalam rumah yang sering terlewatkan begitu saja. Maka foto atau video bisa merekan semua kenangan yang ada. Nah, jika kamu tidak ingin semua peristiwa di rumah berlalu begitu saja, kemampuan fotografi sangatlah bermanfaat. Mulai sekarang gak ada salahnya kamu mulai belajar bagaimana menggunakan kamera pocket dan DSLR. Bermain aplikasi fotografi yang bisa mempercantik hasil jepretanmu juga menarik untuk digeluti.

Momen indah ulang tahun anakmu bisa kamu abadikan sendiri. Perjalanan keluarga kalian juga tidak akan kekurangan dokumentasi. Selain itu, kamu bakal bisa menghemat banyak uang untuk mendapatkan album foto kenangan yang indah untuk dipasang sebagai dekorasi sekaligus memorabilia dalam rumah.

4. Terkadang menjadi ibu membuatmu tidak punya banyak waktu untuk menjaga berat badan. Hobi berenang bisa membantumu menjaga penampilan tanpa perlu banyak waktu di luar.

Lihai berenang? Gak ada salahnya via londonmumsmagazine.com

Dengan menjadi ibu itu artinya kamu akan disibukkan dalam banyak hal. Gak jarang hal ini bisa membuatmu menjadi lupa berolahraga dan menjaga penampilan. Jika kamu tidak tubuhmu membengkak setelah melahirkan, maka menggeluti hobi berenang sejak sekarang tidak akan membuatmu rugi. Berenang bisa membantumu untuk menjaga berat badan tetap seimbang, selain itu olahraga ini juga bisa dilakukan dalam kondisi apa saja dan kapan saja.

Tak hanya itu, Berenang adalah olahraga yang baik untuk anak-anak. Jadi, jika kamu lincah dalam olahraga ini, maka kamu tidak perlu membayar guru untuk mengajarkan anak-anakmu nanti. Siap menjadi ibu yang asyik? kamu bisa mulai belajar berenang mulai saat ini.

5. Ibu adalah sekolah pertama bagi anak-anaknya. Kamu wajib meluaskan wawasan dengan rajin membaca

Rajin baca buku yuk via imgarcade.com

Ma, cicak itu makannya apa? Gak capek ya Ma dia diem aja disana?

Selain ayah, seorang ibu juga sering menjadi tempat memecahkan keingintahuan anak. Gak jarang hal ini menuntutmu harus selalu siap dengan pertanyaan-pertanyaan polos anak-anak yang terkadang malah susah untuk dijawab. Kamu tidak mungkin mengelak jika memang ingin anakmu berkembang. Maka punya wawasan yang luas bisa menjadi modal untuk mencerdaskan anak. Menjadi ibu cerdas tidak harus lulusan universitas terkenal, tapi kamu bisa memulainya dengan hobi membaca.

Gak ada salahnya kamu mulai mengisi akhir perkanmu dengan membaca buku dan update pemberitaan terbaru. Kamu bisa membeli atau meminjam diperpustakaan. Dengan punya banyak wawasan, nantinya kamu tidak akan kesulitan untuk menjawab pertanyaan. Dan anakmu juga punya jaminan bahwa kamu cukup cerdas untuk menjadi guru pertamanya.

6. Kreatif membuat kerajian tangan bisa membuatmu memanfaatkan banyak hal tanpa perlu beli barang mahal.

Kerajinan tangan tidak akan membosankan via www.indiegogo.com

Menjadi ibu, itu artinya kamu harus bisa mengurus rumah. Gak jarang barang-barang bekas yang memenuhi gudang bisa membuatmu merasa suntuk. Atau waktu luang setelah mengurusi rumah juga kadang bisa membuatmu jemu. Maka, kemampuan membuat kerajinan tangan akan membuatmu selalu punya cara untuk memanfaatkan barang dan waktu luang.

Gak ada salahnya mulai sekarang kamu belajar berkreasi dengan barang-barang di kostan. Misalnya membuat hiasan dari koran bekas dan kalung manik-manik buatanmu sendiri. Tanpa perlu banyak uang, kamu juga bisa menggeluti hobi ini dengan belajar melalui media sosial atau website seperti Hipwee. Gak jarang, kamu juga tidak perlu beli barang mahal jika kamu ingin membuat aksesoris atau hiasan. Ketika kamu sudah punya hobi semacam ini, dijamin kamu tidak akan pernah merasa bosan ketika menjadi ibu rumah tangga nanti.

7. Dana belanja yang tidak terkontrol bisa jadi bencana. Mulai sekarang galakkan hobi window shopping dan penuhi hasrat belanja dengan membuat sendiri saja

Window shoping aja yuk via womentoday.com

Hobi belanja adalah hal yang tidak bisa terpisahkan bagi wanita. Ini semacam candu yang membuatmu selalu ingin melakukannya setiap minggu. Namun, jika kamu sudah menjadi ibu, hobi belanja yang berlebihan bisa jadi bencana. Nah, gak ada salahnya mulai sekarang kamu memanfaatkan hasratmu jalan-jalan di mall untuk mendapatkan ide. Window shoping atau hanya melihat-lihat barang bisa membuatmu terpancing untuk mendapatkan ide kreatifmu.

Gak ada salahnya kamu tetap jalan-jalan keliling gerai belanja andalanmu. Tapi kali ini cobalah pulang dengan tangan kosong, namun bawa ide untuk meniru. Kamu bisa minta tolong penjahit untuk membuat baju dengan desain yang sama dengan merek kesukaanmu. Kamu bisa minta tolong pengrajin kulit lokal untuk membuat desain tas merek Jerman kesukaanmu.

Dengan menggiati hobi ini, kamu bisa lebih menghemat banyak uang. Dan bukan tidak mungkin, jika suatu saat nanti kamu bisa menjadi seorang wanita mandiri yang bisa menciptakan produk sendiri. Siapa tahu?

8. Menjadi ibu artinya kamu punya tanggung jawab agar rumah selalu nyaman untuk dihuni. Maka pandai berkebun bisa membuat rumahmu tidak pernah gersang untuk disinggahi.

Menghangatkan keluarga dengan berkebun via winhealthplans.com

Tanggung jawab seorang ibu tidaklah ringan. Selain mendidik anak kamu juga dituntut untuk bisa mengurus rumah. Dari mulai urusan kebersihan sampai keindahan tempat tinggal. Namun karena kesibukan seringkali orang lupa untuk mengurusi halaman depan rumah. Agar rumahmu tidak gersang dan kepanasan, gak ada salahnya kamu coba belajar berkebun dari sekarang.

Hobi berkebun bisa kamu geluti dengan belajar dari website ataupun ikut komunitas. Kamu coba mulai dari kebun kecil semacam terrarium sampai merawat bunga di depan kamar kosan. Kegiatan diluar ruangan semacam berkebun juga bisa menjadi media untuk menghangatkan suasana keluarga di akhir pekan lho. Jadi jika kamu mulai sekarang sudah paham bagaimana menanam, maka di masa depan kamu bisa ajak anak dan suami untuk memanen buah dan menyiram bunga di halaman rumah. Bakalan lebih asyik ‘kan kalau keluargamu nanti bisa merawat kebun bersama di akhir pekan?

9. Bermain musik bisa meriangkan hati dan meningkatkan kecerdasan anakmu. Mulai sekarang jangan ragu untuk memainkan instrumen kesukaanmu

Bermain musiklah via aprilliantianandag.blogspot.com

 Life is one grand, sweet song, so start the music – Ronald Reagen

Musik adalah pemanis hidup. Gak jarang saat kamu bosan, musik bisa menghilangkan itu semua. Saat kamu sedih, musik juga bisa membuatmu lebih jadi bersemangat lagi.

Selain itu, musik juga bisa meningkatkan daya pikir dan kecerdasan anak lho. Nah, jika kamu ingin menjadi ibu yang asyik buat anak-anakmu nanti, maka gak ada salahnya kamu mulai belajar bermain musik. Kamu bisa belajar gitar, piano, biola, drum dan alat musik lainya. Jika kamu sudah lihai, kamu bisa mengajari anakmu bermain musik agar kreatifitas terangsang dengan baik.

Kamu bisa bayangkan kan, betapa asyiknya kalau kalian bisa isi akhir pekan dengan bermain musik bersama?

10. Kata siapa menjadi ibu itu menghalangi kreativitas? Hobi scrapbook bisa menantang sisi kreatifmu sebagai seorang perempuan lho.

Scrapbook juga bisa jadi lahan bisnis lho via cjanitraw.blogspot.com

Jika nanti kamu menjadi ibu rumah tangga, maka gak ada salahnya mencoba menggeluti hobi yang bisa kamu lakukan didalam rumah sambil menjaga anak– salah satunya adalah membuat scrapbook. Hobi merangkai gambar, tulisan, dan kata dalam sebuah buku dengan tema bebas memang sudah banyak digeluti para kaum wanita. Hobi ini juga cukup efektif bagi kaum ibu untuk mengikutsertakan anak agar ikut di dalamnya. Mengajarinya memasang  kertas warna-warni dan membuat album foto sendiri juga sangat menarik untuk meningkatkan kreativitasnya.

Gak ada salahnya kamu mulai mencoba merangkum foto-foto dengan pacarmu dari sekarang dalam satu buku yang dipenuhi dengan cerita kalian, hal ini akan lebih menarik untuk menyimpan kenangan. Gak sedikit para wanita yang juga bisa sukses berbisnis hobi semacam ini lho. Mau coba? kumpulkan kertas dan foto-fotomu sekarang juga!

11. Menjelaskan sesuatu pada anak lebih mudah dengan visualisasi. Hobi menggambar bisa membuatmu jadi penutur yang lebih ahli.

Menggambar bisa jadi modal untuk mengajar via www.huffingtonpost.com

Menjadi ibu, itu artinya kamu harus siap dengan berbagai pertanyaan yang tidak terduga. Sayang, penjelasan lewat kata-kata kadang tidak mudah dicerna. Justru sebagian besar anak juga lebih mudah untuk menyerap pengatahuan dari media visual. Nah, kemampuan menggambar bisa membantumu untuk mempermudah dalam menjelaskan sesuatu.

Saat nanti anakmu bertanya bagaimana rupa belalang yang sudah jarang bisa ditemui di halaman rumah, goresan gambar sederhana bisa menjelaskannya. Jika kelak anakmu minta dijelaskan tentang perang dunia 2 yang ia rasa membosankan jika dipelajari lewat buku sejarah — kamu bisa menggambarkan mind map yang menarik untuknya.

Mulai sekarang gak ada salahnya untuk belajar menggambar dari berbagai media. Karena hobi menggambar akan mendatangkan keuntungan tersendiri untuk pendidikan anak-anak. Kamu bisa leluasa menjelaskan apa saja dengan cara yang lebih mudah dicerna. Gak heran jika nantinya, anakmu bisa ketagihan dengan ilmu yang diajarkan oleh ibu yang asyik sepertimu.

12. Merajut itu kadang memang membosankan, tapi ini justru ampuh untuk melatih kesabaran.

Merajut bisa melatih kesabaran via www.sheknows.co.uk

Ibu yang baik adalah ibu yang sabar menghadapi banyak hal. Jika kamu tidak dibekali sabar, gak jarang kamu menjadi rentan dengan rasa stres saban hari. Untuk membekali diri, kamu bisa coba menggeluti hobi merajut. Merajut memang kadang terasa membosankan, namun gak jarang aktivitas ini bisa melatih kesabaran. Bayangkan saja, membuat sebuah kaos kaki sederhana saja kamu perlu ekstra cermat agar benang tidak salah masuk. Untuk membuat cardigan mungkin kamu juga butuh waktu berminggu-minggu. Cara ini bisa ampuh untuk melatih ketelatenanmu nanti sebagai seorang ibu.

Menggeluti hobi ini juga gak perlu banyak uang kok, kamu cukup beli jarum dan benang, lalu ikut kursus singkat atau minta diajarin teman. Gak heran kalau kamu juga bisa memanfaatkan setiap waktu luang dengan membuat karya yang bisa kamu gunakan untuk keluargamu. Mau coba? Bergegaslah mencari tutorial yang sangat banyak jumlahnya.

13. Jangan biarkan keluargamu nanti hanya terkukung dirumah. Hobimu mengajak mereka jalan-jalan bisa lebih mengeratkan hubungan.

Ajak mereka camping via maternityandinfant.ie

Kamu ingin menjadi ibu yang asyik buat keluargamu? Maka melakukan perjalanan juga bisa menjadi pilihan untuk membuat suasana baru. Melakukan perjalanan juga bisa mempererat hubungan satu sama lain. Maka menggeluti hobi traveling dari sekarang sangatlah bermanfaat untuk kehidupanmu dimasa depan. Dengan begitu kamu lebih terbiasa tentang bagaimana berburu tiket murah, bagaimana merencanakan perjalanan dalam waktu singkat, bagaimana mengatasi masalah selama perjalanan. Sehingga nantinya kamu menjadi manager rumah tangga yang ahli mengatur masa liburan.

Hobi traveling juga bisa membuatmu menjadi ibu yang lebih terbuka dan menambah kepekaan anak pada lingkungan lho. Tunggu apalagi, saatnya kamu keluar untuk bepergian.

14. Walau memasak bukan sebuah keharusan, tentu akan lebih menyenangkan jika anakmu kelak memakan hidangan yang kamu buat dengan tangan

Pandai memasak? apa salahnya? via wdevents.net

Wanita bisa masak memang bukan keharusan. Kamu bisa memesan makanan enak diluar. Atau kamu bisa menyuruh orang untuk masak buat keluargamu. Namun, dibalik itu semua siapa sih yang gak suka makan masakan ibu sendiri. Gak sedikit orang yang selalu ketagihan dengan masakan rumah meskipun tidak selezat restoran mahal. Tanpa perlu beli makanan diluar, biarkan keluargamu mencicipi masakan hasil olahanmu sendiri. Hal ini bisa memperat jalinan kasih kalian lho.

Maka gak ada salahnya kamu coba belajar masak dan menggeluti hobi ini. Mulai saja dari masakan-masakan yang sederhana. Kamu bisa belajar dari buku resep yang kamu kamu dapatkan dengan harga murah. Atau gunakan media sosial untuk menggali resep-resep spesial. Gak jarang masakanmu bisa menjadi magnet bagi seluruh anggota keluarga. Gak mau dong kalau kamu kalah sama cowok yang sekarang justru makin banyak pandai masak.

Nah, sudah jelas ‘kan. Ini hanyalah 14  dari sekian banyak hobi yang membuatmu menjadi ibu yang lebih asyik di masa depan. Karena menjadi ibu adalah tugas yang spesial buat para wanita, maka gak ada salahnya kamu menyiapkan ketrampilan jauh-jauh agar bisa menjadi ibu yang spesial buat keluargamu nanti.

Semoga kelak masa depanmu sebagai seorang Ibu bisa berjalan dengan menyenangkan!