Setiap orang pernah merasa dirinya gagal. Kuliah terhambat, skripsi mentok, susah cari kerja, dan masih banyak kejadian lain yang bikin kamu down. Tapi sebenarnya, nasib kamu gak seburuk itu, kok. Ini hanya masalah kapan keberhasilan itu datang dan dari sudut mana kamu melihat keberhasilan. Bagi Hipwee, ini dia 20 tanda-tanda bahwa hidupmu sudah ada di jalur menuju keberhasilan itu:

1. Kisah Cintamu Gak Sedramatis Dulu Lagi

Less drama via www.lifehack.org

Pacaran yang penuh drama, a.k.a. lebay, adalah tanda kamu belum dewasa. Kalau sekarang kamu udah lebih terbuka dalam menyampaikan penghargaan ke pasangan, bisa menghindari pertengkaran di depan publik, dan nggak lagi sepencemburu dulu, tandanya kamu udah sukses dalam menjalani hubungan.

2. Kamu Gak Malu Lagi Meminta Bantuan

Tidak Segan meminta tolong via th00.deviantart.net

Minta tolong itu bukan pertanda bahwa kamu lemah. Bahkan, itu adalah kekuatan. Untuk sukses kamu butuh orang lain yang mau berkerjasama dengan kamu. Nggak sungkan minta tolong merupakan bentuk kedewasaan kamu sebagai manusia, karena artinya kamu mau memberikan kesempatan orang lain untuk mendapatkan pahala.

3. Standard Kamu Meningkat

Advertisement

Higher Standard via i.huffpost.com

Gak ada lagi toleransi untuk perilaku buruk baik dari orang lain maupun dari kamu sendiri. Di mata kamu, semua harus memiliki tanggung jawab. Kamu gak mau buang waktu meladeni orang yang kerjanya cuma main-main. Kamu nggak lagi mau menjadi keset yang diinjak-injak.

4. Kamu Mencintai Dirimu

Self-love via www.brendawaworga.com

Ini nggak sama dengan perilaku narsis. Narsis itu menganggap diri sendiri lebih baik dari orang lain, karena nggak mampu melihat kekurangan diri sendiri. Mencintai diri sendiri adalah usaha untuk menerima pribadi kita apa adanya, walaupun diri ini selalu melihat kekurangannya.

Mencintai diri sendiri adalah bentuk keberhasilan. Dengan ini, kamu akan berani untuk bilang “Tidak!” kepada hal yang bikin kamu sedih, kesal, atau sulit berkembang.

5. Kamu Bisa Menghargai Diri Sendiri

Kamu luar biasa hari ini. Good Job. via photo.elsoar.com

Idealnya, kamu harus bangga tiap kali bercermin. Hargai dan apresiasi orang yang kamu lihat di cermin itu. Jika kamu sudah bisa mengapresiasi diri, maka itu adalah kesuksesan. Hargai dirimu, karena kamu luar biasa.

6. Telah Belajar Dari Kesalahan Dan Kegagalan

Pelajari apa yang salah via www.lifehack.org

Gak ada orang yang 100% selalu sukses dan bahagia dalam hidupnya. Lihatlah kekalahan sebagai pelajaran, dan selalu berusaha memerbaiki apa yang salah dari perilakumu. Kalau kamu bisa belajar dari masa lalumu, artinya kamu sudah berada di jalur yang tepat.

7. Memiliki Orang Yang Selalu Mendukungmu

Ada yang selalu mendukungmu via www.lifehack.org

Jika kamu sudah mendapat orang yang benar-benar selalu mendukungmu, maka kamu sudah berada di jalan menuju keberhasilan. Maka, pertahankanlah teman-temanmu sekarang, hargai mereka yang ada disana tanpa berpura-pura. Jauhi orang-orang yang berpotensi menusukmu dari belakang, atau mengekangmu dari kemajuan.

8. Kamu Udah Gak Banyak Mengeluh

Gak ada yang dikeluhkan via www.lifehack.org

Karena gak ada bahan untuk mengeluh. Orang-orang sukses sadar bahwa berhasil dan gagal adalah dua hal yang lumrah. Dan mereka hidup penuh dengan rasa bersyukur.

9. Kamu Bisa Bahagia Atas Kesuksesan Orang Lain

Ikut Senang ketika orang lain berhasil via cdn-media-1.lifehack.org

Orang lain meraih kesuksesan, bukan berarti kamu gagal. Beri selamat kepada mereka yang berhasil duluan. Semakin banyak energi positif yang kamu berikan untuk orang lain, semakin terpacu juga kamu untuk menjadi sukses.

10. Menjalankan Passion

Doing What You Love via www.ozbizdirect.com.au

Kamu gak cuma jalan di tempat karena kamu punya talenta dan bakat. Jadi kamu jalanin bakat itu, bukan cuma untuk pamer doang.

11. Selalu Punya Tujuan Untuk Dikejar

Selalu ada tujuan via www.21stcenturynews.com.au

Orang sukses memiliki tujuan yang mereka kejar dengan semangat. Semangat ini yang mereka gunakan untuk terus hidup. Jika kamu gak punya sesuatu untuk dikejar, maka kamu akan pelan-pelan menua dan mati dari dalam.

12. Beberapa Tujuanmu Udah Kesampaian

Beberapa diantaranya sudah tercapai via www.lifehack.org

Walaupun kamu belum kenyang makan asam garam kehidupan, beberapa impianmu sudah menjadi kenyataan. Kamu udah menyicipi manisnya kemenangan, dan kini terpacu untuk meraih lebih.

13. Kamu Punya Empati

Menyayangi semua orang via www.handupaustralia.com

Orang yang gak punya empati sama aja kayak zombie, gak punya jiwa. Orang yang sukses selalu menyebarkan kasih sayang dan energi positif untuk orang di sekitarnya. Mereka menyayangi orang lain layaknya saudara sendiri.

14. Kamu Mencintai dan Dicintai Orang Lain

Mencintai dan DIcintai via www.google.co.id

Cinta emang sangat berisiko, bahkan menakutkan bagi sebagian orang. Tapi jika kamu mau membuka hati untuk mencintai dan dicintai, maka kamu termasuk orang yang sukses.

15. Kamu Gak Mau Menyerah

Gak gampang menyerah via www.lifehack.org

Orang sukses selalu percaya bahwa hanya dia yang bisa mengubah nasibnya, berkat kerja keras. Mereka menolak untuk ditundukkan oleh takdir. Mereka bangkit dan menguasai takdir.

16. Kamu Gak Peduli Apa Kata Dunia

Apa kata dunia? Aku gak peduli via www.lifehack.org

Gak semua orang akan senang dengan kamu, dan kamu tahu itu. Kamu juga paham kalau standard yang ada di masyarakat selalu berubah dan kadang gak realistis. Jadi kamu tetap jadi diri kamu tanpa peduli apa kata mereka.

17. Kamu Selalu Mencari Hikmah Dari Kegagalan

Belajar dan Belajar via www.linkedin.com

Ada yang kecewa lalu menyerah namun, orang sukses selalu mengambil hikmah dari kegagalan. Kegagalan adalah kesempatan belajar.

18. Kamu Menerima Perbedaan

Tiap orang itu unik via www.lifehack.org

Akui saja, banyak hal yang gak bisa kamu ubah. Semua orang punya pendirian masing-masing, dan ini bisa berbeda satu sama lain. Ketika kamu sudah bisa menghargai perbedaan, itu tanda kamu termasuk orang yang sukses.

19. Lalu Kamu Buat Perbedaan

Buat perbedaan via www.lifehack.org

Tapi akui juga, ada banyak hal yang bisa kamu ubah di dunia ini. Orang suskses gak hanya duduk berpangku tangan di rumah. Mereka keluar dan buat perbedaan.

20. Kamu Bahagia

Are You Happy? via www.lifehack.org

Bahagia merupakan definisi kesuksesan yang paling hakiki. Gak peduli berapa besar saldomu di bank, segede apa rumahmu, atau seberapa mewah liburanmu. Tapi jika kamu gak bahagia, kamu belum sukses.

Walaupun belum seluruh 20 tanda-tanda sukses ini kamu capai, jangan berkecil hati dulu. Berbahagialah, karena kamu udah bisa mencintai diri sendiri. Perlahan-lahan, semua akan kamu capai.