Sendirian dan gak ada kerjaan, ujung-ujungnya bisa membuatmu mati gaya. Kamu bisa aja menghugungi teman-teman buat jalan, tapi kalau (kamu gak punya teman) mereka sibuk gimana? Masa kamu ingin hura-hura tapi malah ngerepotin orang lain? Nah, sebelum kamu putus asa dan memvonis dirimu gak bisa bersenang-senang tanpa kehadiran orang lain, sebaiknya kamu coba kegiatan-kegiatan di bawah ini dulu. Nanti kamu akan mengerti kalau bersenang-senang itu kadang lebih asyik saat kamu nikmati sendiri.

1. Bawa kameramu jalan-jalan keliling kota

Jalan-jalan sama kamera via shop.lomography.com

Ambil salah satu kamera yang kamu punya, kamera ponsel juga boleh, bawa keluar rumah untuk hunting sudut-sudut kota yang kamu anggap menarik. Gak hanya bangunan dan jalanan kamu juga bisa mengambil gambar aktivitas orang-orang yang kamu temui. Seniman jalanan, orang yang lagi bawa anjingnya jalan-jalan dan aktivitas lain akan jadi objek menarik buat difoto.

Dari sekian banyak foto, pilih yang menurut paling menarik. Tuliskan cerita dibalik foto itu lalu bagikan di jejaring sosial yang kamu miliki. Sekali-kali gak mengunggah selfie ‘kan seru.

2. Bongkar koleksi majalah lama, bikin kolase suka-suka

Be crafty via arteascuola.com

Advertisement

Udah waktunya tumpukan koran dan majalah bekas di rumah kamu dimanfaatkan. Bukan cuma dijual ke tukang loak, kertas warna-warni dan font keren dari majalah bisa kamu gunting, kliping, dan disatukan ke sebuah kolase. Hindari bikin kliping yang serius kayak tugas kuliah, bikin sesuka kamu aja. Foto Miley Cyrus didandani dengan baju tradisional, why not? Cristiano Ronaldo dengan susunan huruf bertuliskan “Drama Queen” juga boleh.

Setelah kolase selesai, gantungkan di dinding kamar. Sudah waktunya didinding lusuh itu diberi dekorasi yang sedap dipandang mata.

3. Daripada nongkrong ke mall, mending kamu ke perpustakaan

Nongkrong di perpus via id.wikipedia.org

Siapa bilang perpustakaan itu tempat yang membosankan? Coba pikir lagi, emang di mall kamu bisa seenaknya mengambil barang dengan gratis? Kadang buat pipis aja kamu mesti bayar. Di perpustakaan kamu bisa mengambil pengetahuan secara cuma-cuma. Gak hanya buku, perpustakaan modern sekarang telah melengkapi koleksinya dengan komik, film `dan musik.

4. Bikin film pendek. Bintang filmnya? Ya, kamu sendiri

Home-made James Bond via www.funnyordie.com

Makin canggihnya kamera pada pada ponsel pintar memungkinkan kamu merekam dan menyunting sendiri video berdurasi cukup panjang. Dengan bantuan tripod, atau letakkan saja di atas meja, kamu bisa membuat film pendek karya sendiri. Gak perlu muluk-muluk, bikin aja cerita horor atau komedi sederhana. Karena sendirian, kamu bisa bebas berekspresi memerankan berbagai karakter rekaanmu. Rekam dan sunting sendiri. Hasilnya gak keren? Siapa yang peduli ‘kan kamu cuma mau bersenang-senang.

5. Sudah pernah coba menulis kreatif? Siapa tahu kamu berbakat

Coba menulis via teeritz.blogspot.com

Ada beberapa bentuk penulisan kreatif yang bisa kamu coba diantaranya cerita pendek atau mungkin puisi. Jika kamu belum pernah mencoba barangkali kamu akan kaget kalau ternyata kamu punya bakat. Bikin sesuatu yang ringan, lucu, jujur dan sedikit aneh, karena tulisan yang serius udah terlalu banyak di luar sana. Agar makin seru bagikan hasil tulisanmu melalui email ke teman-teman atau blog dengan nama samaran. Lalu jadi terkenal karena karya-karya konyolmu.

6. Berbuat baik pada orang lain akan membuatmu bahagia

random act of kindness via renungankatolik.blogspot.com

Berbuat baik dengan membantu meringankan beban orang bakal bikin perasaan kamu lega serta gembira. Dan pastinya yang ditolong pun jadi senang. Bantu ibu-ibu yang kesulitan membawa belanjaannya, ikutan dorong mobil yang mogok, atau sekedar tersenyum pada orang yang kamu temui di jalan. Perbuatan kecil semacam itu akan membuat kamu menjadi positif, membangkitkan mood, dan akhirnya kamu sendiri yang merasakan manfaatnya.

7. Ramah pada semua orang dan bikin pertemanan baru

Buat teman baru via www.glamour.com

Jangan sedih kalau teman-temanmu sibuk semua, bukankah gak ada yang namanya larangan berteman dengan orang baru? Ketika sendirian di kafe atau kantin kampus, coba mulai percakapan dengan orang yang belum kamu kenal. Bersikap ramah dan mau mendengar akan menambah hubungan pertemanan kamu. Dari percakapan singkat seperti itu mungkin kamu akan menambah satu atau dua pengetahuan baru.

Kamu : Sorry, tahu gak kenapa rasa kopi di sini jadi beda dari biasanya?

Teman baru : Oh, karena barista-nya baru ganti, mas.

Kamu akan takjub jika menyadari bahwa pengetahuan, ilmu atau informasi bisa datang dari mana aja.

8. Ikuti pertemuan atau kelas gratis, duduk dan dengarkan

Duduk dan dengarkan via www.scmp.com

Dari buletin baik online maupun cetak yang tersebar di kampus dan tempat umum kamu bisa menemukan jadwal pertemuan, seminar, kuliah atau kelas-kelas kemahiran yang sedang berlangsung di kotamu. Pilih gathering yang menurutmu sesuai dengan seleramu. Kalau mau sedikit menantang, coba hadiri sesuatu yang baru dan belum pernah kamu jamah sebelumnya, seperti kelas membuat cosplay dan sebagainya. Datang dan duduk, buka mata dan telingamu lebar-lebar serta tutup mulutmu dengan rapat. Serap sebanyak mungkin ilmu yang bisa kamu dapat, tanpa harus mengganggu peserta lain yang lebih serius.

9. Menyaksikan event olahraga langsung di arena

Rasakan atmosfirnya via www.maupromo.in

Idealnya, Hipwee akan menganjurkan kamu untuk berolahraga tapi kali ini coba menjadi penonton yang baik di arena olahraga. Cari informasi mengenai perlombaan atau pertandingan yang ada di sekitarmu. Mulai dari liga basket nasional samapai ke turnamen sepak bola antar kampung, semuanya tontonan yang menarik selama kamu bisa merasakan atmosfir, gairah serta semangat yang dipancarkan atlit dan penoton lain. Harapannya sih, kamu jadi lebih semangat buat olahraga juga nantinya.

10. Daripada bengong di rumah gak ada salahnya kalau kamu main ke museum

Museum kini gak sekaku dulu via ceritasimellon.blogspot.com

Apa kamu tahu ada sebuah tempat yang menjadi salah satu gudang pengetahuan bernama museum? Jika kamu belum pernah ke museum sebelumnya, mungkin sehabis membaca artikel ini adalah waktu yang tepat. Jika udah pernah, gak ada salahnya kan ke sana lagi? Daripada bengong aja sendirian di rumah, mending kamu main ke museum. Kini museum gak melulu soal bangunan tua berisi barang-barang tua. Udah banyak kok museum yang didandani supaya gak kalah seru dengan taman hiburan. Bahkan bukan gak mungkin kalau kamu bisa menemukan museum yang dilengkapi taman hiburan sekalian. Jadi kamu bisa nambah ilmu sekaligus have fun. Kurang apa lagi coba?

Selain kegiatan-kegiatan diatas kamu juga bisa travelling sendirian, terjun ke program sosial dan menjadi relawan, mengunjungi kebun binatang dan masih banyak kegiatan seru dan positif lainnya yang bisa kamu pikirkan. Tujuannya agar pikiran dan tubuhmu gak ‘kosong’, gak idle. Lagipula buat apa meratapi kesendirian kalau sebenarnya sendiri itu punya manfaat bagi kamu dan orang lain.