Kebanyakan anak muda berpikir bahwasanya masa muda adalah masanya bermain-main dan bebas merdeka dari peraturan. Wajar sih, namanya juga anak muda, berapi-api. Begitu juga dengan Bayu Skak, seorang Youtubers Indonesia. Sedikit berbeda dengan anak muda lainnya, Bayu si Arek malang ini sukses dengan cara yang nggak biasa. Berawal dari bermain-main, pada akhirnya Bayu Skak bisa sukses seperti sekarang. Main film, iklan, jadi pembawa acara dan lain-lain adalah kegiatan Bayu Skak setiap hari. Dulu? Dia cuma remaja tak tentu arah yang hobinya main game sampai pagi.

Nah, kemarin Bayu Skak menceritakan kisah inspiratifnya sama Hipwee lho. Kisah suksesnya bisa bikin kamu terinspirasi untuk mengejar kesuksesan selagi muda. Penasaran? Yuk simak kisah inspiratif Bayu Skak :

SKAK itu artinya Sekumpulan Arek Kesel, anak yang capek. Sewaktu sekolah kita emang capek, capek bikin tugas-tugas sekolah

Dulu bikin video terus upload di Youtube cuma iseng, eh ternyata banyak yang suka

Bayu skak dulu bukan siapa-siapa via www.instagram.com

Bayu Skak bercerita, awalnya, SKAK sendiri adalah grup pertemanan 6 orang di sebuah SMK jurusan animasi di kota Malang. Karena bosan dengan banyaknya  tugas-tugas sekolah, akhirnya kami bikin video lucu-lucuan, Kemudian video-video tersebut diunggah ke Youtube. Ternyata banyak yang suka. Keterusan deh sampai sekarang. Menurut Bayu Skak, keisengannya berbuah hasil. Dia tidak menyangka kalau buah dari isengnya itu bisa bikin orang ketawa karena tingkah lucu video-video mereka.

Saya mulai merekam video dari kamera handphone. Nggak langsung kamera bagus kayak sekarang. Semua butuh proses.

Advertisement

Halo rek! via www.instagram.com

Saya ini dari background keluarga yang biasa-biasa saja, kaya raya pun enggak. Tapi, kalau biaya untuk pendidikan itu ada. Gitu juga saat saya memulai semua ini, saya merekam video dari kamera handphone, nggak langsung camera bagus, semua butuh proses. Walaupun kameranya jelek saya tetap berkarya, kalau nggak gitu ya enggak jalan-jalan. Banyak yang bilang, ‘’Aduh, aku pengen bikin video tapi kameraku jelek’’ Ya kalau ngeluh gitu terus enggak akan maju-maju.

Sebelum semuanya berubah seperti ini, viewers videoku sepi. Yang rekam aku sendiri, yang ngedit aku sendiri, yang nonton juga aku sendiri, kasihankan?

Sejatine, urip kuwi mung mampir mangan, ngombe, lan makaryo. –Bayu skak

Dulu itu, aku merangkak dari nol. Nggak langsung mbledos kayak sekarang ini, segala sesuatu yang instan pasti akan hilang. Kalau aku dulu memulainya dengan merangkak perlahan, tapi setiap karyaku harus maksimal.

Video-videoku dulu, aku rekam sendiri, edit sendiri, sampai nonton-nonton sendiri. Kasiankan?

Berbagai cara aku lakukan agar orang bisa ingat Bayu Skak, salah satunya bikin konsep video yang mirip kayak video youtuber luar negeri. Banyak yang mencaci, tapi strategi pemasaranku akhirnya berhasil. Dari situlah awalnya orang mulai tahu Bayu Skak.

”Jangan berkecil hati, meskipun kamu bikin video pakai bahasa Jawa terus kamu gak iso terkenal, lha, buktine aku iso, kok koe ora iso?”

Bayu gamers! via www.instagram.com

Karena aku asli Malang, dan biasanya ngomong bahasa Jawa, aku bikin video pakai bahasa Jawa. Kebanyakan youtubers kan dari Jakarta. Nah, aku bikin yang beda, dimulai dari bahasa. Ingat. Jangan berkecil hati meskipun kamu bikin video pakai bahasa Jawa, terus kamu nggak iso terkenal, lha, buktine aku iso, kok koe ora iso?

Halo rek! Ketemu lagi karo aku, Bayu skak di channel youtubeku! Piye kabare rek?

Bayu Skak mengajarkan kita untuk berpikir terbalik. Whatever you think, think the opposite. Untuk mencapai sesuatu nggak perlu harus ikut-ikutan orang lain, jadi berbeda bisa juga kok terkenal. Buktinya, Bayu Skak bisa. Kamu harus coba berpikir hal yang sama kayak Bayu Skak, berpikir kreatif.

Saat ini, Bayu Skak adalah seorang Youtubers terkenal. Andaikata Bayu Skak bukan seorang Youtubers, dia jadi apa?

Koe mau dadi opo rek? via www.instagram.com

Mungkin kamu tahu, selain seorang Youtubers. Bayu Skak juga pemain film dan iklan. Hipwee sempat bertanya pada Bayu Skak, andaikata Bayu Skak bukan seorang Youtubers, dia jadi apa? Dengan lantang Bayu menjawab

Jadi anak kuliahan yang suka main game sampai pagi di rumah

Sejatinya, Bayu Skak adalah anak yang sama seperti anak lainnya, hobi main game dan ngumpul-ngumpul sama temannya. Yang membedakannya dengan anak remaja lainnya adalah… dia membuat sebuah karya.

Pesan Bayu Skak untuk anak muda Indonesia agar bisa sukses dengan cara yang nggak biasa.

Berkaryalah! via www.instagram.com

Untuk anak muda Indonesia, jangan pernah takut untuk gagal, jangan takut untuk kalah. Kalian punya apapun harus start dari sekarang. Dulu, aku kepengen bisa jadi sesuatu yang dilihat orang lain, ya udah aku berkarya. Mau jadi apapun kamu ya harus berkarya. Dari medium apapun kamu, entah musik, film, video, yang penting karyamu bisa membuat orang di sekitar kalian senang dan menguntungkan banyak orang

 Jangan menyerah dan jangan takut gagal

Bayu Skak adalah salah satu anak muda Indonesia yang memilih jalan sukses melalui video. Merangkak dari bawah dan pada akhirnya mendulang sukses seperti sekarang. Kerikil-kerikil kecil dalam perjalanan menuju kesuksesan seperti diremehkan, dianggap sampah, dikucilkan adalah hal biasa. Tapi, baginya, apapun pekerjaan atau hobimu, berkarya itu penting. Dan, Bayu Skak sudah membuktikannya

Untuk kamu, mulailah berkarya dari sekarang, jangan menunggu nanti. Kesuksesan tidak akan datang dari pemuda yang hanya duduk diam tanpa mengerjakan apapun, tapi dari pemuda yang gigih mencapai kesuksesan, selagi muda menganulah. Oke, selamat berkarya!