Kabar meninggal Chester Bennington, vokalis dari grup yang beraliran rock asal California ini memang mengejutkan. Bagi kamu yang turut tumbuh bersama lagu-lagu Linkin Park jelas merasa kehilangan. Tapi biarpun sang vokalis pergi, hasil karyanya masih bisa dinikmati sampai saat ini. Malah beberapa lagu di antaranya menyimpan energi positif yang bisa membuatmu bangun dari keterpurukan dan kembali bersemangat. Meski sayangnya lagu itu tak berpengaruh ke sang vokalis yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Tapi sebagai pelajaran, buat kamu yang merasa hidupnya sedang berantakan, entah karena kegagalan, atau kehilangan jangan sampai kehilangan harapan. Hidup boleh berjalan tak sesuai keinginan, tapi kamu tak boleh berhenti berjuang. Dan lagu-lagu lama dari Linkin Park ini bisa kamu jadikan bahan renungan. Siapa tahu semangatmu yang kemarin berantakan, bisa naik lagi pelan-pelan.

1. Karena sabarnya manusia itu ada batasnya. Sikap berontak kadang yang jadi pilihannya agar kemampuanmu nggak diremehkan, seperti lagu Numb

Lagu dengan judul Numb ini seakan dekat dengan mereka yang seringkali tak dianggap oleh orang-orang sekitar. Akibatnya kamu sering menjadi sasaran sikap memaksa orang-orang karena kemampuanmu yang dianggap nggak mumpuni. Kesabaranmu pun diuji. Sampai akhirnya kamu muak dengan semua sikap mereka dan ingin menunjukkan bahwa kamu nggak seperti yang mereka kira.

Can’t you see that you’re smothering me,

Holding too tightly, afraid to lose control?

2. Dikecewakan memang tak pernah enak rasanya. Tapi kamu nggak akan dapat apa-apa kalau belum berani memaafkan mereka

Advertisement

What I’ve done via www.unsplash.com

Setiap manusia pasti pernah dikecewakan dan sakit hati. Memang rasanya nggak enak banget kalau kedua hal itu terjadi. Namun jika kecewa dan dendam yang dipelihara dalam hati, kamu nggak akan dapat apa-apa.

So let mercy come

And wash away

What I’ve done

3. Atas segala yang udah kamu lakukan selama ini, kamu masih saja diremehkan. Nggak apa-apa, namanya juga proses pembelajaran

In The End via www.unsplash.com

In the End-nya Linkin Park ini ngena banget. Apalagi buatmu yang lagi diremehkan sama mereka. Meskipun dianggap pecundang yang nggak tahu apa-apa, yang penting kamu udah mencoba. Perkara hasil serahkan saja sama waktu dan kekuatan doa

I tried so hard

In spite of the way you were mocking me

4. Saat kamu merasa insecure dengan diri dan rasa takut senantiasa menghantui. Lagu ini begitu akan membantu menemukan kembali semangatmu

Crawling via www.unsplash.com

Terkadang kamu merasa ada yang salah dengan dirimu. Rasa takut dan cemas akan masa depan sesekali datang menghantui. Tak perlu merasa sendirian lagi, lagu Crawling ini akan senantiasa menemanimu menemukan semangat baru.

This lack of self-control I fear is never ending controlling,

Confusing what is real

5. Biar nggak terlalu lama larut dalam kegagalan, kadang kamu hanya perlu merelakan dan bangkit lagi

Iridescent via www.unsplash.com

Manusia memang nggak jauh-jauh dari kegagalan. Udah mencoba berulang kali, ternyata semesta belum menyetujuimu untuk meraih keberhasilan. Marah, kecewa bahkan frustasi kamu rasa. Biar nggak terus-terusan meratapi, kamu kadang hanya perlu merelakan apa yang terjadi seperti apa yang ada pada lagu Iridescent ini.

Do you feel cold and lost in desperation?

You build up hope, but failure’s all you’ve known

Remember all the sadness and frustration

And let it go. Let it go

6. Kalau kamu sedang merasakan hari-hari yang cukup berat, menepi sebentar saja dari riuhnya kehidupan alias menyendiri kan tak ada salahnya

Somewhere I belong via www.pexels.com

Kadang mau tak mau kamu harus menghadapi sederet realita kehidupan yang membuat harimu berat. Seperti deadline kerjaan yang numpuk, rasa sakit karena dikecawakan, dan masih banyak lagi. Kalau kamu udah jenuh untuk menghadapi semua itu, sedikit menepi dan mencari tempatmu berteduh dulu bisa kamu jadikan pilihan. Seperti Somewhere I Belong-nya Linkin Park ini.

I wanna heal, I wanna feel like I’m close to something real

I wanna find something I’ve wanted all along

Somewhere I belong

7. Dipandang sebelah mata memang tak enak sama sekali. Seolah semua yang kamu usahakan selama ini tak dihargai

Faint via www.pexels.com

Lagu Faint ini mungkin mewakili perasaanmu. Saat yang kamu usahakan dengan mati-matian malah tak mendapat apresiasi sama sekali. Mereka hanya melihat hasil, tanpa mau tahu bagaimana perjuanganmu untuk membangunnya jadi nyata.

I can’t feel the way I did before

Don’t turn your back on me

I won’t be ignored

8. Seberat apapun hidupmu saat ini, perlu diingat kalau Tuhan selalu ada untuk semua detik yang kamu lalui

The Catalyst via www.pexels.com

Lagu ini juga bisa untuk kelompok atau golongan tertentu yang memang tengah menghadapi ujian dalam hidupnya. Seperti apa yang dituliskan pada lirik The Catalyst, bahwa aku, kamu, kita semua nggak perlu terlalu khawatir dengan persoalan apapun. Toh selama kamu masih punya keyakinan dalam setiap doamu, semua persoalan yang datang beratnya tak akan melampaui kemampuanmu memikul dan menyelesaikannya.

God bless us everyone,

We’re a broken people living under loaded gun.

9. Meskipun kamu diremehkan, tapi kamu tetap punya hak untuk punya sejuta harapan

Lost in The Eco via www.nessakphotography.com

Buatmu yang lagi menjalani hari-hari berat karena diremehkan, jangan putus ada. Selama kamu masih punya mimpi dan harapan, kamu akan tetap bisa bertahan dan menjalani kehidupan. Seperti kata Lost in The Echo ini

Test my will, test my heart

Let me tell you how the odds gonna stack up

Y’all go hard, I go smart

10. Kegagalan tak perlu diratapi lama-lama. Selesaikan sedihmu dan mulai semuanya dengan keyakinan dan usaha yang baru

New Divide via www,unsplash.com

Lagu yang digunakan sebagai Original Soundtrack Transformer 2 ini memang penuh akan makna. Salah satunya agar kamu tak berlama-lama terputuk dalam gagalnya usaha.

Let it be enough to reach the truth that lies

Across this new divide

Sejatuhnya kamu dalam kegagalan atau sesakitnya kamu akibat dikecewakan, jangan sampai hal itu mempengaruhi hari-harimu yang begitu berharga. Kamu nggak akan sendiri ketika menghadapi kesulitan yang ada. Ada keluarga, sahabat, juga lagu-lagu Linkin Park di atas, yang senantiasa buatmu kuat dan berani menghadapi kesulitan demi kesulitan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya