Banyak orang gagal dalam ujian hidupnya karena berusaha meniru orang lain, mereka lupa kalau setiap orang diberi lembar pertanyaan yang berbeda oleh Tuhan

Dalam ujian apapun, niat menghadapi ujian itulah yang akan menentukan apa yang terjadi selanjutnya. Niatkan dengan tulus dan ikhlas untuk menjalani ujian ini demi kebaikanmu dan kamu akan mampu menjalaninya dengan baik tanpa ada halangan yang berarti.

Kalimat-kalimat ini akan mengantarkanmu pada puncak semangat untuk menyelesaikan ujian sebaik mungkin, entah itu ujian nasional, ujian hidup, maupun ujian jodoh #eh.

1. Jika percaya kamu bisa, maka kamu akan benar-benar bisa melakukannya.

Kamu pasti bisa! via talentculture.com

Tahu kalimat penyemangat Agnes Monica yang bisa mengantarnya hingga sesukses sekarang kan? Dream and make it happen! Kalimat ini berhasil memotivasi para penggemarnya dengan makna yang sangat dalam. Ada sebuah rasa percaya diri yang luar biasa yang diungkap Agnes dalam kalimat tersebut.

2. Kamu memiliki kemampuan luar biasa, lebih dari yang kamu tahu.

Advertisement

Kemampuanmu itu melebihi apa yang kamu kira via thoughtpursuits.com

Tuhan sudah menobatkan kita sebagai makhluk paling cerdas di muka bumi dan kamu tidak terkecuali. Terkadang kita terlalu khawatir dan tidak percaya diri padahal kemampuan kita bisa melebihi apa yang kita pikirkan.

3. Jangan takut gagal, takutlah jika kamu tak pernah mencoba.

Yang penting adalah kamu berani mencoba via readmeindia.com

Saat menghadapi ujian yang kita pikirkan pertama kali pasti “bagaimana jika aku gagal?”. Sebenarnya ini tak perlu kamu pikirkan karena kegagalan justru akan mendewasakanmu, kamu justru harus takut jika tak pernah mau mencoba, karena seumur hidup kamu hanya akan penasaran dan menduga-duga.

4. Berjuanglah untuk sebuah kemajuan, bukan kesempurnaan.

Progres yang kamu buat harus kamu hargai via indiaexamguide.com

Dalam menghadapi ujian jangan memasang nilai sempurna sebagai tujuan jika memang kamu tak mampu mencapainya. Hargailah setiap kamu mampu meningkatkan kemampuanmu dalam menghadapi setiap ujian. Karena progres selalu lebih penting dibandingkan hasil akhir yang sempurna.

5. Saat yakin kamu bisa, maka kamu sudah menyelesaikan setengah dari ujian itu.

Jika kamu yakin artinya kamu akan berhasil via heartofleadership.com

Jangan salah, keyakinan punya kekuatan yang luar biasa dalam diri kita. Kekuatan itulah yang akan mampu menyelesaikan ujian apapun yang kamu hadapi dengan cara yang tak pernah kamu sangka.

6. Tantang dirimu sendiri, karena tidak akan ada orang lain yang melakukannya untukmu.

Doronglah dirimu sendiri via quotesgram.com

Jangan tunggu orang lain untuk membantumu menyelesaikan ujianmu, kamulah peran utama dalam setiap ujian yang kamu hadapi. Karena tanpa memberikan dorongan pada diri sendiri, segala upayamu tak akan berarti apa-apa.

7. Tidak ada rahasia atau trik untuk lulus ujian, yang ada hanyalah persiapan, kerja keras, dan belajar dari kegagalan

Hasil tak akan mengkhianati usaha via dorset-college.ie

Trik sejitu apapun untuk menghadapi ujian tak akan mampu mengalahkan sebuah kerja keras dan persiapan yang matang. Trik-trik selalu menawarkan cara instan tanpa memperhatikan makna apa yang ada dibalik ujian ini. Dan sebenarnya memang tak ada rahasia apapun untuk melewati sebuah ujian.

8. Jika kamu benar-benar gagal dalam ujian, maka selamat, kamu mungkin akan menjadi The Next Bill Gates.

Pengen kayak dia? via forbes.com

Saya gagal dalam beberapa mata pelajaran saat ujian dan teman saya melewati semua itu dengan baik. Sekarang dia menjadi salah satu insinyur di Microsoft dan saya menjadi pemilik Microsoft (Bill Gates)

Mahatma Gandhi pernah mengatakan “Kamu tidak akan tahu apa hasil dari apa yang sudah kamu lakukan, tapi jika kamu tak melakukan apa-apa tak akan ada hasil apapun yang kamu dapatkan”. Dan untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan kamu harus menjaga integritas, karena tanpa kejujuran maka artinya kamu sedang berbohong, bukan hanya pada dirimu sendiri tapi pada Tuhan dan seluruh dunia.

Hidupmu tak selalu berada di titik nadir. Maka kata menyerah harusnya selalu tak pernah ada dalam kamus hidupmu.