Are you confident enough? Pernah merasa diri kamu memiliki kemampuan lebih, tapi orang lain malah lebih sukses dan lebih cepat meraih semuanya dibanding kamu? Kalau pernah, mungkin kamu kurang percaya diri. Being confident is all about listening to yourself and to your own needs. Sounds simple, but it takes a whole lot of effort and have to maintain. Cobain deh 6 Trik Canggih ini Biar Pede-Mu terdongkrak dengan seketika!

1. Don’t do it something just for please anyone else, do it something to please yourself.

Do something dengan tujuan untuk memuaskan atau membuat orang lain impress adalah big NO NO! Malah hanya membuat kamu tambah tidak percaya diri. Jangan biarkan ketakutan akan pemikiran-pemikiran negatif orang mempengaruhimu, fine with yourself, others will be fine with you. Tidak semua pendapat orang lain itu ada benarnya, mungkin saja ada orang yang memang sengaja memberikan komentar negatif untuk membuat kamu down. If someone insults you and puts you down, just remember,that they are not perfect either.

2. Lacked = Overplus

Masih ingat kisah Cinderella seorang gadis bernama Putri Herlina dari Jogjakarta yang yatim piatu dan tidak memiliki kedua tangan sejak lahir. Hidup yang keras membuat Putri memiliki kepribadian yang mengagumkan dan sangat tabah juga tegar. Ketabahan dan ketegaran Putri Herlina membuat Putra seorang Deputi Gubernur Bank Indonesia jatuh cinta kepadanya dan menikahinya. Belajar dari kasus Putri, sebenarnya kamu bisa mengevaluasi diri, karena ternyata setiap Tuhan menciptakan sebuah kekurangan di diri kamu, sebenarnya Tuhan juga menambah satu kelebihan lainnya. So, concentrate on something good that you had not that you don’t.

3. Switch to alter ego mode on

Be yourself! Memang rumus ampuh untuk menimbukan rasa percaya diri, tapi apa jadinya jika diri kamu yang sebenarnya memang pemalu akut. Walaupun kamu sudah mencoba sekuat tenaga tapi kamu belum juga berhasil meraih kepercayaan diri. Nah, kenapa tidak mencontek cara ampuh Beyonce Knowles, si pemalu yang sukses menciptakan Sasha Fierce, alter egonya yang atraktif dan percaya diri di atas panggung.

4. Positive thinking create positive things

Hukum berpikir positif atau Pygmalion effect adalah hal yang paling dibutuhkan untuk merasa percaya diri. Biasanya orang akan lebih mudah merasa percaya diri jika hal-hal baik terjadi pada dirinya. Seperti yang juga dikatakan dalam The Secret dan The Alchemist, untuk mendatangkan hal-hal baik, dibutuhkan pikiran positif, karena pikiran kita seringkali mempunyai dampak fulfilling prophecy (ramalan yang tergenapi) baik positif ataupun negatif.

Advertisement

Dengan positive thinking kamu akan lebih cepat menemukan tujuan hidup dan menghindar dari resiko bunuh diri, karena menurut para peneliti penyebab utamanya kasus bunuh diri di dunia adalah kehilangan tujuan hidup.

5. Being motivator for yourself and others or encourage yourself and others

Nick Vujicic adalah seorang motivator kelas dunia yang menjadi simbol internasional kemenangan dalam melawan kemalangan nasib. Nick lahir tanpa tangan dan kaki, tapi dia tidak pernah membiarkan kecacatannya itu menghalanginya beraktivitas. Nick tetap bebas bermain bola, golf, berenang, dan surfing seperti orang normal lainnya. Nick mengatakan kepada seluruh dunia untuk bangkit dari kegagalan dan juga agar selalu mencintai diri sendiri.

Jika Nick yang memiliki kekurangan saja bisa menyemangati dirinya dan juga orang lain, kenapa kita yang diciptakan lebih beruntung tidak bisa melakukannya?. Jadi, mulailah setiap kali kamu bangun pagi, Always put on your mind “I am a very confident person and I can do anything”.

6. Talk less do more

Kepercayaan diri tidak datang sendiri jika kamu hanya bicara saja, jadi mulailah take action dan lakukan hal-hal yang bisa menambah rasa percaya diri kamu sekarang juga. misalnya lewat bantuan tools seperti :

Narcisscuss access (personal blog, facebook, twitter, myspace, plurk, etc)
New style, new hair, new look (feeling beautiful is a huge step towards a good self-esteem)
– Hobi (menghasilkan sesuatu dari hobi bisa menambah kepercayaan diri karena memunculkan yes, I can do spirit)
Join with the club, eskul, arisan, gank, or any kind of organization (berada di zona nyaman membuat kamu lebih bebas menjadi diri sendiri dan melatih rasa percaya diri)
– Kursus kepribadian (hanya jika benar-benar dibutuhkan!)
Pray, thankfull and telling to yourself everynight before you sleep : I’m beauty/Handsome, I’m great, Happy and always confident