Banyak sekali jenis phobia, namun taukah kamu kalau terdapat phobia yang menyangkut percintaan? Untuk menambah wawasan atau kamu sedang mengecek apakah jenis phobia percintaan ini ada padamu atau pasanganmu, yuk simak beberapa jenis phobia percintaan berikut ini:

1. Arrenphobia : Takut Pada Pria

Penderita akan mengalami ketakutan terhadap pria. Sang wanita cenderung memilki kecurigaan yang dalam kepada setiap pria yang mendekatinya. Maka tak hayal jika wanita yang menderita arrenphobia akan kesulitan mendapatkan pasangan. Dan perlu kamu tau jika lawan kata dari arrenphobia adalah venustraphobia yaitu takut kepada wanita.

2. Philophobia : Takut Jatuh Cinta

Jika sampai saat ini kamu masih jomblo dan memiliki ketakutan akan jatuh cinta ataupun takut untuk dicintai? Bisa jadi kamu tergolong phobia yang satu ini. Philophobia merupakan jenis phobia yang menyebabkan ketakutan akan jatuh cinta ataupun dicintai.

3. Metrophobia : Takut Dengan Puisi

Penderita phobia metrophobia ini akan merasa ketakutan ketika mendengar kata – kata puitis atau puisi. Walaupun indah, tapi penderita ini akan memiliki kebencian yang mendalam terhadap puisi. Jadi jangan kasih dia kata – kata romantis yang mengandung unsur puisi yah ladies!

4. Chiraptophobia : Takut Disentuh / Bersentuhan

Chiraptophia menyebabkan penderitanya mengalami ketakutan terhadap sentuhan. Mereka akan sulit melakukan kontak fisik dengan orang lain.

5. Philemaphobia : Takut Ciuman

Bagi pasangan kekasih, ciuman adalah tanda sayang yang dilakukan untuk menunjukkan kasih sayang. Tapi hal itu tidak berlaku pada penderita philemaphobia, mereka pasti akan sangat menolak untuk melakukannya. Philemaphobia akan menyebabkan si penderitanya ketakutan terhadap ciuman.

6. Gamophobia : Takut Menikah

Jika pasangan mu memiliki phobia ini, maka kamu tidak akan bisa menikah dengannya. Karena gamophobia merupakan ketakutan terhadap pernikahan. Bayangkan jika kamu dan dia memiliki hubungan yang serius dan kamu sangat mencintainya, namun dia menolak ketika kamu mengajaknya untuk menikah. Patah hati banget nggak sih ladies.

7. Anuptaphobia : Takut Kesendirian atau Jomblo

Eits, maksudnya bukan takut sama jomblo ya, tapi takut jika mengalami kesendirian atau menjadi jomblo. Penderita ini mengalami ketakutan yang luar biasa jika menjadi jomblo. Jadi buru – buru dapet pacar yah kamu. Efek jangka panjang kalau kamu masih bertahan dengan phobiamu, kamu tidak akan pernah merasakan kebahagiaan dalam hubungan percintaanmu karena kamu punya ketakutan dan trauma tertentu yang belum kamu sembuhkan.