Sebelum mengupas lebih dalam alangkah lebih baiknya kita mengenal dulu istilah dari kalimat Purwokerto Kota Satria.

Satria atau kata yang ada pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kata "Kesatria" yang memiliki arti Pahlawan.

Pasti anda akan bertanya apa hubungannya dengan Kota Purwokerto.

Perlu anda ketahui bahwa julukan Purwokerto Kota Satria yaitu seperti yang banyak orang pertanyakan. Pada jaman dahulu memang banyak sekali satria yang hidup di kawasan Kabupaten Banyumas. Contohnya pada jaman berdirinya Banyumas adalah Joko Kaiman, Adi Pati Wirasaba.

Selain itu pada jaman penjajahan juga ada beberapa kesatria atau pahlawan yang terkenal dan tercatat namanya di Sejarah Pahlawan Nasional yang berasal dari daerah Banyumas seperti Jenderal Soedirman, Soerono, Gatot Subroto, Soparjo Roestam, dan sebagainya.

Advertisement

Dengan banyaknya pahlawan-pahlawan yang lahir di Purowkerto. Maka tidak salah bahwa Purwokerto memiliki julukan Purwokerto Kota Satria. Ada beberapa bukti tentang banyaknya pahlawan yang hidup di Purwokerto terutama pada saat masa penjajahan.

Buktinya bisa kita temukan di darah Tanjung, Purwokerto. Di situlah tempat makam para pahlawan yang berjuang demi mempertahankan NKRI berjejer.

Tak hanya sebagai istilah Purwokerto Kota Satria, akan tetapi SATRIA juga memiliki sebagai penjabaran tentang harapan kota ini, yaitu:

S = Sejahtera
A = Adil
T = Tertib
R = Rapi
I = Indah
A = Aman