Apakah definisi dari kata 'perempuan'? Pasti kebanyakan menilai bahwa perempuan ini adalah cantik, indah, molek ataupun hal-hal yang berkaitan dengan fisik lainnya. Lalu arti kata cantik itu sendiri bagaimana? Cantik jika diartikan di KBBI akan muncul definisi elok, molek dan indah. Ya, selalu melulu dengan fisik.

Lalu apa arti sebenarnya cantik itu sendiri? Pada hakikatnya cantik itu tidak perlu diartikan, karena cantik adalah sebuah pertanyaan dan jawaban itu sendiri. Jika menelaah pengartian cantik lebih mendalam, setiap orang memiliki bermacam argumen.

Contohnya saya sendiri telah mengartikan cantik itu sendiri adalah suatu sikap dan sifat yang dibawa seorang perempuan yang memiliki keanggunan dan kecantikan. Tidak hanya pada paras tetapi juga hatinya.

Perempuan harus pintar, cerdas, memiliki pengetahuan yang luas, pandai bergaul, cermat memilih kata-kata, dan pandai memilih dan memilah. Perempuan zaman sekarang banyak yang mengabaikan sesuatu yang harusnya tidak boleh ditinggalkan oleh perempuan itu sendiri. Layaknya suatu perangko yang tidak bisa lepas dari surat, nah ini cocok digambarkan dengan perempuan; yaitu perempuan tidak boleh dilepaskan dengan kecantikan dan kecerdasan yang dimilikinya.

Perempuan harusnya bangga, bahwa ia telah diciptakan, telah dilahirkan. Dunia ini, dalam bidang apapun, pasti membutuhkan perempuan. Contohnya saja, dalam bidang keuangan ataupun akuntansi. Perempuan adalah makhluk yang diberkati memiliki segudang kemampuan yang berbeda dengan laki-laki karena perempuan biasanya cermat, teliti, dan rajin. Maka dari itu, pada bidang keuangan inilah pasti ada yang menyerap tenagadari perempuan. Contoh lain adalah model.

Advertisement

Tidak hanya dituntut tinggi, cantik, mulus, tetapi juga harus pintar dan cerdas. Tidak bisa dipungkiri bahwa perempuanlah yang menjadi role mode untuk kemajuan zaman. Dengan adanya segudang keahlian tersebut, perempuan banyak dituntut untuk selalu berwawasan luas serta memiliki sikap peduli, tanggap terhadap lingkungan.

Lalu bagaimana hakikatnya perempuan yang jika menjadi istri maupun ibu rumah tangga? Nah, ini seringkali dilupakan juga oleh sebagian perempuan yang sudah menikah. Sudah jelas perempuan juga menjadi agent of change, tetapi juga tidak boleh melupakan apa yang menjadi tanggung jawabnya yaitu tugasnya di rumah. Salah satunya yaitu perempuan sendiri mempunyai tugas di rumah tangga sebagai ibu dan istri. Tidak hanya dua peran saja, perempuan juga mempunyai peran lebih. Perempuan juga menjadi anak, dan saudara. Jadi, perempuan dinilai sangat penting dalam menduduki suatu posisi di suatu bidang.

Kesimpulannya, perempuan di zaman ini dinilai sangat penting karena sebuah peran dan sebuah tanggung jawab yang dipegang setiap peran tersebut. Haruslah menjadi perempuan yang tangguh, cerdas, pintar, dan tanggung jawab serta peka terhadap lingkungan. Hal itu akan menjadikan suatu perubahan yang diusung dalam jiwa seorang perempuan. Serta tugas perempuan adalah sadar akan sebuah tanggung jawab yang dipikulnya, tidak hanya menjadi perempuan yang manja, perempuan kantoran yang lupa akan tugas yang dijalani di rumahnya, atau bahkan anak yang lupa terhadap tugasnya selayaknya anak.