Menjadi perantau yang jauh dari orang tua adalah sesuatu yang berat. Berat ketika menahan rindu. Tak bisa pulang karena tertahan pekerjaan dan jatah cuti yang mengancam.

Banyak manusia di seluruh dunia hari ini mengucapkan "Happy Mother Day Mom", tak terkecuali aku. Sepagi tadi aku langsung mencari ponselku dan segera mengetikan ucapan untuk Ibuku tercinta. Seharusnya bukan hari ini saja, kita mengutarakan kata sayang untuk Ibu. Kasih Ibu setiap harinya mengalir melalui doa dan perhatiannya.

Tumbuh didalam keluarga yang sangat menyayangiku, bukan berarti aku bisa dengan mudahnya melantunkan kalimat sayang setiap harinya dengan mudah kepada kedua orang tuaku, termasuk kepada Ibu. Untuk bercerita berbagai macam hal, bisa dengan mudahnya kalimat demi kalimat mengalir begitu saja, namun untuk bilang " Ibu, aku sayang padamu". Sepertinya kalimat itu terhenti di tenggorokan, tak bisa meluncur keluar dengan derasnya.

Kasih Ibu dengan ikhlasnya tersalurkan setiap harinya. Meski aku jauh darinya, bukan berarti tak ada sayang yang menghujani hari-hariku. Ibu tak pernah lupa memerhatikanku setiap hari. Beliau selalu menghubungiku setiap harinya, meski hanya menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang menurut kebanyakan orang bisa dianggap basi atau biasa saja, tapi Ibu tak pernah urung tak melakukannya setiap hari untukku. Kalimat tanya sederhana "nduk udah makan?", "nduk, vitaminnya jangan lupa diminum", "nduk, jangan lupa bawa jas hujan, lagi musim hujan", atau "nduk, tidurnya jangan malam-malam", kalimat itu setiap harinya tak lelah menghampiriku. Terkadang aku yang terlalu menyepelekan perhatian Ibu. Telepon tak diangkat atau sms tak dibalas karena sedang sibuk dengan pekerjaan atau dengan teman-teman, padahal Ibu sesibuk apapun jika aku membutuhkannya selalu ada, tengah malam sekalipun, Ibu selalu terjaga untukku. Bukan satpam, tapi malaikat yang diutus Tuhan untuk menaungi keluargaku. Malaikat yang tak pernah sombong mengeluarkan sayapnya. Itulah Ibuku.

Hari ini spesial untukmu Bu, aku akan mempercepat kepulanganku. Aku ingin mengucapkan secara langsung kata sayang untukmu, yang selama ini tak pernah kulakukan. Dan aku tahu Ibu sangat merindukanku. Terimakasih sudah turun ke bumi dan menjaga keluargaku sampai hari ini. Terimakasih Tuhan, sudah menjatuhkan malaikatmu tepat didalam rumahku. Ibu, aku sayang padamu.

Advertisement

Tunggu aku ya Bu,hari ini aku akan pulang…