Salah satu kota yang ada di Provinsi Jawa Barat, yaitu Purwakarta. Perjalanan menuju purwakarta ini awalnya tidak direncanakan, berawal dari niatan ingin memberikan materi ke salah satu sekolah di Purwakarta akan tetapi pada akhirnya dibatalkan sepihak dan aku bersama kelima teman pada akhirnya menjelajahi purwakarta.

Perjalanan menuju purwakarta ditempuh selama 2 jam lebih dari Kota Bandung melalui jalan tol . Ada beberapa tempat yang kami kunjungi. Ada hal yang menarik di purwakarta, ketika pertama kali memasuki wilayah kota ini kita akan melihat budaya yang benar-benar terjaga. Disepanjang jalan kita bisa melihat patung-patung yang berjejer dan dipusat kota nya terpasang seperti hiasan-hiasan di langit-langitnya.

Kota ini sangat rapih dan terkenal dengan melestarikan budaya sundanya. Sebelum mengunjungi beberapa tempat aku dan teman-teman mencoba untuk mencicipi Es Ciming, satu hal yang harus diketahui bahwasanya ada semboyan yang mengatakan belum ke purwakarta jika belum mencicipi es Ciming. Es ciming ini sendiri sudah berdiri semenjak tahun 1997, Es nya sangat unik dan cocok di minum di siang hari tentunya ketika cuaca panas yang menyelimuti Kota Purwakarta.

Setelah menjajahi Es Ciming, aku dan teman-teman mengunjungi Taman Sribaduga.Sebelum masuk kedalam lokasi taman, semuanya masih terasa sangat biasa tidak ada bedanya dengan taman-taman di Kota Bandung. Namun ketika sudah masuk kedalam area taman Sri Baduga, dan amboy! Purwakarta rasa Jogja. Disini aku dan teman-teman merasakan kesejukan sore hari yang tiada tara setelah berpanas-panasan setengah harian di kota Purwakarta. Kawasan taman ini benar-benar di tata sangat rapi, mobil dilarang berlalu lalang, dan lagi, aku menemukan hiasan-hiasan yang menggantung di depanjang langit-langit Kota Purwakarta khususnya di Taman Sribaduga.

Setelah berfoto-foto di beberapa angle yang menarik, aku dan teman-teman melanjutkan perjalanan menuju Situ Wanayasa atau Danau Wanayasa. Dari Kota Purwakarta menuju Situ Wanayasa ini menempuh waktu selama 2 Jam. Dengan suasana cuaca yang sedikit hujan dan sudah kesorean aku dan teman-teman tetap bersikeras ingin mengunjungi Situ Wanayasa. Disepanjang perjalanan, kami melihat banyak sekali mobil pribadi yang ber plat B atau D dimana mereka berasal dari Jakarta ataupun Bandung.

Disepanjang perjalanan menuju Situ Wanayasa kita juga bisa melihat banyak pedagang Ketan dan penjual manggis. Setelah sampai Di Situ Wanayasa, Ah! Danau Buatan yang luar biasa sejuk ketika berada dilokasinya. Mengapa tidak? Dari danau ini kita bisa melihat hamparan hijau, gunung-gunung, dan pokonya ngga salah deh berkunjung kesini. Setelah berfoto-foto di beberapa tempat yang menarik aku dan kelima teman memilih pulang karena sudah terlalu sore.

Satu hari mengunjungi kota Purwakarta, dikota ini budaya memang sangat di pegang teguh, mungkin juga karna faktor walikotanya yang memang menghimbau para warganya untuk menjaga budaya sunda bersama-sama. Setelah lelah menjelajahi kota purwakarta aku dan teman-teman akhirnya kembali menuju kota kembang yaitu Bandung.

See you later Purwakarta:)