Sebuah kenyamanan tentunya salah satu hal yang sangat di inginkan oleh kita sebagai insan manusia namun bagaimana jika apa yang kita harapkan yaitu sebuah kenyamanan tak berbanding lurus dengan harapan orang yang sayang dengan kita , saya ingin membicarakan suatu hal yang menyangkut tentang bakat, mimpi, kenyamanan dalam hidup tanpa keterpaksaan dan keselarasan dalam kehidupan.

Tentulah kita mau jikalau kita mempunyai sebuah bakat atau passion yang mumpuni bisa kita manfaatkan dalam kehidupan namun bagaimana jika tidak ada yang mendukung kita dan tak mengapresiasi karya – karya kita ? Jawabanya hanya satu hal yaitu "Teruslah berjuang dan jangan pernah berhenti dan teruslah terang karena kamu itu bintangnya" , sudah menjadi suatu kepastian akan ada solusi dari setiap permasalahan yang kita hadapi terutama masalah tentang bakat yang tak terefleksikan dan bakat yang tak pernah mendapat dukungan secara materil atau akademis.

Mungkin anda atau kita pernah mengutarakan bakat apa yg kita miliki kepada seseorang atau pada orang tua kita namun kita tak pernah dapat jawaban pasti dari mereka terlebih lagi apabila jika seseorang atau orang tua kita mengatakan "akan kerja apa kamu jika menggeluti bidang itu ?" yaa bagi saya itu adalah suatu pertanyaan yang sangat mengerikan dan sangat menyangkut masa depan kita , namun kita tau sendiri bahwa bakat yang tertanam dalam diri kita adalah suatu anugerah dari Tuhan yang maha kuasa tentunya kita wajib untuk mensyukuri dan mengasah bakat ini , karena kita termasuk golongan yang beruntung.

Mungkin ini solusi terdini untuk bisa mengatakan tentang bakat kita ke orang lain atau orang tua dan sekaligus membuat dirimu nyaman dalam menjalaninya.

Saya akan menjelaskanya dan ada beberapa hal yang harus anda ketahui :

Advertisement

1. Beranikan dirimu. Beranikan dirimu untuk mengatakanya, paling tidak ke orang tuamu agar mereka tau yang sebenarnya bahwa kamu nyaman dalam posisi itu, berterus teranglah dan mulailah berbicara dengan baik dan lembut, karena sesuatu yg diawali dengan baik pasti akan diakhiri dengan baik, percaya saja.

Katakanlah bahwa kamu memiliki potensi diri di salah satu bidang yang memang kamu merasa senangi dan menguasai bidang itu, katakanlah tentang mimipi – mimpimu dan cita – citamu, buat nyalimu segarang singa namun berbicaralah lembut selembut kucing yang menginginkan kasih sayang. Suatu harapan terkadang akan terjawab dan ada juga yang tak terjawab, tapi yakinlah pada dirimu dan terimalah apapun yang akan terjadi , yang terpenting adalah kamu bisa jujur dan mampu mengatakanya .

Jika orang tuamu mendukung penuh dan memberikan fasilitas materil maupun akademis terhadap bakatmu maka lanjutkan perjuanganmu hingga menjadi seperti apa yang kamu inginkan , namun pastilah kita ketahui ada manis ada pahit, jikalau orang tuamu atau orang terdekatmu tak begitu mendukungmu dan mengacuhkan bakatmu mungkin kamu harus melakukan hal setelah ini.

2. Bermimpilah dalam diam. Kita tau sudah tak ada yang gratis dalam dunia ini kecuali mimpi, mimpi adalah suatu target, mimpi adalah suatu kesenangan, mimpi itu agung maka bermimpilah semaumu, sering kita mendengar ucapan Ir.Soekarno "bermimpilah setinggi – tingginya kalaupun jatuh kau akan jatuh diantara bintang – bintang", yaa yakinlah pada mimipimu dan yakinlah dengan apa yang kamu perbuat di dunia ini tidak ada yang sia – sia selama itu baik dan positif .

Bermimpi dalam diam, akan saya tafsirkan seperti ini : akan lebih baik jika mimpimu hanya kamu yang tau, ibarat itu aib maka tak usah banyak kau ceritakan kepada orang banyak, karena kita tau tak banyak orang yg menyukai proses mereka terkadang lebih suka terhadap hasil akhir, jadikan mimpi adalah suatu proses untuk menggapai sesuatu yg kita impi impikan dan tak perlu kmu ceritakan namun kamu tetap semangat dalam menggapai mimpi itu dan jangan pernah putus asa .

3. Perbanyak Relasi. Memperbanyak relasi adalah suatu yang wajib untuk mengembangkan bakat dan talent yang kamu miliki, belajarlah lewat pengalaman orang lain, belajarlah dari kesalahan orang lain, jangan pernah merasa hebat dan jangan pernah minder belajar dengan orang hebat karena kita tau kita tidak bisa apa apa tanpa ada orang yang berada di samping kita, banyaklah temanmu.

Jadilah orang yang asik jadilah orang yang mau berkawan tanpa memandang banyak hal, karena dengan memperbanyak relasi kamu akan mendapat banyak hal, ilmu, pengalaman, kerjasama, dan banyak lagi akan ada banyak kebaikan yang akan kamu dapatkan dengan catatan jika kamu juga baik dan care sama mereka, semua hal yg di dunia ini bersifat timbal balik, maka tak usah risau, akan ada yang kamu dapat setelah kamu melepas, maka teruslah menjadi orang yg asik dan care terhadapa orang lain .

4. Jadilah dirimu sendiri . Mungkin kita pernah mengidolakan seseorang , artis , sastrawan atau rockstar sekalipun , namun ketahuilah kita ini beda beda dan haruslah kamu jadi dirimu sendiri jadikan idolamu itu sebuah refrensimu untuk maju mengembangkan bakatmu tapi tetaplah jadi dirimu sendiri yang mempunyai ciri khas dan keunikan , pertahankan ciri khas dan keunikan itu selama itu tak mengganggu orang lain . jangan pernah malu jadi kamu tapi malulah jika kamu jadi dia , percayalah kamu adalah anugerah dari Tuhan untuk orang tuamu dan percayalah bakatmu adalah anugerah untul dirimu maka jadilah dirimu sendiri .

5. Jangan pernah berhenti untuk Yakin dan Berharap . Suatu pengharapan atau keyakinan adalah suatu yang agung dan sakral maka jangan pernah berhenti untuk berharap dan yakin bahwa mimpimu akan benar benar terjadi. Yakinlah, tanamkan itu dalam hati, berharapalah setiap hari dan belajar setiap waktu.

Yakin bahwa kamu itu butiran emas di tumpukan pasir, jangan pernah putus asa karena perjuangan akan hanya berakhir jika kematian menghampiri. Terus maju jangan pernah mundur boleh menengok kebelakang untuk pembelajaran dan maju kedepan untuk suatu yang hebat di masa depan .

6. Mintalah sesuatu pada Tuhan Setiap insan manusia memiliki dia sang agung Tuhan yang maha kuasa. maka mintalah apapun yang kamu mau, tapi janganlah semena mena meminta jika kamu tak pernah mensyukuri apa yg kamu dapat, jadilah manusia yg berimbang. Maka permintaanmu pada Tuhan dapat dikabulkan akan lebih baik lagi jikalau kamu jadi manusia yg beriman dan selalu di dekat Tuhan maka Tuhan tak akan ragu memberikan sesuatu yg kamu mau, mintalah pada dia sang pemberi pentunjuk, mintalah pada dia sang pemberi keajaiban dan percayalah pada dia bahwa dia mendengar apa yang kamu mau.

Mungkin hanya itu yang dapat saya share karena saya juga sedang berjuang untuk menggapai mimpi mimpi saya dan cita cita saya, yang terpenting adalah ketahui mimpimu dan jangan pernah berhenti untuk belajar, gali terus apa yang kamu suka, ikhlas dalam menjalaninya jangan pernah mau duduk dibawah keterpaksaan karena itu hanya membuatmu menjadi pecundang dalam diam.

Berjuanglah untuk kesuksesan yang kamu inginkan, jangan pernah takut tantang dunia. Ingatlah jangan sia siakan bakatmu karena tak semua orang mendapatkanya

jika ada orang yang meragukan bakatmu dan bertanya , mau kerja apa dengan bakatmu itu? maka jangan hiraukan teruslah maju dan berjuang karena ketika kmu menjadi orang yg besar karena bakatmu maka kamu baru tahu apa sebenarnya pekerjaanmu ? orang orang akan mengahargai dan mengapresiasimu

-Wahyu Prasetyo-