Aku tahu ada saat dimana kamu merasa iri dengan teman-temanmu yang sudah settle, sudah nyaman dengan hidupnya. Mereka sudah bertemu pria yang baik dan bertanggung jawab dan memenuhi seluruh kebutuhan mereka, namun aku tidak bisa memberimu itu karena aku bukanlah akuraium, aku adalah laut.

Kamu pasti bertanya-tanya kenapa aku hampir tidak pernah cemburu. Kamu mungkin juga berfikir bahwa aku tidak terlalu mencintaimu, namun sesungguhnya tidak begitu. Semua orang memiliki caranya masing-masing dalam mencintai kekasihnya, begitupun aku. Aku menganggap cinta tidak harus mengurung. Memang cinta harus memiliki, namun memiliki bukan berarti memagarimu dan tidak memperbolehkanmu melakukan semua hal yang kamu suka, untuk melakukan apapun yang kamu suka dan pergi dengan siapapun yang kamu mau. Oleh karena itu jangan terlalu mencintaiku, aku bukan orang yang akan memberimu kenyamanan mutlak dan romantisme yang mengurung semacam itu. .

Bukannya Tidak Cinta, Aku Justru Sangat Mencintaimu

Seekor ikan yang hampir mati pasti akan sangat suka saat dimasukan ke dalam akuarium. “wah aku tidak jadi mati”, pikir dia. Di sana dia akan hidup dengan nyaman. Dia tidak perlu lagi berjuang mencari makanan. Dia tidak dikejar pemangsa lain, dia hidup di tempat yang indah. Namun, nanti setelah lama dia akan sadar bahwa akuarium yang dia tinggali adalah sebuah kurungan yang membuatnya sesak. Seorang wanita akan sangat suka bila bertemu lelaki yang baik, penyabar, ramah dan mampu mengayominya. Namun hal itu juga bisa menjadi pagar yang akan membuat si wanita terpaksa tidak pergi saat dia sudah tidak mencintai si pria.

Aku tidak mau menjadi pria itu. Pria yang kamu cintai karena kamu tidak enak untuk pergi. Aku tidak ingin menjadi akuarium yang menjamin kenyamananmu namun juga mengurungmu dan membuatmu tidak tercekik. Aku ingin menjadi lautmu yang menemanimu mengarungi bahaya dan menemanimu belajar bahwa ada banyak orang yang mungkin saja jauh lebih membahagiakanmu dibandinkan aku. Jika kamu gagal, aku akan memelukmu dengan buih-buih, jika kamu lelah aku ak memijat punggungmu dengan ulir ombak. Aku lebih ingin menjadi orang yang selalu mendukung dan menemanimu daripada menjadi orang yang mengurungmu.

Advertisement

Tidak salah juga jika ada orang yang memilih mencintai dengan cara memiliki secara keseluruhan, namun cinta memiliki banyak bentuk dan bentuk cintaku padamu adalah seperti ini. Sebelum bertemu aku, kamu sudah memiliki teman-teman, aktivitas, kebiasaaan dan lainya. Aku tidak mau menjadi orang yang entah disengaja atau tidak menjadi halangan bagimu dalam menjalankan semua itu, aku justru ingin membantumu untuk menjadikan apapun yang sudah kamu lakukan lebih menyenangkan karena kebahagiaanmu adalah kebahagiaanku juga. Senyumu akan menjadi pemicu senyumku, tawamu akan menjadi pemicu tawaku.

Aku Juga Ingin Dicintai Sebesar Aku Mencintaimu

Jika kamu bertanya mengapa aku ingin memposisikan diriku seperti ini, jawabanya adalah bahwa aku juga ingin tahu seberapa besar cintamu padaku. Bukanya aku tidak mempercayaimu, tetapi kamu juga harus mengerti bahwa aku orang yang memiliki hati yang sama dengan orang lain. Siapa orang yang tidak ingin dicintai dan diidam-idamkan? Aku pikir semua orang menginginkan itu.

Aku membebaskanmu bukanya aku tidak cinta, namun aku membebaskanmu untuk menguji seberapa kamu menginginkanku. Akan sangat mudah bagi seseorang untuk memilih jika hanya ada satu pilihan. Namun hasil dari pilihan itu tentu saja bisa sangat disangsikan kualitasnya. Berbeda saat ada banyak pilihan dan kamu memilih satu dari banyak pilihan tersebut. Pilihan tersebut bisa jadi adalah pilihan yang kamu anggap terbaik, yang paling kamu sukai.

Kamu harus tahu bahwa semua hati butuh makanan dan makanan terbaik untuk hati adalah diinginkan oleh orang lain. Tidak ada yang lebih menyakitkan bagi seseorang dibandingkan menjadi orang yang tidak di inginkan. Saat itu terjadi, tidak ada yang bisa diperbuat oleh orang tersebut kecuali pasrah dan iklas. Aku tidak ingin menjadi orang yang harus mengiklaskanmu, aku ingin menjadi orang yang selalu memperjuangkanmu. Oleh karena itu, sangatlah penting bagiku untuk tahu seberapa kau menginginkanku karena aku tidak mau perjuangan ini sia-sia.

Aku ingin kamu melihat orang yang jauh lebih hebat dariku, lebih mapan, lebih segala-galanya dariku. Aku ingin kamu membandingkanku dengan mereka. Jangan langsung bilang kalau kamu menintaiku padahal kamu belum pernah melihat mereka. Apa artinya kamu mencintaiku tetapi hanya karena kamu tidak bertemu dengan orang lain. Aku ingin kamu mencintaiku karena meskipun banyak orang lain yang lebih hebat dari aku, kamu tetap memilihku.

Jika kamu menjalani hidup bebas, bertemu dengan banyak orang hebat, melihat banyak hal, dan setelah itu kamu masih merasa bahwa aku adalah orang yang tepat dan paling kamu inginkan, mari kita hidup bersama-sama.