Dari semua hal yang ada dan terjadi di dunia ini, tidak ada satu orang pun yang mampu menyelami hati dan pikiran manusia. Setiap manusia mempunya pikiran masing-masing dan perasaan masing-masing dalam dirinya. Ia bisa saja bersikap sangat baik dan ramah pada satu manusia, tapi dia juga bisa bersikap tidak baik pada manusia lainnya. Hal tersebut bisa saja ia lakukan karena suatu keadaan atau masalah di masa lalu. Kita tidak bisa menyalahkan masa lalu siapapun orang di dunia ini. Tapi bagaimana orang itu mampu mengatasi dengan bijak masa lalunya tersebut.

Sebagai contoh, kamu bisa saja punya musuh di dunia ini seperti pada teman, mantan pacar, sahabat, atau bahkan saudara. Jika kesalahan itu kamu yg melakukan, alangkah baiknya jika kamu mulai minta maaf kepada mereka. Namun jika hal tersebut menimpa dirimu karena kesalahan mereka, sangat mulia lah jika kamu berbesar jiwa untuk memaafkan mereka. Atau jika mereka terlalu takut meminta maaf padamu karena kesalahan yang cukup fatal, kamu bisa mengajak mereka untuk duduk bersama dan membicarakan masalah kalian tersebut. Karena di dunia ini sudah semestinya dan akan terasa lebih nyaman jika kita saling damai hidup berdampingan.

Betapa bebannya dirimu sepanjang hidupmu jika kamu mempunyai masalah atau dendam dalam dirimu kepada orang lain. Walau itu atas kesalahan mereka atau dirimu sendiri. Akan tetap ada perasaan yang mengganjal dan aneh dalam hatimu. Setiap engkau melangkah dan bertemu dengan orang tersebut, maka kamu akan cenderung menghindar dan merasa tidak nyaman saat bertemu dengan dirinya. Untuk itu, buatlah keadaan menjadi baik, buat hubunganmu dengan mereka-mereka yang mempunyai masalah dengan mu menjadi akur. Karena jika kita meneruskan ego dan gengsi, maka akan selamanya batin kita hidup dalam ketidaknyamanan tersebut.

Pantaskan lah dirimu kepada setiap orang, terutama mereka yg sudah menyakitimu. Tunjukkan bahwa kamu lebih mampu dan hebat untuk bersikap baik dengan mereka dengan tidak membalas dendam. Dengan begitu mereka akan sadar karena sudah berbuat salah karena menjahatimu. Memantaskan diri bukan hanya terhadap pasangan namun kepada setiap orang yang kamu mengenalnya atau bahkan hanya sekedar kamu jumpai. Memantaskan diri mulai dari hati. Lupakan semua kesalahanmu terhadap orang lain dengan meminta maaf kepada mereka. Kemudian bukan hatimu untuk menerima kembali orang yg dulu pernah menyakiti hatimu.

Dengan begitu percayalah, hatimu akan lebih damai, hidupmu akan lebih indah, dan langkahmu terasa lebih ringan. Dengan begitu mereka semua akan menganggapmu pantas untuk hidup bersanding dengan mereka. Ikhlas, memang bukan suatu hal yang mudah dan bisa dilakukan semua orang.

Advertisement

Tapi coba lakukanlah maka kamu akan terbebas dari jerat rasa yang membelenggumu selama ini. Dengan mencoba membuka hati dengan ikhlas menerima segala sesuatu, perasaanmu akan menjadi lebih lega. Karena yang Agung bukan hanya sekedar cinta. Tapi setelah cinta itu, yang lebih kuat dan hebat adalah Ikhlas. Karena saat hatimu terluka oleh perbuatan manusia untuk hal apapun itu namun kau mampu memaafkannya, saat itu lah kau akan lebih baik-baik saja.