Sederhanalah dalam segala hal di berbagai aspek kehidupan.

Karena kesederhanaan adalah bahasa universal yang bisa di pahami oleh siapapun ,apapun keadaannya.

Seperti contoh perbincangan ini.

X : " kamu expert kan dengan program ini ? "

Y : " expert apaan ya…? "

Dan yang ini !

A : " kamu ahli nggak dengan program ini ? "

B : " Masih belajar Kok ! "

Advertisement

Dari dua perbincangan tersebut, sangatlah nyata. Ketika seseorang menggunakan bahasa yang tak sederhana. Orang lain akan susah menangkap apa yang dimaksudnya. Namun berbeda ketika seseorang menggunakan bahasa sederhana ,orang lain akan lebih mudah memahaminya.

Artinya, kesederhanaan adalah sebuah keniscayaan yang memang harus dilakukan oleh siapapun, apapun status sosial kehidupan yang dimiliki. Jika kita seorang pejabat tinggi, sederhanalah. Jika kita seorang terpelajar dengan status pendidikan yang tinggi, sederhanalah. Jika kita memiliki kekayaan yang tak akan habis pakai sampai tujuh keturunan, sederhanalah. Dan jika kita adalah bagian dari kelompok orang yang istimewa, entah dari sudut pandang apa. Tetaplah sederhana.

Sederhanalah dalam tingkah laku. Artinya, sikap kita tak bolehlah berlebih-lebihan. Biasa saja, tanpa harus menyombongkan diri dan merasa angkuh dengan apa yang kita punya.

Sederhanalah saat bertutur kata. Karena ucapan kita adalah bahasa yang di gunakan untuk memberi pemahaman, bukan malah membingungkan.

Sederhanalah dalam pemikiran. Hal ini akan memberikan ketenangan bagi hati dan jiwa yang ada dalam diri kita. Bayangkan, jika pemikiran kita selalu dipaksakan untuk berpikir lebih dari yang kita mampu. Yakinlah, hal itu akan berdampak pada tingkat stres yang berlebihan.

Sederhanlah dengan kekayaan, ilmu dan jabatan yang kita miliki. Karena dengan kesederhanaan, kita akan dengan mudah dipahami oleh semua golongan.

Intinya, kita harus mampu menyederhanakan segala hal sesuai dengan keadaan dan apa yang dibutuhkan. Agar hidup kita bisa menyentuh setiap sisi golongan hidup manusia yang beragam. Untuk kebahagian yang ingin kita capai karena kebahagian adalah kesederhanaan yang bisa di tebar untuk semua umat manusia.