Aku bukan apa-apa tanpa mereka. Seperti air tanpa wadahnya yang akan berceceran dan perlahan hilang jika tak ditampung dan menyatu.

Aku bukan orang yang hebat bisa tegar disegala keadaan. Ada saat dimana aku merasa tak berguna tanpa semangat membuatku memandang segalanya tanpa gairah. Kehadirannya memberi kekuatan lewat pelukan lembut atau sekedar kalimat ringan yang menyemangati.

Sejujurnya ketika mereka mengkritik hati ini sakit. Padahal sebenarnya mereka hanya ingin membuka mataku agar lebih bisa menatap realitas yang ada. Memang aku terlalu menghindari kenyataan dengan menenangkan diri secara berlebihan dan akhirnya menggampangkan. Beruntung sekali kehadiran mereka menjadi mata kedua dalam melihat dunia, mataku terkadang sangat subjektif untuk menghadapi dunia yang tak pandang bulu.

Tak semua manusia bisa dengan mudah me-manage emosinya dan tidak semua manusia bisa mengendalikan tingkat depresinya. Beberapa diantaranya butuh manusia lain untuk mengarahkan bagaimana melewati momen sulit. Salah satunya adalah aku. Siapa yang cukup handal untuk memberiku pencerahan. Dan ternyata itulah mereka.

Sedari tadi aku tak menyebutkan siapa mereka..kini waktunya aku memperkenalkan malaikat-malaikat tak bersinar , beliau ayah,ibu,saudara,dan sahabat-sahabatku.

Advertisement

Terimakasih tak terhingga atas segala hal yang sudah terlewati dengan cara yang sempurna. Tak kusangka sosok kalian yang sederhana bisa membuat hidupku terlewati dengan istimewa.

Semangat yang mengalir tiada henti,kalimat-kalimat penenang yang manjur untuk mendamaikan hati, serta usaha-usaha kalian untuk menghiburku yang tak ingin mengucap sepatah kata-pun sudah cukup jadi bukti rasa sayang dan simpati. Tak beralasan dan tak minta balasan,kurasa itu yang di sebut ketulusan.

“Jika hidup ini hanya sesingkat cahaya senja yang segera hilang menyambut malam maka aku harap kalian bisa cukup terang menyinari malam seperti bulan. Jika hidup ini cukup panjang kuharap kalian bisa membuatnya semakin panjang seperti karet gelang. Dan jika mendadak hidup harus ditinggalkan kuharap kalian selalu ku ingat di kehidupan selanjutnya.” Semoga Tuhan tidak mengambil kenangan yang tersimpan dalam ingatan,sungguh hal yang tidak kuinginkan adalah lupa. Karena lupa akan membuatku sulit mengingat masa istimewa kita.

Salam segalanya,dari aku wanita,anak,sobat yang selalu merindukan kalian.