Karena hidup layaknya roda, akan ada saatnya kita terpuruk di dasar ataupun melambung di permukaan Banyak hal-hal positif yang justru bisa diambil di saat kita tersakiti Dan terkadang banyak makna penting yang kita ketahui justru ketika kita merasa hidup sedang brengsek-brengseknya

Ketika kita ditinggalkan setelah kita mengasihi seseorang dengan tulus, hidup mengajarkan kita agar nantinya kelak bila kita di posisi orang yang dicintai dengan tulus kita jangan sampai meninggalkan orang itu, karena kita tahu kan bagaimana menyakitkannya itu?

Ketika kerja kerasmu diremehkan, hidup mengajarkan kita agar kelak nantinya kita jangan pernah meremehkan sekecil apa pun perjuangan seseorang, karena kita tahu kan betapa tidak mengenakkannya hal itu?

Ketika orang yang paling kamu percayai mengkhianatimu secara diam-diam, hidup mengajarkan jika kelak nanti ada orang yang sangat percaya kepadamu, jagalah kepercayaannya, jangan pernah mengkhianati apalagi dalam diam, karena kita tahu kan betapa tidak menyenangkannya ditusuk dari belakang?

Masih banyak hal-hal yang hidup ajarkan lewat hal menyakitkan, namun semua kembali ke diri masing-masing bagaimana menyikapinya, berbuat baik terhadap orang lain karena tahu bahwa dijahati itu menyakitkan atau justru malah menjadikannya alasan untuk menyakiti orang lain karena kita pernah tersakiti? Semua adalah pilihan. Hidup adalah pilihan. Semoga saya, kamu dan kita semua selalu bisa belajar dari apa yang diajarkan oleh pahitnya kehidupan…