Pantai Wohkudu yaitu pantai kecil yang terletak di Kampumg Nglaos, Pedukuhan Wiroso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. Merupakan salah satu pantai yang belum dikembangkan sebagai kawasan wisata di Gunungkidul. Pantai Wohkudu cukup tersembunyi dan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Informasi mengenai petunjuk arah pun belum tersedia sehingga pengunjung Pantai Wohkudu harus bertanya kepada penduduk sekitar.

Perjalanan menuju Pantai Wohkudu melewati jalan setapak tidak semudah yang dibayangkan. Setelah memarkir sepeda motor disebuah gubug tanpa penjagaan, pengunjung Pantai Wohkudu harus menyusuri jalan setapak melewati ladang pertanian warga. Beberapa bagian jalan setapak yang dilalui penuh dengan tanaman liar yang lebat sehingga harus teliti dalam memilih jalan. Setelah melewati area semak belukar dan rerimbunan pohon jati, pengunjung Pantai Wohkudu tiba disebuah jalan setapak yang berada diatas tebing. Dari tempat ini terlihat panorama khas vegetasi alami khas tepi laut seperti pandan laut dan rumput ilalang.

Di bagian bawah tebing terdapat tanah lapang yang dipenuhi tumbuhan semak belukar dan rumput ilalang. Di samping tanah lapang terdapat tebig karang atau batu kapur yang lebih tinggi dari tebing karang tempat jalan setapak yang dilewati Pantai Wohkudu. Bunyi deburan ombak semakin terdengar keras dan angin membawa uap air laut. Perlahan-lahan jalan setapak berganti dengan pasir pantai yang berwarna putih. Akhirnya pengunjung tiba di Pantai Wohkudu.

Sebagaian kawasan pasir Pantai Wohkudu ditumbuhi oleh rumput liar yang berduri tajam. Tidak terlihat sampah makanan atau minuman yang dibuang sembarangan di kawasan pantai tersebut. Pantai Wohkudu memang memberikan daya tarik pantai yang jarang terjamah manusia atau sering disebut Pantai Perawan. Pantai Wohkudu diapit oleh tebing karang yang cukup tinggi dan tidak ada jalan naik untuk ke atas tebing. Terlihat masing-masing puncak tebing dipenuhi tanaman khas tepi pantai yang cukup lebat dan tidak memberikan celah.

Pengunjung akan dimanjakan dengan panorama pantai yang sangat indah dan alami. Bila kondisi pantai sedang surut, terlihat dasar laut yang berupa karang memanjang kurang lebih 50 meter ke arah laut dalam. Di celah-celah karang tersebut kadang terlihat ikan-ikan kecil, bubu babi, bintang laut dan ubur-ubur yang tersangkut. Pantai Wohkudu terasa gelap sebagian karena cahaya matahari terhalang oleh tebing di sebelah barat. Waktu paling tepat untuk menikmati keindahan alam Pantai Wohkudu pada saat menjelang siang hari dan kondisi pantai sedang surut.