Mantan adalah bagian masa lalu yang dikirimkan Tuhan untuk memberikan pelajaran hidup yang amat berharga bagi kita. Ngomongin soal mantan so pasti ngebuat kita mendadak baper. Selain baper mantan adalah sesuatu yang sensitif untuk dibicarakan, apalagi kalo kita sudah memulai hubungan baru dengan orang lain.

Meskipun begitu ada beberapa orang yang masih gagal move on lho. Walaupun pada kenyataannya, saat ini sudah mencoba membina hubungan yang baru. Nah, untuk itu kenali tanda-tandanya yuk jangan-jangan pasangan kamu sampai saat ini belum bisa move on dari mantannya meskipun dia sudah berkomitmen denganmu.

Kalau kata Armada sih aku memiliki ragamu tapi tidak hatimu. Atau malahan bisa jadi kita sendirilah yang belum bisa move on dari mantan. So, cekidot!

Stalker

Salah satu ciri orang yang belum bisa move on dari seseorang salah satunya mantan adalah dengan menjadi stalker. Tiap hari diem-diam kita jadi lebih kepo dengan apa yang dia lakukan. Tiap hari kita terus mantengin media sosialnya entah itu facebook, IG, twitter, path dan yang berhubungan dengan mantan. Bahkan kita sampe bikin akun palsu untuk berteman di media sosial si mantan. Tujuannya satu, supaya kita tahu dengan siapa sekarang dia berhubungan. Duh segitunya. Hayoo… ngaku siapa yang jadi stalker?

Advertisement

Jaga Perasaan Mantan

Ini yang paling sering terjadi, banyak orang yang enggan mempublikasikan hubungannya yang baru karena menganggap hal ini akan menyakiti perasaan mantannya. Duh so sweet banget sih. Padahal faktanya setiap orang yang menjalin hubungan butuh pengakuan, butuh di anggap “ada” oleh pasangannya. Jangankan buat upload foto di media sosial, buat jujur ke mantan tentang hubungannya yang baru saja susahnya minta ampun.

Masih Berhubungan dengan Mantan

Tidak ada yang salah memang jika kita masih menjalin silaturahmi dengan mantan, jika memang tujuannya untuk keperluan pekerjaan atau sekedar menjaga hubungan baik. Tapi menjadi nggak wajar jika hubungan ini bersifat ke arah yang lebih privasi. Biasanya mereka menutupinya dengan dalih sebatas kakak adik, sebatas sahabat nggak lebih. Nggak heran kalo mereka masih suka memberi perhatian-perhatian ke sesemantan. Kayak nengokin kalo pas sakit, masih rajin telponan, chat secara intens mengabarkan hal-hal kecil. Bahkan perhatiannya melebihi perhatian kita. Hayoloh hati-hati yah, CLBK terjadi bukan karena ada niat, tapi karena adanya kesempatan.

Setengah Hati

Kalo kamu masih bersikap cuek sama pasangan ataupun sebaliknya pasangan kamu masih cuek padahal kalian sudah sepakat untuk berkomitmen, bisa jadi kamu atau pasangan kamu masih setengah hati dalam menjalankan hubungan. Mungkin dia masih berangapan separuh hatinya masih dibawa sesemantan. Inilah yang kemudian sering memicu adanya pertengkaran, selisih, cekcok dalam hubungan. Kalo udah begini biasanya mereka akan saling menyalahkan, gampang cemburu dan selalu menghubungkan apapun dengan sesemantan. Untuk mengatasinya gimana?

Lebih baik slesein dulu deh masa lalu, jangan sampai karena kita belum beneran move on sudah mencoba hubungan yang baru dengan orang yang berbeda. Ini mah yang ada CLBK mulu yang dibahas alias cinta lama belum kelas, hehehhe.

Nah itu beberapa tanda-tanda yang menunjukkan kalo kita ataupun pasangan belum bisa move on dari mantan. Hubungan yang sehat adalah hubungan antara dua orang yang benar-benar siap menjalankan kehidupan masa depan.