Ketika mendengar kata "memperingati." Apa yang terpikirkan? Perjuangan para pahlawan? Masa kecil? Ingat mantan (kalau punya)? sebenarnya kenapa kita harus mengingat?

Mari kita belajar dari sejarah sebuah bangsa. Nah, dulu itu pernah ada suatu bangsa yang di pimpin Tuhan. bangsa itu sangat diberkati, semua kebutuhannya di sediakan bahkan mereka di pimpin keluar dari perbudakan. hingga suatu waktu ketika mereka sampai di sebuah sungai perjalanan mereka terhambat, maka Tuhan membelah sungai itu sehingga mereka bisa lewat.

Tapi setelah itu mereka diberi sebuah perintah. Perintahnya mereka masing-masing perwakilan memikul dibahunya batu pijakan di sungai itu dan menjadikannya sebuah peringatan (iseng banget Tuhan yah nyuruh-nyutuh angkat batu).

Lalu apa sih artinya? suatu saat ketika anak-anak mereka bertanya batu apakah itu? Batu itu menceritakan siapa kita dan Tuhan. Bahwa Tuhan telah mengeringkan sungai itu untuk anak-anaknya, sehingga dapat diseberangi seperti banyak hal besar lain yang Tuhan lakukan bagi kita, supaya semua bangsa di bumi tahu kuatnya Tuhan.

Batu yang di angkat pasti cukup besar. Karena batu pijakan itu adalah batu tempat di mana mereka dapat berdiri dengan kokoh. Mungkin ketika kelelahan mengangkat batu itu mereka akan mengingat begitu banyak penyertaan Tuhan pada bangsanya sehingga kembali semangat mengangkatnya hingga akhir tujuannya.

Advertisement

Dengan mengingat masa lalu kita bisa mengingat begitu banyak hal baik yang Tuhan lakukan dalam hidup kita. Kenapa satu hal buruk harus membuat kita melupakan kebaikan-kebaikan Tuhan? Masa lalu juga dapat menjelaskan siapa kita. berbagai hal yang kita lalui bersama banyak orang dari masa lalu telah membentuk kepribadian kita sekarang. Belajarlah dari masa lalu, dengan mengetahui masa lalu kita dapat mengetahui asal-usul atau tujuan hidup kita.

baca juga renungan-renungan dan cerita fiksi gue lainnya di dadeboy.wordpress.com

Follow juga akun gw dade_gallery dan ranosakuain

God bless you