Sendiri bukan hal perlu ditakuti karena terkadang kita perlu melakukan segala sesuatu sendiri di saat keadaan memaksa kita untuk melakukan itu

Sendiri bukan sebuah kesalahan, terkadang seseorang memilih sendirian karena mereka butuh waktu untuk sendiri. Tak selamanya sendiri berarti tak butuh orang lain tetapi hanya ingin menikmati waktu sendiri saja. Menikmati waktu untuk berpikir dan mengintrospeksi diri. Tak selamanya sendiri itu menyedihkan, cobalah menikmatin sendirian di tengah keramaian, hal itu bisa jadi hal menyenangkan jika kita menikmatinya. Tak ada salahnya belajar untuk berteman dengan kesepian dan sendirian itu. Tak selamanya kita akan menikmati keramaian karena semakin bertambahnya umur, kesepian dan sendiri itu akan datang juga.

Bukannya aku tak suka dengan keramaian dan berinteraksi dengan orang lain. Tetapi aku hanya belajar untuk berteman dengan diri sendiri saja. Banyak hal nantinya akan aku jalani seorang diri di kehidupan ini kedepannya.
Sendiri saat nantinya engkau sudah berkeluarga dan anak-anakmu telah dewasa tetapi istri/suaminya sudah tak ada. Maka mau tak mau kau harus menikmati hidup sendiri, tak mungkin kau selalu bergantung pada anakmu karena mereka juga sudah mempunyai kehidupan sendiri walaupun tetap mereka akan membantumu tapi sebisa mungkin kau harus mencobanya melakukan sesuatu seorang diri.
Sendiri nantinya saat kau sudah berumur, nantinya semua orang sibuk dengan kegiatannya masing-masing dan engkau hanya bisa berdiam diri. Untuk berjalan pun engkau susah dan perlu dibantu orang lain. Memang saat mereka punya waktu luang pasti mereka akan sempatkan waktu untuk bersamamu tapi tak selamanya begitu.