Beberapa hari yang lalu, salah satu teman saya bertanya via WhatsApp, "Bro, mana sih yang betul? "I am BORING" atau "I am BORED"? Penjelasannya gimana?"

Jawaban saya: KEDUA-DUANYA BISA BENAR! "Ah, serius?" "Iya, serius banget!"

Tapi, keduanya memiliki arti yang berbeda. Simak yuk penjelasannya!

Banyak yang salah kaprah ketika bilang "Saya bosan" dalam bahasa Inggris. Banyak yang bilang "I AM BORING". Kalau yang dimaksud "Saya bosan", maka yang ini, SALAH! "I am BORING" itu artinya "Saya Membosankan"

Hayoh lohh..hehehe Nggak banget kan artinya? Kalau mau bilang "Saya BOSAN", yang benar ya "I am BORED." Saya jelaskan lebih lanjut ya.

Advertisement

Sederhananya… "V+ed" itu menjelaskan "Apa yang kita rasakan". Di sisi lain, "V+ing" itu adalah "PENYEBAB perasaan itu."

Bagi yang bingung, V itu singkatan dari VERB ya. Atau yang dalam bahasa Indonesianya adalah "Kata Kerja". VERB jika ditambah dengan -ed atau -ing, maka fungsinya berubah menjadi ADJECTIVE atau kata sifat. BORE (Verb) artinya membuat bosan. BORED (bore + ed) artinya BOSAN dan BORING (bore + ing) artinya MEMBOSANKAN.

Nah, kembali ke pembahasan inti. BOSAN adalah apa yang kita rasakan. So, I am BORED. Sedangkan, MEMBOSANKAN adalah penyebab perasaan bosan yang kita rasa. Bisa dari hal-hal yang ada di sekitar kita. Misal, "The debate is so long. It is BORING." yang artinya: "Debatnya lama banget nih. Membosankan."

Dalam bahasa Inggris, BORED vs BORING ini nama kerennya adalah PARTICIPIAL ADJECTIVE. Saya kasih contoh lainnya ya biar semakin paham: CONFUSED vs CONFUSING.

Ingat, kalau bicara apa yang kita rasakan, kita pakai "V+ed".

Karena kita merasa 'BINGUNG' maka kita menggunakan kata CONFUSED. Di sisi lain, kalau misalnya kita ingin menekankan bahwa penjelasan seseorang MEMBUAT kita bingung. Penjelasannya menyebabkan kita bingung, maka kita pakai CONFUSING. "Her explanation is so CONFUSING." ("Penjelasannya membingungkan).

Sejauh ini saya sudah memberikan dua contoh ya. 1. BORED vs BORING (Bosan vs Membosankan) 2. CONFUSED vs CONFUSING (Bingung vs Membingungkan) Semoga penjelasan saya nggak confusing ya!

Saya beri satu contoh lagi biar makin kece pemahamannya: TIRED vs TIRING

Apa yang menyebabkan perasaan lelah? Misalkan, sebuah perjalanan. So… "The trip to Bogor is so TIRING. I feel TIRED." Gimana? Jelas ya? Trip-nya yang MENYEBABKAN rasa lelah yang saat ini kita rasakan, jadi ya TIRING (Melelahkan).Kalau kita sih TIRED (Lelah).

Gimana? Mudah 'kan pembahasan tentang PARTICIPIAL ADJECTIVE? Let's have SIMPLE & EASY ENGLISH! Jika kamu mau berlatih soal-soal mengenai PARTICIPIAL ADJECTIVE ini, silahkan cek daftar latihan soalnya disini: facebook.com/simpleandeasyenglish