Wisata Pulau Pahawang Lampung yang sekarang ini menjadi salah satu objek wisata baru bagi para pecinta pantai dan bawah laut. Merupakan pulau yang berada di Propinsi Lampung “Sai bumi Ruwa jura”, kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran Lampung. Pulau Pahawang menjadi terkenal seperti sekarang karena keindahan bawah laut yang menarik dan mempesona. Selain itu lingkungan Pulau Pahawang yang masih asri dapat dilihat dari tebalnya hutan mangrove dibeberapa sisi pulau yang membuat magnet para peneliti hutan bakau.

Pulau Pahawang memiliki luas wilayah 1.084 hektar dan tercatat memiliki hutan mangrove seluas 1.402 hektar. Dengan menyisiri garis pantai Pulau Pahawang, kita dapat melihat sisi lain dari keindahan pulau tersebut, di mana beberapa bagian Pulau Pahawang terdapat hutan bakau yang lebat, hamparan pasir putih yang indah, dan sisi lain terdapat deretan pohon kelapa yang berjajar rapi. Jumlah penduduk yang ada di Pulau Pahawang sekitar 1.533 jiwa yang tersebar di 6 desa yakni Suakbuah, Paggetahan, Jeralangan, Kelompok, Pahawang, dan Cukuhnyai

Wilayah Pulau Pahawang terbagi menjadi 2 bagian seperti Pulau Tidung, yaitu Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil. Kalau di Pulau Tidung kedua pulau tersebut disatukan oleh jembatan cinta, yang menarik dari Pulau Pahawang adalah ketika air laut surut kita dapat melihat kedua pulau itu terhubung oleh pasir pantai yang putih bersih.. Bagus lah untuk yang suka berselfie ria. Di kawasan Pulau Pahawang juga terdapat beberapa pulau yang tidak kalah cantik yaitu Pulau Klagian Kecil dan Klagian Besar, Klagian besar adalah pulau milik TNI yang biasa dipakai untuk latihan prajurit.

Kawasan Pulau Pahawang yang berada di Teluk Lampung ini sangat cocok pagi para pecinta free diving, snorkeling dan mancing karena gelombang air laut yang berada di Pulau Pahawang sangat tenang, bisa dibilang seperti kita main di danau. Untuk berwisata ke Pulau Pahawang Lampung dapat melalui pelabuhan kecil yang bernama Pelabuhan Ketapang, tapi ingat ini bukan Pelabuhan Ketapang yang ada di Banyuwangi loh. Untuk para pehobi snorkling tidak usah terlalu khawatir tentang ketersedian alat untuk snorkeling karena di Pelabuhan Ketapang kita dapat menyewa alat snorkeling.

Dari Pelabuhan Ketapang menuju ke Pulau Pahawang memakan waktu sekitar 45 sampai dengan 60 menit perjalanan laut. Pasti para traveler bertanya nih, ”Kalau dari Jakarta?” Kalau dari Jakarta kita bisa naik bus yang ada di Kalideres atau Kampung Rambutan jurusan Jakarta-Merak. Sehabis dari Merak kita langsung menyebrang menuju pelabuhan Bakahuni dan selanjutnya kita bisa langsung menuju Terminal Rajabasa. Setelah itu meneruskan perjalan dengan menaiki angkutan menuju Pasar Hanura, selanjutnya dari Pasar Hanura menumpang angkutan ke Padang Cermin. Angkutan disini berbeda loh dengan angkuatan yang ada di kota besar. Angkutan disini menggunakan mobil pick up.

Advertisement

Kalau teman-teman traveler gak mau repot sih bisa menggunakan jasa travel yang ada, bisa mengikuti event seperti open trip yang ada tiap minggunya. Dengan mengikuti acara open trip, teman-teman bisa menambah teman baru yang kebetulan tergabung dalam acara tersebut.