Setiap orang memiliki sifat minder atau nggak percaya diri. Ketidakpercayaan diri yang tersimpan dalam diri seseorang disebabkan banyak faktor. Salah satunya adalah kekurangan yang ada dalam dirinya. Seperti, kemiskinan, fisik yang tidak sempurna dan lain-lain. Kadang seseorang harus berpura-pura kaya untuk bisa bergaul dengan teman-temannya yang bersal dari kalangan orang kaya.

Padahal untuk bergaul kepada siapapun kita tak perlu berpura-pura yang justru kadang bikin kita kesusahan. Berpura-pura kaya dengan meminjam mobil teman adalah hal lumrah terjadi. Atau meminjam barang lainnya demi mendongkrak reputasinya biar orang mengira kalau ia adalah orang kaya. Ketahuilah, bahwa orang yang masih berkamuflase di balik kekurangannya, berarti ia belum siap menghadapi hidup yang riil ini.

Tentu saja, ia tidak sepenuhnya bersyukur atas apa yang Tuhan berikan kepadanya.Padahal apa yang Tuhan berikan kepada makhluknya adalah yang terbaik.Percayalah apa yang telah diciptakan di dunia ini tak ada yang sia-sia, meskipun ia memiliki kekurangan. Kita tahu, bahwa Tuhan Maha Adil. Atas dasar itu, Dia selalu menyematkan di dalam diri hamba-Nya dua hal : kelebihan dan kekurangan.

Mungkin, kita punya kekurangan, tapi kita perlu tahu kalau di sisi lain kita juga punya kelebihan. Pun dengan orang lain, mungkin ia punya kelebihan, di sisi lain ia juga punya kekurangan. Semua kita sama. Jadi, tak ada yang perlu kita ratapi dan sesali atas ketetapan yang kita miliki. Kita tak perlu malu atas apa yang kita miliki. Mungkin, saat ini kita terlahir dari keluarga yang kurang mampu, dan kita terlunta-lunta saat jalani hidup.

Tapi, percayalah beberapa tahun yang akan datang kita mampu memutus rantai kemiskinan, asalkan kita mau berusaha keras, bekerja dan belejar tanpa henti. Karena, kekurangan bukan untuk diratapi, tapi untuk kita perbaiki dengan banyak cara. Hiduplah mengalir seperti air, tanpa pamrih meski banyak rintangan yang menghadang. Bergaulah tanpa kita harus berpura-pura, kerena kebanyakan orang suka kejujuran.

Advertisement

Saat kita tampil apa adanya, berarti kita adalah orang yang jujur. Dan orang pun akan suka sama kita. Sederhana sekali bukan? Hidup jangan dibikin ribet saat kita banyak kekurangan. Yang penting, kita jalanai saja yang ada, tanpa harus berbohong kepada siapapun. Jangan dikira, kalau kebanyakan orang suka yang elegan dan yang mewah-mewah. Itu salah besar. Hiduplah dengan apa yang kita miliki, jangan hidup dengan apa yang orang lain punya. Lantaran, menjadi diri sendiri lebih menyenangkan.