Melihat banyaknya orang-orang awam yang tak mengerti cara menulis dan tata bahasa atau sebagainya sekarang menjadi penulis, jujur itu sangat membuat happy. Dengan semakin banyaknya penulis, maka budaya membaca dinegeri kita tidak pudar justru semakin meningkat. Dan, kini banyak yang menyadari bahwa membaca merupakan jenedela dunia yang mengantarkan kita kepada berbagai ilmu pengetahuan akan sejarah, budaya, politik dan peristiwa.

Namun, seringkali menulis sering disalah artikan dengan menjadikan tulisan sebagai ajang curhat, agak miris. Dan yang lebih mirisnya tulisan tersebut laku dan banyak dibaca oleh orang yang memiliki perasaan baper atau merasakan bahwa memiliki hal yang sama seperti dalam tulisan. Padahal, tulisan yang seperti itu hanya kan menimbulkan kontoversi dan tak sehat. Sebab, tak hanya orang yang memiliki perasaan yang sama yang membaca tulisan tersebut, akan tetapi juga orang yang ingin menambah wawasan yang akhirnya hanya melihat bahwa pada kenyataannya banyak orang yang tidak move on dan kelewat sensitif.

Tidak hanya itu saja, semakin banyaknya orang yang merespon tulisan curhat dengan kata-kata positif malah dijadikan penulis sebagai ajang unjuk diriuntukberbagi kehidupan pribadi yang berujung banyaknya orang yang lemah dan kelewat baper alias bawa perasaan.

Tidak ada salahnya menulis yang bertemakan cinta, patah hati dan kesedihan asalkan tidak melulu itu saja topik yang diangkat. Sebab, masih banyak topik yang bisa diangkat penulis untuk menunjukkan sebuah prestasi, keanekaragaman dan peristiwa yang ada disekitar untuk dijadikan acuan untuk memperkenalkan budaya dan juga menambah wawasan orang yang membaca tulisan tersebut, seperti keaneka ragaman budaya diIndonesia, bahasa, dan juga tempat-tempat indah yang bisa dikunjungi yang tak terlihat atau tak terdengar namanya oleh orang dari negeri sendiri untuk bisa berkunjung kesana.

Oleh karena itu, di bulan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2016 ini, alangkah baiknya untuk para penulis memerdekakan budaya membaca dengan membuat tulisan-tulisan yang bermanfaat, sehingga masyrakat Indonesia tidak menjadi bangsa yang terbelakang dan kurang akan pengetahuan. Karena tulisan yang kita buat akan mempengaruhi generasi Indonesia untuk kearah yang lebih baik.

Advertisement

Merdekaku adalah Merdekamu juga..