Teman atau berteman itu tidak mudah. Alias gampang-gampang susah. Apalagi memelihara pertemanan, sungguh tidak gampang.

Teman itu ibarat makanan. Kadang dibutuhkan saat lapar saja. Setelah kenyang, bisa jadi ia ditinggalkan. Teman memang seperti makanan, ia tidak bisa ditinggalkan baik di kala pagi, siang atau malam. Sesuai waktunya ia harus tetap ada dan “dimakan”.

Jadi, gimana kita memaknai teman?

Teman akan selalu ada, dimanapun kiita berada. Teman gak bakal bisa kita hindari. Teman memang harus dipilih. Tapi lebh dari itu, teman tetap teman. Teman dapat menjadi sumber inspirasi hidup kita. Teman bisa kok jadi pembangkit aura positif dalam keseharian kita. Teman itu,, sungguh bsa menjadi VITAMIN F, Vitamin FRIEND yang selalu menghangatkan, menyenangkan dan asyik-asyik aja.

Punya teman, punya banyak teman sungguh baik untuk kesehatan. Apalagi di hari-hari yang sibuk seperti sekarang. Kita bisa pilih jadi teman yang sehat atau mencari teman yang menyehatkan. Walau tergantung pada cara pandang kita, teman itu baik dan sehat.

Teman, harus memberi berkah dan manfaat yang tidak biasa. Bahkan teman sering hadir mendukung kita melewati hari-hari yang baik dan juga hari-hari yang buruk. Teman kadang negeselin, kadang menghibur. Teman kadang gak mau kita temui, kadang yang lain kita kangenin. Itulah teman.

Advertisement

Teman memang memiliki karakter masing-masing. Berbeda satu sama lainnya. Teman tentu punya kelebihan, punya kekurangan. Tapi teman pula yang selalu ikhlas dan bersedia menjadi obat 'anti stress' yang dapat kita minum setiap hari. Teman bisa jadi obat hidup kita.

Hasil riset menyebutkan, "Orang-orang yang pergaulannya luas, berteman dengan banyak orang jarang terkena DEPRESI atau terkena STROKE." Hangatnya persahabatan terbukti mampu menghentikan stress, walaupun dalam situasi TEGANG sekalipun.

Persahabatan mampu pula mengurangi 50% risiko dari serangan penyakit jantung. Itu berarti, teman bisa jadi obat depresi, stroke, atau jantung.

Teman tidak untuk dihitung, tidak pula untuk dihindari. Berteman saja apa adanya bukan ada apanya. Karena berteman, berarti kita sedang mengkonsumsi "Vitamin F" yang menyegarkan, menyehatkan. TEMAN dan BERTEMAN kita akan tampak 30 tahun lebih muda. Maka peliharalah TEMAN kita.

Teman bukan untuk dipikirkan. Tapi teman untuk dijalani dan dipelihara sebaik-baiknya. Agara teman mampu menjadi inspirasi hidup, mampu “berdiri di samping kita” untuk menyebar kebaikan, menebar ketulusan. Seperti kata bijak, “Pertemanan adalah sebuah pohon yang meneduhkan – Friendship is a sheltering tree.”

Hari ini dan esok, hargailah teman-teman kita. Berkomunikasilah dengan mereka. Tebarkanlah senyum dan canda pada mereka. Silakan kita pilih teman kita. Tapi jangan biarkan teman-teman kita terdiam dalam pilu.

Karena teman tetap bisa tertawa dan membawa kita riang gembira …. Itu saja sudah cukup dalam pertemanan kita.

Selamat berteman dan tersenyumlah bersama mereka. TERIMA KASIH teman-teman, salam ciamikk buat teman-teman. Tetap sehat dan panjang umur buat teman-teman …. #BelajarDariOrangGoblok