Pernah tau gak tentang masjid Hagia Sophia di Istambul Turki? Masjid yang banyak mengispirasi kaum muslimin dari seluruh penjuru dunia ini merupakan masjid yang memiliki interior yang wah. Masjid awalnya merupakan gereja terbesar di konstatinopel ini di ubah oleh Mehmed II untuk dijadikan sebuah masjid nan megah.

Masjid ini pula lah yang menginspirasi masyarakat muslim di Karangploso, Kabupaten Malang sebagai referensi dalam pembangunan masjid di wilayah tersebut.

Masjid yang berada di Jl. Karangan, Bonowarih, Karangploso, Malang, Jawa Timur ini berada persis di pinggir jalan besar yang merupakan jalur wisata untuk wisatawan dari arah surabaya menuju kota batu lewat karangploso.

Suasana ala timur tengah sudah terlihat jelas dari luar Masjid Al-Hidayah ini. Baik dari ukiran, batu hingga kubah masjid dibuat semirip mungkin dengan masjid Hagia sophia yang berada di turki.

Tak cukup sampai disitu, begitu masuk kedalam masjid anda akan dibuat terpukau dengan ukiran-ukiran hingga ornamen yang sangat memukau didalam masjid berlantai 2 ini. Yang menarik perhatian di dalam masjid al-hidayah ini adalah lukisan yang ada di kubah masjid. Bertuliskan kaligrafi alqur’an dan pujian-pujian yang menambah kesan mewah namun tetap islami di masjid tersebut.

Advertisement

Masjid ini masih terus dalam tahap pembangunan untuk memperindah dan mempercantik masjid ini. Untuk anda yang sedang berlibur ke Malang atau yang sedang ada di Malang dan kebetulan melewati melewati jalur Karangploso-Batu, tidak ada salahnya untuk mampir sejenak untuk beribadah di masjid ini.