Masih masalah yang sama, masih masalah yang sama, masalah “hati.” Kenapa sih hati susah berpindah, susah menyelamatkan hati, susah melepaskan hati, ternyata setelah dirasakan kenapa sih hati kita sering merasakan sakit yang teramat dalam sakit yang susah dilupakan sakit yang selalu membekas dan susah untuk berpindah. Judulnya Walaupun Perasaanku Sudah Jengah, Sakitnya Masih Susah Berpindah”. Sakit artinya merasakan hal buruk dalam tubuh, susah artinya merasakan hal yang benar benar sulit dan berpindah adalah jalan keluar dari sakit dan susah, apakah kalian pernah merasakan?

Setiap manusia pasti merasakan hal susah dan sakit untuk dijalani, jalan keluar dari kedua hal tersebut adalah berpindah, berpindah dari hati yang sakit, berpindah dari hati yang susah, aku sudah pernah merasakan semua hal yang susah, sakit, dan akhirnya berpindah. Kita sama-sama tahu bahwa hati adalah sesuatu yang sensitif yang jika disentuh akan ada rasa berbeda dalam diri, akan ada sesuatu perpindahan dari ruang kosong ke ruang terisi oleh sentuhan hangat (jika memang yang datang itu adalah sentuhan hangat).

Aku dan hati ini seakan tidak pernah berpadu tidak pernah satu keputusan. Aku membuat keputusan selalu dengan keinginanku, keinginan hatiku, tapi pernahkah kalian merasa hati melawan perlakuanmu, hatimu melawan cara berpikirmu, dan tahukah kamu apa penyebab penolakan itu? Penolakan itu disebabkan oleh cinta, hanya cinta yang menyebabkan aku dan hatiku tidak menyatu, hanya cinta yang membuatku berpikir bahwa masalah sakit, susah, dan berpindah adalah hal yang mudah, dan kalian tahu? Bahwa cinta itu hakikatnya satu dan hanya untuk satu.

Apakah aku salah tidak membagi cintaku dan apakah aku egois untuk tidak membagi cintaku terhadap semua makhluNya, ternyata permasalahanku dan hatiku tidak menyatu karena cintaku yang kuperjuangkan sedari aku belajar apa itu arti cinta sesungguhnya, aku tahu aku bukan makhluk yang sempurna bahkan jauh dari kata sempurna. Aku belajar mencintai dan aku tidak mau terlepas dari cinta itu, aku susah untuk melepaskan dan jika aku melepaskan aku akan sakit dan akan merasakan sakitnya susah berpindah.

Aku takan pernah berkata aku mencintai dengan sempurna tapi aku mencoba yang terbaik untuk mencintai yang satu yaitu diriNya yang membuat ku merasa lebih baik jika mengingatnya, membuatku merasa beruntung jika mengingatnya, membuatku sangat tenang jika mengingatnya, membuatku merasa dilindungi bila aku sedang berusaha dekat dengannya. Andaikan semua cinta yang ada seperti cintaNya terhadapku, mungkin tidak akan pernah ada rasa sakit, susah, dan akan mudah untuk berpindah.

Advertisement

Aku selalu memohon untuk kepadaNya untuk mencintaiku, tak pernah dia memaksaku untuk mencintaiNya. Iyalah cinta yang kuyakini, cinta yang aku percaya akan membawaku ke kebahagiaan yang hakiki, mungkin cinta ini masih tergoyah jika ada yang datang , tapi aku yakin dia tidak akan berpaling dariku, dia akan selalu mendampingiku, selalu mencintaiku dan melindungiku.

Lalu kenapa berpindah dapat menyembuhkan sakit dan rasa susah, berpindah adalah suatu proses dari A ke B dari buruk ke baik dan seterusnya, karena dengan berpindah kita dapat mengetahui mana yang sebaiknya kita lakukan dan sebaiknya tidak kita lakukan, sebaiknya kita putuskan dan yang harus kita pertahankan, dengan berpindah kita melakukan suatu transformasi, apa yang kalian lakukan ketika kalian ingin berpindah yaitu yakin bahwa yang kalian lakukan adalah yang terbaik buat kalian, karena yang kalian yakini adalah hal yang akan merubah keadaan kalian yang pastinya lebih baik, jika kalian tidak mengetahui hal itu baik atau tidaknya untuk kalian