Pernahkah terbersit sedikit di hati kamu, di pikiran kamu, bahwa seberapa pentingkah dirimu? Diperlukankah dirimu? Bergunakah dirimu di mata orang lain? Di dunia? Mungkin sebagian orang pasti pernah terbersit pertanyaan seperti itu. Jika kalian merasakannya, mungkin itu saatnya waktu yang tepat buat diri kalian introspeksi diri, mengenali diri sendiri lagi. Tak jarang loh bagi kebanyakan orang belum sepenuhnya mengenal diri sendiri.

Untuk itu introspeksi diri lah dari sekarang. Apakah sebenarnya dirimu dibutuhkan orang lain? Seberapa petingnya dirimu di mata orang lain. Ada beberapa cara, ini diantaranya. Let's find out!

1. Bertanya kepada Orang Tua

Orang tua adalah sosok panutan yang paling baik. Mereka mengurus kita dari kecil sampai sekarang. Jika kamu bertanya kepada mereka seberapa pentingkah kamu dimata mereka, pasti mereka akan tegas menjawab bahwa kamu adalah yang terpenting buat mereka. Karena apa? Karena kamu adalah anugrah terindah yang Tuhan berikan kepada mereka. Dan kamu bisa juga bertanya tentang hal-hal lainnya selain pertanyaan kamu sebelumnya, pasti mereka dengan sabar akan menjawab semua pertanyaan kamu satu-persatu.

2. Bertanya kepada Teman Dekat atau Sahabat

Advertisement

Sahabat atau temen dekat atau biasanya bisa dibilang soulmate pasti salah satu orang yang selalu memberikan jawaban paling jujur selain orang tua kita. Kenapa? Karena mereka pasti ada saat-saat kita membutuhkan mereka. Kalau tidak ada di saat kita ngebutuhin mereka berarti mereka belum bisa dikatakan sahabat ya, karena yang namanya sahabat pasti selalu ada di manapun dibutuhkan. Dari pertanyaan sepele sampai pertanyaan pentingpun mereka akan memberikan jawaban terbaik versi mereka dan selalu jujur apapun jawaban itu. So, jangan ragu buat tanya seberapa pentingnya kamu di mata mereka ya guys.

3. Bertanya kepada Pacar

Ini buat yang jomblo jangan baper ya, hahaha jadi kalau kalian punya pacar kalian bisa tanya tuh seberapa pentingnya kamu di mata doi, seberapa bergunanya kamu buat dia. Dan di sini pasti berbagai ekspresi doi beda-beda di masing-masing orang, ada yang mengernyitkan dahi, ada yang malah nanya balik, ada yang tertawa karna pertanyaan kalian, ada juga yang langsung spontan menjawab dan jangan kaget ya guys kalau jawaban doi buat kalian tersipu malu.

Tanyakan daripada kalian penasaran dan temukan jawaban sesudahnya, tapi terkadang jangan terlalu percaya juga ya guys, takutnya doi cuma gombal dan cuma buat kamu senang doang, huhuhu kan sedih kalau seperti itu. Mereka menjawab karena hanya ingin membuat kita senang dan tidak marah. But, tidak ada salahnya juga kok kalian bertanya soal seperti kepada pasangan kalian. Let's try!

4. Bertanya kepada Diri Sendiri

Ini tidak gila yaa guys bertanya soal seperti ini pada diri sendiri, memang buat pertanyaan seperti ini membutuhkan orang lain untuk mendapatkan jawaban pasti. Tapi tidak ada salahnya dong bertanya pada diri sendiri. Ini bisa dinamakan introspeksi diri. Cara seperti ini bagus loh buat sasaran pencapaian kalian, seberapa kamu dibutuhkan di mata orang orang. Walaupun pasti ada beberapa titik kamu tidak mendapatkan jawabannya dan pusing sendiri. Tapi tidak masalah berarti kamu sudah mengintrospeksi dirimu sendiri dan mengenali dirimu lebih dalam.

5. Bertanya kepada Tuhan

Ini adalah cara di mana kamu berkomunikasi dengan yang menciptakan kamu, dengan cara berdoa. Percaya tidak percaya pasti suatu saat kamu menemukan jawabannya. Tidak langsung terjawab tapi pasti akan terjawab. Percayalah Tuhan tahu bagaimana menjawab doa-doa hambanya. Jangan pernah bosan atau ragu dalam berdoa, keyakinan adalah kunci utamanya.

Nah barusan di antaranya cara-cara agar kamu tahu seberapa penting dan bergunanya kamu bagi kehidupan orang lain. Jangan ragu untuk mencoba yaa guys, semoga kalian bisa menemukan jawabannya hehe Introspeksi diri dan yakin bahwa kalian sangat berguna bagi kehidupan orang lain. Bukankah saling menolong dan membantu orang sangatlah indah? Dicoba dan tinggalkan komentar di bawah post ini yaa, pengen lihat gimana responnya terhadap artikel ini. Terima kasih 🙂