Masa lalu merupakan kesatuan linier antara masa depan dan masa sekarang. Setiap orang pasti pernah hidup dimasa lalu, kita yang sekarang adalah produk masa lalu. Berbicar tentang masa lalu selalu di identikan dengan mantan, entah itu mantan pacar maupun mantan gebetan.

Eitsss disini bukan mau membahas tentang tingkat kesehatan masa lalu kalian dari bidang percintaan. Disini saya akan sedikit membelokan masa lalu di bidang akademik. Beranjak dari aroma percintaan kita beralih ke aroma perkuliahan, belum mencium sesuatu yang tak sedap kan?

Syukurlah kalau belum, simak dulu tulisan ini sampai ke titik penghabisan bacaan. Buat kalian mahasiswa semester akhir jauh-jauh deh. Dari berdoa minta di lumpuhkan ingatan, pasalnya tepat di semester 8 kalian akan dihadapkan pada sidang yang bernama sidang komprehensif yang berarti menyeluruh. Yah namanya menyeluruh otomatis dari pertama kalian masuk kuliah sampai ke semester 7 pasti akan di pertanyakan.

Singkat cerita menjelang detik-detik sidang komprehensif kalian diharuskan flashback, inget-inget tuh zaman kalian masih jadi mahasiswa baru mata kuliahnya apa aja, dosennya siapa, materinya apa, dan secara tidak sengaja kalian pasti akan inget pas mata kuliah ini kalian lagi deketnya sama siapa entah masih jomblo maupun pas lagi galau-galaunya.

Sidang komprehensif mengharuskan kalian menghidupkan kembali memori-memori di masa lalu kurang lebih memori 3,5 tahun yang harus kalian segarkan kembali. Pastikan kalian mendapatkan info dari kakak kelas maupun dosen tentang materi apa yang biasanya dipertanyakan saat sidang komprehensif.

Advertisement

Mengingat masa lalu bukanlah sesuatu yang dilarang khususnya jika kalian akan mengikuti sidang komprehensif, buat mahasiswa terutama dede-dede gemes simpan baik-baik arsip kalian selama perkuliahan karna di akhir semua akan dipertanyakan, konsep flashback dadakan ini mungkin hanya berlaku untuk sebagian mahasiswa tingkat akhir saja. Pada kenyataannya mungkin banyak juga ahasiswa yang selalu mengulang pelajaran meskipun sudah lewat.

Flashback dadakan adalah sebuah keniscayaan ketika di hadapkan pada sidang komprehensif. Happy flashback mahasiswa tingkat akhir 🙂